Beberapa Cara Mengobati Penyakit Manik/Goham Pada Ayam Aduan

- 20.33

Beberapa Cara Mengobati Penyakit Manik/Goham Pada Ayam Aduan

 
Yng mampu sakit sariawan tak cuma kita-kita saja, namun ayam aduan pun Suka mengalaminya, yng Suka disebut yang dengannya goham/manik. Hal ini mampu ditandai yang dengannya ayam mendadak sulit berkokok, nafsu makan agak berkurang, keluar lendir dari mulutnya. Penyakit ini menyerang dalam mulut ayam berupa bintik-bintik putih kekuningan yng berada di tenggorokan ayam. Penyakit ini jangan dianggap enteng lantaran penyakit ini mampu berganti mejadi dugal/tumur pada ayam. Tidak sedikit faktor yng memicu manik/goham pada ayam antara lain merupakan:
Lihat pula:
Menjadi Dokter Ayam Aduan Part 1
Menjadi Dokter Ayam Aduan Part 2
Menjadi Dokter Ayam Aduan Part 3
1. Tarung/abar
2. Pacrok/tarung dikandang
3. Membuka paruh ayam tak benar pada tatkala loloh
4. Mengorok tenggorokan ayam tak benar
5. Tergores benda tajam pada tatkala makan
6. Kebersihan sangkar serta makan minum yng tidak lebih bersih
7. Makan makanan yng keras (batu, kaca,dll)
Hal yang telah di sebutkan mampu membuat nafsu makan menurun yng akan memicu ayam menjadi drop serta akhirnya menjadi kurus, malah andai parah mampu memicu dugal ataupun tumor membekak besar serta pastinya akan lebih lama lagi dalam pengobatan kesembuhannya. Adapun obat-obat goham/manik ataupun sariawan pada ayam menjadi berikut :
Pengobatan Kimia
1. GOHAM TIUP
Berguna : Menyembuhkan goham pada lubang nafas (bintik putih)
Cara Pakai : 2x sehari hingga sembuh ataupun selama 4-7 hari. Tampak semisal gambar di samping.
2. Albothyl
Pengobatanya teteskan Albothyl pada luka goham/manic, lakukan sehari sekali. Menjadi anti bakteri, anti jamur serta anti parasit tanpa memicu resistensi. Keunggulan: Mencegah infeksi, Menghentikan perdarahan, Tak merusak jaringan, Mempercepat pembentukan jaringan baru, menggantikan jaringan yng rusak serta Menghilang-kan rasa sakit.
4. Amoxicyllin
Minumkan pada ayam yang dengannya dosis 1 hari satu kali. Beberapa penyakit yng biasa diobati yang dengannya Amoxicillin antara lain infeksi pada pendengaran sedang, radang tonsil, radang tenggorokan, radang pada laring, bronchitis, pneumonia, infeksi saluran kemih, serta infeksi pada kulit.
5. METRONIDAZOL
Beri 1/2 tablet pagi serta sore.
6. Vitamin C
Belah jadi empat, kasihkan 1/4 tiap hari, bungkus potongan vitamin pakai daun pepaya ataupun singkong ataupun daun lain-lainnya biar nggak nempel di tenggorokan.
7. Forinfec (obat kumur bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita-kita).
Cara pemakaian, tiap pagi tetesi (max 3 tetes) ke rongga mulut ayam, usahakan mengenai bintik-bintik putih (goham/manic ). Lantas tunggu 5 menit serta berikan minum si ayam. Lakukan pengobatan 2x sehari (pagi & sore), umumnya dalam 2 hari, bintik-bintik putih akan rontok/hilang.
Pengobatan Alami
Pilih satu dari sekian banyaknya pengganti obat diatas, selain obat-obat diatas ada pengganti obat lain yakni yang dengannya mempergunakan bahan-bahan alami:
1. Rebusan kacang hijau, air serta kacang hijaunya dikasihkan
2. Rebusan daun sirih yng dicampur yang dengannya garam
3. Remasan daun kemangi
4. Ulat daun pisang
5. Perasan jeruk nipis
6. Blimbing wuluh/sayur
Lihat pula:
Jamu Ayam Aduan : Jalu Aji
Manfaat Belut serta Tembakau Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ayam
Manfaat Enceng Gondok serta Jangkri
Pilih satu dari sekian banyaknya obat alami diatas, bagi atau bisa juga dikatakan untuk rebusan kacang hijau serta sirih mampu di minumkan airnya serta lolohkan kacang hijaunya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk remasan daun kemangi tinggal dilolohkan saja bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi bau mulutnya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk perasan jeruk nipis serta blimbing wuluh tinggal diambil airnya lantas dikasihkan pada ayam. Mudah-mudahan memberikan manfaat. Salam penghobi ayam laga anti judi.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.hobiayam.web.id/2016/06/yang-bisa-sakit-sariawan-tidak-hanya.html.

Seputar Beberapa Cara Mengobati Penyakit Manik/Goham Pada Ayam Aduan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Beberapa Cara Mengobati Penyakit Manik/Goham Pada Ayam Aduan