Peternakan Ayam Petelur

- 08.56

Peternakan Ayam Petelur

 


 Peternakan  Ayam Petelur

Peternakan Ayam Petelur


Andai Kamu Menyukai Peternakan AyamPetelur, maka kamu Perlu mempertimbangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikkan beberapa ekor ayam saja. Yng Kamu Butuhkan :
-Sangkar ayam -Kotak bersarang -Pembelian Ayam -Air pakan ayam serta -Lampu panas

Bibit Ayam Petelur


Kebanykan puluhan yang dengannya berproduksi penuh akan meletakkan sebuah telur sehari-hari, andai Kamu mempunyai terlalu tidak sedikit ayam, Kamu barangkali tak mampu mempergunakan seluruh telur mendapatkan ayam Kamu dari pemasok terkemuka bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan kebugaran atau kesehatan.

Sangkar Ayam Petelur


Langkah bagi atau bisa juga dikatakan untuk membangun sebuah sangkar ayam cukup besar bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung kawanan ayam kamu, sangkar sebaiknya menjaga ayam dari angin hujan serta suhu ekstrem.
Menempatkan kotak bersarang di sangkar di mana ayam mampu bertelur. Kotak Perlu tertutup serta sarang semisal kotak dilengkapi yang dengannya pintu jebakan belakang. Membuatnya lebih gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengumpulkan telur.
Menambahkan cukup jarak serta mengatur pembelian bagi atau bisa juga dikatakan untuk sangkar menjadikan ayam bisa berkokok di malam hari, pembelian mampu di lakukan dari pohon kecil, cabang kayu, tiang pena.

Pakan Ayam Petelur


Pakan pelet ayam layer ataupun biji-bijian bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempertahankan produksi telur orang-orang yng akan memimpin hampir apa saja, salah satunya potongan meja.
Menyediakan air bersih Mangkuk diperiksa sehari-hari dalam kondisi cuaca panas
Menginstal lampu panas di sangkar Andai Kamu tinggal di mana musim dingin, ini yng akan melindungi air ayam dari pembekuan.
Apakah Kamu tahu ayam sudah memainkan peran sentral dalam penelitian kanker serta instrumental dalam penemuan virus tumor pertama.

