Menjadi Dokter Ayam Aduan: Part 3

- 18.13

Menjadi Dokter Ayam Aduan: Part 3

 
Ayam Kutilan/Cacar
Ayam kutilan. Penyakit semisal kutil di telapak kaki (butul dlm bhs. sunda) ayam agak pincang. Penyakit kutil yng di kepala, bikin ayam tampak tak sehat, sulit makan serta kadang-kadang pula dikelopak mata ayam, mata ayam terus berair serta kadang menutup mata. Beberapa tatacara mengatasi:
1. Coba kutilnya dikelupas hingga keluar darahnya lantas dikasih mitialyn blue/obat biru (tidak sedikit apotik) bagi atau bisa juga dikatakan untuk di daerah mata, obat jangan hingga masuk mata, mampu memicu iritasi, mata ayam merah serta berair. Seusai beberapa hari umumnya kutil akan kering.
2. Mencampur air minumnya yang dengannya antisep, ayam di kasih minum hingga sembu , umumnya akan timbul seluruh, lantas terkelupas yang dengannya sendirinya, tatacara ini Amat efektif.
3. Dikasih cecak, 1 hari 1 cecak, 2 hari lantas cacarnya akan rontok seluruh.
4. Olesi cacar yang dengannya obat: Methylen Blue/Neo Blue, Betadine, antisep, rodalon, dll (mampu pilih satu dari sekian banyaknya). Sekitar 3-4 hari cacar/kutil itu akan jatuh sendiri.
5. Memakai obat alami pun bisa di lakukan semisal mempergunakan batang daun iodium.
6. MENGGUNAKAN DAUN TAPAK LIMAN. Tumbuk halus daun tapak liman sesudah itu oleskan pada luka kutil ayam, selama pengobatan pisahkan yang dengannya yang lain, serta usahakan tutupi ayam sakit yang telah di sebutkan yang dengannya selambu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari gigitan nyamuk yang nantinya mampu menularkan kepada ayam yng lain-lainnya. Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel 11 Cara Mengatasi Penyakit Cacar/Kutil
Tetelo
Tetelo. Gejala pertama, berak encer putih 1/2 bagian (semisal cat putih tercecer di lantai), sebagian lagi lembek namun tak encer berwarna agak kehijauan. Gejala sakit semisal lemas, lesu serta murung belum tampak. Andai cepat dijauhkan serta ditangani maka ayam aduan mampu sembuh. Beberapa tatacara mengatasi:
1. Didasari pengalaman, antiseptik/desinfektan alami yakni daun sirih (bukan batang sereh bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasak), diluar dugaan mampu menyembuhkan ayam bangkok dewasa yng baru di kenai tetelo, namun belum pernah dipraktekkan kepada ayam bangkok yng telah di kenai tetelo yng parah.
2. Obat tetelo yng paling ampuh yng pernah dicoba merupakan campuran beberapa tanaman obat dari rimpang kunyit putih, daun sirih merah (Amat pahit), sambiloto (Amat pahit), temu kunci. Satu dari sekian banyaknya dari tanaman obat ini sebaiknya Perlu ada disaat membuat ramuan obat bagi atau bisa juga dikatakan untuk tetelo.
3. Campuran kunyit putih, sambiloto serta temu kunci Amat ampuh, mampu menyembuhkan ayam bangkok dewasa. Ramuan lain-lainnya pula tidak jelek alias bagus merupakan campuran kunyit putih, temu kunci, sirih hijau, daun pepaya, serta kunyit biasa.
4. Kunyit putih, sambiloto serta sirih merah adalah antikanker, antiinflamasi, anti radang yng tidak sedikit dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk obat kanker. Penelitian IPB, Balitro, serta publikasi di Indosiar.com serta Kompas.com tidak sedikit menunjukan keampuhan tanaman obat yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kanker serta pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk flu burung (pula tetelo). Sebaiknya buat ramuan sesuai yang dengannya bahan yng ada, setidaknya tiga jenis tanaman obat supaya ampuh. Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Tatacara Mengobati Tetelo (Newcastle Disease) Pada Ayam Aduan.
Berak Putih
Berak putih. Penyakit ini disebut pula pullorum ataupun salmonellosis. Penyebabnya merupakan bakteri Salmonella pulloum. Disebut berak kapur lantaran kotoran ayam yng menderita penyakit ini menjadi encer serta berwarna putih menyerupai kapur. Sifat penyakit ini Amat menular serta mampu menghasilkan kematian pada anak ayam umur tiga bulan. Beberapa tatacara mengatasi:
1. Obat yng mampu diberikan merupakan bawang putih, ini adalah obat alami ataupun tradisional menjadi antibiotik bagi atau bisa juga dikatakan untuk membasmi bakteri yng terdapat pada saluran pencernaan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemberiannya sendiri terbilang gampang, cukup siapkan bawang putih secukupnya lantas diiris kecil-kecil lantas diberikan pada ayam yng di kenai penyakit ini pada waktu pagi serta sore hari ataupun bergantung seberapa parah penyakit yang telah di sebutkan. Selain bagi atau bisa juga dikatakan untuk obat, bawang putih pula mampu dipakai menjadi pencegah, jadi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengantisipasi ayam anda sekalian terserang penyakit mampu diberikan bawang putih ini.
