10 Ciri Ayam Bangkok Betina yang Bagus untuk Induk Babon Cetak

- 10.56

10 Ciri Ayam Bangkok Betina yang Bagus untuk Induk Babon Cetak

 
Satu dari sekian banyaknya kunci berhasil menjadi breeder ayam bangkok merupakan pandai dalam memilih indukan yang akan dikawinkan. Indukan jantan serta indukan betina Perlu memenuhi syarat tertentu. Ini agar bisa anakan ayam bangkok yang nantinya diperoleh mempunyai sifat-sifat unggul.
Pada tulisan atau artikel di artikel ini, kita akan membahas ihwal ciri-ciri ayam bangkok betina yang baik untuk dijadikan babon cetak ataupun indukan. Ciri-ciri ayam bangkok betina yang akan di sajikan kali ini tidak sedikit dipakai breeder-breder terkenal dalam menyeleksi serta memilih babon-babon yang nantinya dipakai.

Ayam Bangkok Betina untuk Babon Cetak

Ciri ayam bangkok betina yang baik dipakai menjadi babon cetak mampu kita lihat langsung dari fisiknya serta dari riwayat asal usul keturunannya.
Ayam Bangkok Betina
  1. Ayam Bangkok Gombong
  2. Kaki Ayam Bangkok Jawara
  3. 3 Obat Ayam Bangkok Ngorok
Dari fisik misalnya, kita bisa memperhatikan bagaimana bentuk kepala, mata, bada, kaki, tulang sapit, taji, serta bulunya. Sedangkan dari riwayatnya kita mampu memperhatikan asal-usul trah keturunannya, apakah salah satunya keturunan ayam bangkok juara ataupun tak, apakah Suka di kenai penyakit ataupun tak, dan juga lain-lainya.

1. Bentuk kepala

Ayam bangkok betina yang akan dipakai menjadi babon sebaiknya mempunyai bentuk kepala yang bila dilihat dari depan menyerupai bentuk kepala ular. Ayam betina yang dengannya bentuk kepala semisal ini biasanya akan menghasilkan anakan yang mempunyai pergerakan luwes, lebih-lebih andai dikawinkan yang dengannya jantan yang berkepala menyerupai buah pinang.
Pergerakan kepala yang luwes memungkinkan ayam bangkok yang diperoleh dari proses breeding mempunyai kemampuan menghindari pukulan lawan yang baik. Ayam bangkok menjadi sukar dipukul oleh lawannya.

2. Mata

Mata ayam bangkok betina yang menjorok ke dalam umumnya menandakan bahwasanya ayam yang telah di sebutkan mempunyai sifat keibuan. Ayam betina calon indukan yang dengannya tanda ini kelak akan merawat anaknya yang dengannya baik sampai-sampai tumbuh besar. Tingkat kesuksesan dari proses pengeraman yang di lakukan oleh ayam betina bermata cekung biasanya pula lebih tinggi. Oleh lantaran itu, andai Kamu ingin tingkat kesuksesan breeding tinggi jangan mengabaikan tanda yang satu ini.
Selain itu, usahakan juga untuk memilih ayam bangkok betina yang dengannya mata yang bersih. Kebersihan kelopak mata menunjukkan bahwasanya ayam yang telah di sebutkan sehat serta bebas dari penyakit-penyakit serius.

3. Bentuk badan

Bentuk badan ayam bangkok betina yang baik untuk dijadikan indukan merupakan bentuk badan yang menyerupai bentuk botol. Hal ini mampu Kamu rasakan yang dengannya memegang bagian dada serta perut ayam dari bawah sambil mengangkatnya. Andai terasa nyaman dipegang, maka ayam betina yang telah di sebutkan tergolong baik, sedangkan andai sebaliknya, maka lebih baik ayam betina yang telah di sebutkan dijadikan ayam potong saja.

4. Kaki

Dalam ilmu katuranggan, bentuk serta wujud kaki Suka menjadi pertimbangan utama disaat akan memilih ayam aduan. Hal yang percis pula berlaku tatkala kita memilih ayam bangkok betina untuk indukan. Kaki yang dengannya sisik kering serta jari yang panjang umumnya dipilih menjadi prasyarat dalam menghasilkan anakan calon juara. Kaki semisal ini biasanya akan menghasilkan anak ayam bangkok yang dengannya pukulan mematikan.

5. Tulang Sapit

Usahakan juga untuk memperhatikan tulang sapit disaat memilih ayam bangkok betina untuk indukan. Tulang sapit ataupun tulang di bawah pangkal ekor yang lebar (berukuran 3-4 jari) merupakan tanda dari ayam bangkok betina yang akan menghasilkan anak ayam berkelas.
Ayam Bangkok Betina

6. Bulu

Bulu adalah indikator kebugaran atau kesehatan dalam dunia unggas. Bulu yang bersih serta mengkilat merupakan tanda luar yang menandakan ayam mempunyai ketahanan fisik yang baik. Oleh lantaran itu, tatkala memilih ayam bangkok betina menjadi indukan babon cetak, perhatikan bulunya. Andai kusam serta kotor, sebaiknya pilih yang lain saja.

7. Taji

Ini adalah pertimbangan yang sebetulnya tak penting-penting amat. Kamu mampu mempergunakan ayam bangkok betina yang tak mempunyai jalu menjadi indukan. Namun akan lebih baik lagi andai jalu orang-orang telah tumbuh.

8. Silsilah

Nah, poin yang terakhir ini dia yang pendapat dari saya paling penting. Perhatikan betul-betul silsilah dari ayam betina yang akan dijadikan indukan babon. Jangan sekali-kali mempergunakan babon yang tidak terang asal usulnya. Walau dikawinkan yang dengannya pejantan mempunyai kualitas, mungkin ia bisa menghasilkan ayam bangkok berkelas menjadi Amat tipis.
Ayam bangkok betina yang berasal dari silsilah ayam juara pula Perlu tetap diseleksi. Lantaran tak seluruh keturunannya mempunyai genetik yang baik menjadi ayam adu.
Demikianlah beberapa tanda ayam bangkok betina yang baik dipakai menjadi babon. Yang dengannya ciri-ciri di atas, mudah-mudahan Kamu menjadi terbantu dalam mempertimbangkan ayam betina mana yang akan dijadikan babon dalam bisnis breeding serta peternakan ayam bangkok Kamu. Salam pecinta ayam!

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ayambangkok.web.id/2016/04/8-ciri-ayam-bangkok-betina-yang-baik.html.

Seputar 10 Ciri Ayam Bangkok Betina yang Bagus untuk Induk Babon Cetak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 10 Ciri Ayam Bangkok Betina yang Bagus untuk Induk Babon Cetak