Analisa bisnis ayam petelur


Walaupun ternak ayam petelur sudah berkembang sejak akhir 1960-an, akan tetapi hingga saat ini penyebarannya belum Bisa atau mampu menjangkau daerah-daerah terpencil. Hingga tak mengherankan di beberapa kabupaten di Kalimantan, Maluku serta Papua, harga telur ayam mentah, mampu mencapai Rp 1.000, - sd. Rp 1.500, - per item. Berguna per kg. antara Rp 16.000, - sd. Rp 24.000, - Di kota Nunukan, Kalimantan Timur, butuh bukan telur dipasok dari Tawao, Sabah, Malaysia. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membawa telur dari Tarakan, biaya transportasi (speed boat 2 jam) sebetulnya lebih tinggi dari buy-di Tawao (speed boat 0,5 jam ataupun perahu panjang 1 jam).
Di kota Nunukan, ternak ayam petelur skala kecil, pula masih tidak lebih efisien dibandingkan yang dengannya membeli telur dari Tawao. Lain halnya di kep. Kei (Maluku Tenggara) beberapa kabupaten di Papua serta Kalimantan. Kecuali di Kalimantan Selatan. Lantaran di provinsi ini, pangsa pasar didominasi oleh Itik Alabio dari Amuntai. Ternak ayam petelur berhasil di Kalimantan Selatan berkembang cukup baik, akan tetapi skala Amat besar. Oleh lantaran itu dalam hal efisiensi masih mampu bersaing yang dengannya orang-orang pertanian telur hasil Alabio pula efisiensi yng Amat tinggi. Satu ekor itik alabio, dalam waktu satu tahun mampu berbaring sampai-sampai 250 butir (broiler rata-rata 270 butir).
Oleh lantaran itu, sebelum mengawali telur usaha agroindustri, berlebi dahulu Perlu dihitung kebutuhan pasar. Apa yng dimaksudkan menjadi pasar dalam hal ini bisa menjadi konsumen langsung, pedagang, pengecer di pasar / toko. Yng disebut konsumen langsung terdiri dari dua jenis. Konsumen keluarga pertama, kedua konsumen khusus berupa asrama, rumah sakit, toko roti / kue, hotel serta restoran. konsumen keluarga sebetulnya tak pernah membeli telur langsung ke produsen, namun ke toko lokal. Kecuali di lingkungan kecil yng masih tertutup. Misalnya, dalam migran kompleks.
Kebutuhan riil pasar yng sudah dihitung, akan menentukan populasi ayam bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipertahankan. Misalnya, perkiraan kebutuhan pasar rata-rata 50 kg. telur per hari ataupun 18,25 ton per tahun. Berat telur ini Perlu diubah menjadi butir (16 butir per kg), hingga yang dengannya kebutuhan pasar mencapai 18.250 kg per tahun. x 16 = 292.000 butir. Yang dengannya kemampuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk meletakkan rata-rata 270 butir per tahun, dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar 50 kg. per hari, Perlu di awasi 292.000: 270 = 1.081, 481 ataupun 1.200 dibulatkan ke ekor. Pembulatan dalam mengantisipasi kematian (tingkat kematian ayam).
Andai harga jual telur di tingkat konsumen Rp 8.000, - per kg. maka harga per telur Rp 500, - Biaya telur di bawah 70% dari petani keuntungan harga konsumen ataupun Rp Rp 350, - per item. Nilai 70% ataupun Rp 245, - merupakan biaya pakan. Sisanya Rp 105, - depresiasi induk (USD 50, -) sangkar (USD 15, -) biaya tenaga kerja Rp 20, - operasional Rp 15, - serta menguntungkan petani USD 15 - Biaya Rp 350, - per item, laba bersih sebesar Rp 15, - menjadi Rp 335, - biaya yng Perlu disediakan oleh peternak. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memproduksi 292.000 telur per tahun, akan menelan biaya 292.000 x Rp 335, - = Rp 97.820.000, -
Namun kebutuhan modal secara riil tak akan yng besar. Lantaran sejak awal bulan keempat, ayam telah mulai bertelur serta hasil nya mampu dijual. Hingga biaya investasi modal yng Perlu dikeluarkan cuma sangkar, ayam, pakan ayam sebelum produksi, tenaga kerja serta biaya operasi yang dengannya nilai USD 90, - x 292.000, - = Rp 26.280.000, - ataupun dibulatkan menjadi Rp 30 juta, - sd, Rp 35.000.000, - Pembulatan up dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi likuiditas usaha. Lantaran disaat telur dibawa ke pasar ataupun konsumen, tak akan langsung menghasilkan uang. Ini mampu menjadi cek pembayaran ataupun giro mundur. Kebiasaan supermarket misalnya, pembayaran baru mampu dicairkan paling cepat dalam waktu 21 hari dari memasuki barang.
Yang dengannya modal antara Rp 30.000.000, - sd. Rp 35.000.000, - mulai tahun IV akan diperoleh omset harian USD 350, - (harga di tingkat petani) x 800 (telur = 50 kg) = Rp 280.000, - Dari omset, margin yng diperoleh peternak merupakan Rp 15 x 800 = Rp 12.000, - per hari ataupun Rp 360.000, - per bulan. Yang dengannya populasi cuma 1.200 ayam ekor, pemeliharaan bisa di lakukan yang dengannya tenaga kerja keluarga itu sendiri menjadi bisnis sampingan. Hingga tenaga kerja Rp 20, - per item, keluarga masih mampu mendapatkan Rp 20 - x 800 = Rp 16.000, - per hari ataupun Rp 480.000, - per bulan. Total yang dengannya pertanian laba, pendapatan keluarga Perlu mencapai Rp 480.000 - Rp 360.000 +, - = Rp 840.000, - per bulan.
Yang dengannya perhitungan ini, kebutuhan minimal pasar yng mampu memberikan budidaya kesempatan usaha ayam petelur merupakan 50 kg. per hari. Tidak lebih dari jumlah itu akan menjadi tak efisien. Lebih dari jumlah ini, tenaga kerja tambahan yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk manajemen. Perhitungan ini mempergunakan patokan harga telur Rp 8.000, - per kg. di tingkat konsumen. Andai harga telur mencapai Rp 10.000, - sd. Rp 25.000, - per kg, maka persentase dari keuntungan petani akan tetap percis. Lantaran perbedaan dalam nilai nominal harga telur pula akan mempunyai efek yng percis pada biaya produksi serta biaya sehari-hari di wilayah yang telah di sebutkan pula cukup tinggi.