2. Pengobatan Berak Kapur di lakukan yang dengannya menyuntikkan antibiotik semisal furozolidon, coccilin, neo terramycin, tetra ataupun mycomas di dada ayam. Obat-obatan ini cuma efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk pencegahan kematian anak ayam.
3. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menekan angka kematian anak ayam yng telah terserang pullorum mampu dipakai antibiotik Neoterramycin 25 Soluble Powder. Takarannya, setiap 2 gram dicampur yang dengannya 1 liter air minum. Antibiotik ini diberikan selama 3 sampai-sampai 5 hari. Sementara itu, obat bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyakit berak putih diberikan selama masih dibutuhkan. Tatacara pemberiannya bergantung pada tingkat keparahan penyakit, yaitu dicampurkan ke dalam air minum andai penyakit ringan, diteteskan andai penyakit tengah, ataupun disuntikkan andai penyakit telah parah. Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Pengobatan Penyakit Pullorum/Berak Putih/Kapur Pada Ayam.
Berak Darah
Berak darah. Penyakit ini Suka disebut yang dengannya koksidiosis. Penyebabnya merupakan jenis protozoa Eimeria sp. Gejala khas penyakit ini merupakan feses (kotoran) dari ayam yng terserang memiliki kandungan darah. Darah yang telah di sebutkan berasal dari usus yng luka akibat permukaannya ditembus oleh koksidia (bibit penyakit penyebab koksidiosis). Beberapa tatacara mengatasi:
1. Pemberian sayur semisal bayam yng memiliki kandungan vitamin A serta K yang telah di sebutkan Amat diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki sel-sel mukosa usus yng rusak serta menghentikan perdarahan.
2. Pemberian obat herbal patikan kebo serta Herbavit Plus ataupun ProHerbal Plus MB Broiler akan mempercepat proses penyembuhan. Kandungan herbal serta vitamin yng terdapat pada Herbavit Plus akan membantu pembasmian mikroorganisme patogen lain (infeksi sekunder) pada unggas serta kandungan vitamin akan mempercepat proses penyembuhan serta menaikan immunitas unggas.
3. Satu dari sekian banyaknya tanaman yng bisa dipakai menjadi obat pengganti bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi berak darah merupakan patikan kebo (Euphorbia hirta L). Tanaman ini bisa didapati diberbagai daerah di Indonesia yng memiliki tidak sedikit nama. Antara lain: kukon-kukon, patikan (Jawa), kak sekak (Madura), daun biji kacang (Melayu), gelang susu, gendong anak (Jakarta), nanangkaan (Sunda), sosononga (Halmahera), isu mabi (Ternate) serta isu gibi (Tidore).
4. Dikasih minyak ikan hiu (squilen kalo ga salah namanya) percis disuapin papaya.
5. Ataupun pakai Tetra Chlorine yng mampu langsung di lolohkan pada mulut ayam. Selain itu, ada pula obat yng mampu dicampurkan pada air minumnya, yakni yang dengannya merek Trisula Zuco, namun baca dulu petunjuk pemakaiannya, apa saja fungsinya dan dosis yng cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam aduan yang telah di sebutkan.
Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Mengobati Berak Darah Pada Ayam Yang dengannya Obat Herbal
Bronkitis
Bronkitis. IB (Infectious Bronchitis) adalah suatu penyakit bikin heboh pada saluran pernapasan ayam yng bersifat akut serta Amat gampang. Penyakit ini tersifat oleh adanya cairan trakea, batuk serta bersin. Tatacara mengatasi:
Infeksi yang dengannya virus ini tak bisa diobati. Pemberian antibiotic/antibakteri cuma ditujukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati infeksi sekunder akibat bakteri ataupun Mycoplasma, yng kerapkali menyebabkab airsacculitis. Jenis obat yng diberikan umumnya dihubungkan yang dengannya jenis bakteri yng memicu infeksi sekunder yng apat diperkirakan/ditentukan didasari pemeriksaan patologik ataupun pemeriksaan bakteriologik. Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Penanggulangan Penyakit Bronkitis Pada Ayam
Cacingan
Cacingan. Beberapa tatacara mengatasinya:
