Tips Memelihara Ayam Aduan

- 06.49

Tips Memelihara Ayam Aduan

 
1. Menaikan stamina. Stamina ayam butuh ditingkatkan supaya ayam bisa terhindar dari penyakit. Apa lagi sebelum diadu, stamina ayam aduan Perlu di awasi, serta lebih baik ditingkatkan. Adapun jamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan stamina ayam aduan merupakan yang dengannya larutan gula merah dicampur asam jawa secukupnya. Jamu ini diminumkan sebelum ayam diadu. Memulihkan stamina ayam aduan. Ayam yng baru selesai diadu umumnya staminanya menurun drastis. Bila tak segera diatasi, ayam bisa terserang penyakit. Adapun jamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memulihkan stamina merupakan madu secukupnya dicampur kuning telor itik 1 butir. Berikan jamu ini yang dengannya tips diminumkan.
Menaikan gairah kawin pada ayam jantan. Supaya secara teratur bisa mengawini betina menjadi pemacek, ayam jantan Perlu butuh perawatan intensif. Selain diberi cukup pakan, pula butuh diberi obat penyehat tubuh serta penambah gairah kejantanan. Beberapa ramuan jamu yng bisa diberikan menjadi berikut.
1. Bawang putih 2 siung dilumatkan serta dicampur nasi Anget 1 sendok makan. Jamu ini dilolohkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu ekor pejantan serta pemberiannya setiap 4 hari sekali.
2. Jahe segar 2 potong sebesar ibu jari diparut serta diperas airnya. Air jahe ini dicampur sebutir kuning telor itik serta diberikan setiap Minggu sekali bagi atau bisa juga dikatakan untuk seekor pejantan.
3. Tepung beras 2 cangkir dicampur kencur parut 1 cangkir, lantas dibentuk menjadi butiran pil sebesar jagung. Selanjutnya pil ini dijemur hingga kering. Pemberiannya sebanyk 5 pil/minggu bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap ekor ayam pejantan.
4. Lada 100 g disangrai hingga kering, lantas ditumbuk sampai-sampai menjadi bubuk halus. Bubuk lada ini dicampur kencur parut 0,5 kg,kuning telor itik 5 butir serta madu 1 sendok makan sampai-sampai terbentuk adonan kental.Adonan dibentuk butiran sebesar jari kelingking serta dijemur hingga kering.Sebanyak2 butiran jamu diberikan sehari sebelum ayam dipakai menjadi pejantan.
Menaikan kualitas telur. Telur mempunyai kualitas bisa dilihat dari warna kuning telornya kuning cerah ataupun kemerahan. Supaya kuning telor menjadi kemerahan, ayam yng tengah aktif bertelor bisa diberikan azolla menjadi tambahan bahan pakan. Perbandingan pakan serta azolla 4 : 1. Azolla adalah sejenis tanaman paku air yng memiliki kandungan asam amino esensial. Asam amino esensial ini Amat dibutuhkan oleh tubuh ayam.
Menaikan nafsu makan. Ayam tidak lebih sehat akan turun nafsu makannya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan nafsu makan, ayam yang telah di sebutkan bisa diberikan satu dari sekian banyaknya dari beberapa ramuan berikut.
1. Bawang putih 3-4 iris dicampur dalam pakan. Ramuan ini diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk 10 ekor ayam dewasa setiap pagi.
2. Bubuk jahe 10 g dicampur dalam pakan serta diberikan setiap pagi. Dosis ramuan ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk 10 ekor ayam dewasa.
3. Jahe segar 2 ibu jari diparut serta diperas. Air perasannya dicampur kuning telor itik 1 butir. Dosis ramuan ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk seekor ayam dewasa serta diberikan setiap Minggu. Selain menaikan nafsu makan, pemberian pada pejantan bisa menaikan nafsu kawain.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan jamur yng berwarna putih dijengger ataupun pada kepala ayam seusai diadu. Ambil minyak jelatah (minyak yng dipakai berulang kali bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggoreng) secukupnya tambah tidak banyak garam dapur lantas oleskan pada bagian kepala yng putih lantaran jamur.lakukan pengolesan 2 x sehari pagi serta sore hari.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memerahkan jengger ayam biar kelihatan lebih merah, ambil daun kacang pagar secukupnya peras airnya lantas oleskan ke jenggar ayam.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah jengger ayam seusai diadu agar bisa tak ditumbuhi jamur yng berwarna putih. Ambil daun pariyo (buahnya pahit) lantas giling serta peras airnya lantas oleskan pada jengger ayam yng luka seusai bertarung. maka luka akan cepat kering.