Tingkat pendapatan petani masih bisa ditingkatkan, andai biaya pakan komponen bisa ditekan. Feeding nilai Rp 245, - dari setiap telur, benar-benar mewakili nilai pakan ayam salah satunya tatkala tak bertelur. Hingga nilai riil yng sebetulnya pakan per hari merupakan 270: 365 X Rp 245, - = Rp 181,23. Nilai komponen pakan biaya itu barangkali masih ditekan ke level Rp 160, - per hari (0,1 kg, Ataupun Rp 1.600, -. Per kg). Tutorial bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli makanan ikan, tepung tulang, bubur jagung, bubur jagung, tepung serta makanan casava lantas campur. Yang dengannya tips itu, petani bisa atau mampu mendapatkan tambahan margin Rp 21, 23 x 365: 270 = US $ 28,69 bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap telur yng diperoleh, ataupun per hari Rp 28,69 x 800 = USD 22 952, - ataupun Rp 688 560, - per bulan .
Rata-rata keluarga dari Indonesia yang dengannya 5 orang (2 orang tua anak-anak 3), akan mengkonsumsi telur 1 kg. selama 5 hari, ataupun cuma 0,2 kg per hari. Hingga daerah yang dengannya telur butuh 50 kg. per hari, Perlu diisi minimal 250 keluarga. kota-kota kabupaten di daerah terpencil di luar Jawa, mampu dihuni lebih dari 1.000 keluarga. Di distrik yang dengannya jumlah penduduk 1.000 keluarga. Peluang bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuka bisnis peternakan unggas bagi atau bisa juga dikatakan untuk 4 keluarga @ 1.200 ekor ataupun dua keluarga yang dengannya populasi 2.400 ekor ayam. Makin besar populasi kabupaten kota, makin besar peluang bagi atau bisa juga dikatakan untuk menumbuhkan ayam petelur.
Selain memproduksi telur, budidaya ayam petelur masih menghasilkan ayam afkir. Rata-rata ayam petelur Perlu diambil pada minggu 55 sd. 65 sejak awal produksi. Hingga produksi ayam petelur cuma sekitar 1 tahun 20 hari sd. 1 tahun serta 3 bulan. Diambil ayam petelur mampu dijual ke pedagang ke pedagang broiler ataupun sate ayam. Kebanykan ayam petelur afkir diserap oleh pembangun sate ayam. Harga diambil burung sudah bervariasi antara 10.000 serta - sd. Rp 15.000, - per hidup ikan. harga tinggi ataupun rendah dimusnahkan burung Amat ditentukan oleh pasokan ayam pedaging. Andai pasokan broiler yng tidak lebih, akan tetapi kebutuhan tetap, maka harga daging ayam salah satunya ayam petelur akan tingkat menolak tinggi. Sebaliknya, andai pasokan broiler yng meluap sementara kebutuhan tetap, maka harga ayam petelur afkir pula akan jatuh.
Ayam petelur, yng terdiri dari jenis berbulu putih serta coklat. Ayam petelur antara lain jenis berbulu white leghorn Hubab, Hisex Ross putih serta putih. Ketik coklat keemasan berbulu, antara lain Hubbarb komet, Hisex Ross coklat serta coklat. Di Indonesia, jenis cokelat berbulu lebih ternama daripada jenis berbulu putih. Benih ayam ras petelur dibeli dalam bentuk DOC (Day Old Tercipta = hari anak ayam umur). DOC yng Perlu disimpan dalam sebuah koloni sangkar berlantai litter (padi sekam) serta Perlu diberikan pemanas. Ada tidak sedikit perangkat sangkar ayam pemanas, yng meliputi lampu listrik, lampu minyak, minyak kompor serta batubara kompor briket berbahan bakar.
Sesudah anak ayam tumbuh menjadi pullet (umur 2,5 sd. 3 bulan), orang-orang Perlu dikeluarkan dari sangkar baterai bagi atau bisa juga dikatakan untuk sangkar koloni (sangkar individual = sangkar sangkar). Andai selama penumbuh koloni sangkar ayam makan (bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan), lantas seusai berada di sangkar baterai ayam petelur pakan dalam bentuk pakan (layer). Biasanya, sangkar baterai bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam petelur terbuat dari bambu serta logam. sangkar bambu lebih cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam petelur skala keluarga pertanian, sedangkan sangkar logam cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisnis pertanian skala besar. sangkar bambu investasi Amat rendah, akan tetapi pula depresiasi yng cepat. Sementara sangkar logam biaya investasi yng tinggi akan tetapi pula depresiasi panjang. Hingga aktual, sangkar logam jatuh tidak lebih dari sangkar bambu.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali ternak ayam petelur bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemula di tempat yng jauh, Perlu didahului yang dengannya magang (bekerja sembari belajar) pada petani yng mengalami. Sebetulnya, pelatihan ini bisa di lakukan oleh pemerintah daerah, pengusaha pertambangan, konsesi, dll, salah satunya LSM serta lembaga keagamaan. Tatacaranya, yang dengannya mengirimkan kader diharapkan bisa mengembangkan unggas di wilayah yang telah di sebutkan, ke tempat yng ada dari peternakan ayam. Sesudah selesai magang, orang-orang butuh mencari modal bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali usaha orang-orang. Yang dengannya tips ini, bisnis ternak ayam petelur bagi atau bisa juga dikatakan untuk keluarga akan bisa mengembangkan di daerah yng lebih terpencil.

Sumber rujukan dan gambar : http://blogpeternakanayampetelur.blogspot.com/2016/12/peternakan-ayam-petelur.html.

Seputar Peternakan Ayam Petelur

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Peternakan Ayam Petelur