1. Buah Pinang. Obat cacing bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam yng pertama serta yng paling Suka dipakai olah botoh tua merupakan buah pinang. Khasiat buah pinang memanglah Amat ampuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengeluarkan cacing yng bersemayam di usus ayam. Pertama, siapkan satu buah pinang muda yng masih segar, kupas kulitnya lantas iris kecil-kecil supaya lebih gampang ditelan ayam. Selanjutnya, biarkan tembolok ayam kosong yang dengannya tatacara tak memberinya makan lebih dulu selama 1/2 hari. Lolohkan irisan buah pinang ke mulut ayam. Supaya lebih gampang ditelan, lebih dulu celupkan irisan yang telah di sebutkan ke dalam minyak kelapa. Tembolok ayam berlebi dahulu dikosongkan yang dengannya tatacara tak memberikan makan. Andai irisan buah pinang sudah tertelan seluruh, kasih ayam bangkok Kamu minum yng tidak sedikit yang dengannya mempergunakan spon basah yng diperas. Pijat temboloknya perlahan agar bisa kandungan buah pinang cepat larut dalam air yng diminumnya. Masukan ayam ke sangkar serta biarkan beberapa jam serta tunggu cacingnya keluar.
2. Tembakau, tembakau pula mampu menjadi obat cacing tradisional bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam aduan. Dalam hal ini, tembakau yng dipakai haruslah daun tembakau yng masih segar.
3. Daun pepaya muda. Obat herbal ini dipakai yang dengannya tatacara yng percis semisal penggunaan buah pinang ataupun daun tembakau.
4. Ataupun mempergunakan obat kimia semisal merk piperazin, levamizol, niklosamida, ivermectin, mebendazole. Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Mengobati Cacingan Pada Ayam Aduan
Penyakit Snot
Penyakit snot. Penyakit pilek snot di karenakan akibat lingkungan sekitar sangkar tidak lebih kita jaga kebersihannya,akibatnya akan memicu bakteri dan virus yng menyerang pada bagian pernafasan ayam bangkok,selain itu, andai ayam aduan terserang penyakit ini, ia pula akan mengalami sesak nafas yng di sertai diare. Beberapa tatacara mengatasi:
1. Pengobatan yang dengannya bahan kimia, kita mampu membeli jenis obat bagi atau bisa juga dikatakan untuk unggas mampu berupa Eritromisin, Sulfatiasol, Sulfadimetoksin, Streptomisin, Sulfametasin, Sulfamerasin. Tatacara memberikannya mampu dicampur yang dengannya air minum maupun dicampurkan kedalam makanan yang dengannya dosis sesuai ukuran ayam yang telah di sebutkan.
2. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ramuan jamu tradisional, mampu mempergunakan jahe, kencur serta tepung beras, seluruh bahan di tumbuk hingga halus lantas di campur jadi satu, lantas sesudah menjadi adonan, buatlah bulat sebesar kelereng, lantas jemur sampai-sampai kering. Seusai adonan kering,telah mampu bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita berikan pada ayam yang telah di sebutkan yang dengannya tatacara kita lolohkan setiap pagi serta sore hari satu butir, berikan sampai-sampai ayam benar-benar sembuh.
3. Mempergunakan Lobak. Lobak berfungsi mencairkan mucus. Lobak dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk lambung serta gangguan usus, masalah saluran empedu, kehilangan nafsu makan, nyeri serta bengkak (radang) dari mulut serta tenggorokan, keseringan terhadap infeksi, peradangan ataupun lendir berlebihan pada saluran pernafasan, bronchitis , demam , pilek, serta batuk.
4. Bawang Putih, Selain lobak tumbuhan lain yng bisa dipakai merupakan bawang putih yng pula bisa mencairkan mucus pada pada saluran pernapasan.
5. Bawang merah. Bawang merah merupakan tanaman yng pula berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi sakit pilek pada anak ayam ini tatacaranya yang dengannya anak ayam di lulurin bawang merah yng telah dihaluskan (diparut), serta pula anak ayam diberikan air campuran kunyit serta jeruk nipis yang dengannya campuran kapur sirih tak tidak ingat bawang merah ini pula bisa di remukkan / geprek 2 siung serta hasil potong kecil supaya bisa masuk kemulut anak ayam yang telah di sebutkan masukin mulut nya, ramuan ini bisa meringankan gejala pilek pada anak ayam.
6. Jahe. Jahe membantu meringankan gangguan pencernaan, sakit gas, diare serta kram perut.
Mudah-mudahan memberikan manfaat. Salam penghobi ayam laga.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.hobiayam.web.id/2016/06/menjadi-dokter-ayam-aduan-part-3.html.

Seputar Menjadi Dokter Ayam Aduan: Part 3

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menjadi Dokter Ayam Aduan: Part 3