Mengeringkan sisik kaki ayam. Ambil tepung sadah (sadah bagi atau bisa juga dikatakan untuk makan sirih) tambah tidak banyak air lantas oleskan pada sisik ayam sehari-hari hingga sisik ayam menjadi kering. Mampu pula dibantu yang dengannya tablet calk (tablet calsium bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu pertumbuhan pada anak-nak).
Mempercepat tumbuh bulu, baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk masa mabung serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk bulu yng tumbuh nyisip. Berikanlah pada ayam vitamin A yng berupa minyak ikan hiu ditambah vitamin B komplek. Obat mampu dibeli diapotik.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi jalu ayam agar bisa tak terlalu panjang. Umumnya orang akan memotong jalu ayam andai sudah berumur ataupun jalu terlalu panjang. Nah, kita mampu mengakalinya agar bisa jalu tak terlalu panjang, ataupun menghambat pertumbuhan jalu sesuai yng kita inginkan. Ambil buah kentang yng sebesar jempol tangan lantas olesi yang dengannya minyak goreng lantas dibakar (atur jaraknya yang dengannya api) seusai panas kentang ditusukkan pada jalu ayam. Lakukan beberapakali selama tiga hari ataupun hingga darah didalam jalu membeku maka jalu ayam akan berhenti pertumbuhannya, ayam akan selalu kelihatan muda.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kondisi ayam tetap fit berikanlah ayam multi vitamin seminggu sekali. Jemur ayam 2 jam sehari mulai jam 9 hingga jam 11 siang jangan diberi air minum, lantas teduhkan dibawah pohon selama 15 menit baru ayam diberikan air minum.
Mengatasi ayam ngorok. Bersihkan tenggorokkan ayam yang dengannya bulu yng lembut lantas kasih makan campuran nasi yang dengannya pur (pellet yng dijual) yng sudah dibasahi serta dibantu yang dengannya pemberian multivitamin. Jauhkan dari sinar Matahari langsung.
Mengatasi ayam lumpuh ataupun ayam yng sulit berjalan lantaran habis berkelahi ataupun lumpuh lantaran dikurung terlalu lama. Ambil batang serai olesi yang dengannya minyak goreng lantas panaskan seusai itu urutkan pada kaki ayam yng sakit. Sesudah selesai tunggu kira-kira 2 jam lantas ayam direnangkan seletih letihnya, lantas ayam dijemur dibawah mata hari langsung lakukan 2 kali seminggu, bantu yang dengannya pemberian multi vitamin.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki penampilan ayam, andai ada bulu sayap ataupun bulu ekor yng patah sebaiknya dicabut saja. Lantas ayam diberikan minyak ikan hiu serta vitamin B komplek bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat pertumbuhan bulu. Selama masa ini hindari pemberian pakan yang dengannya campuran nasi.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermuda penampilan ayam. Umumnya ayam yng telah tua sisik kakinya tebal serta tidak bagus, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermuda penampilan ambilah tepung soda kue beri tidak banyak air lantas oleskan pada kaki ayam lakukan beberapakali dilain hari. Maka sisik yng tebal itu akan terkelupas yang dengannya sendirinya. Mudah-mudahan cara perawatan ayam aduan ini memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.hobiayam.web.id/2015/04/tips-memelihara-ayam-aduan.html.

Seputar Tips Memelihara Ayam Aduan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Memelihara Ayam Aduan