Jenis obat obatan ayam bangkok aduan

- 07.13

Jenis obat obatan ayam bangkok aduan

 

obat ayam bangkok
GAMBARAN UMUM PENYAKIT DAN OBAT AYAM BANGKOK
  • Perhatikan sisa makanan semisal nasi, ikan, daging serta sayuran. Satu hari sesudah dibuang, semuanya membusuk secara perlahan-lahan. Pembusukan itu merupakan akibat serangan kuman bakteri yng terdapat di udara, tanah, serta dimana saja.
  • Perhatikan pula bekas luka, andai tak dibersihkan/diobati akan membengkak, membusuk, bernanah, dll. Itu seluruh pula akibat serangan bakteri.
  • Kuman-kuman semisal bakteri, virus serta jamur yng ada dimana saja pula menyerang/memakan mahluk hidup semisal kita-kita serta hewan, lantaran kuman yang telah di sebutkan pula butuh makan bagi atau bisa juga dikatakan untuk hidup. Tubuh akan melawan serangan itu, andai pertahanan tubuh kuat akan tetap sehat serta andai lemah akan terserang serta memicu penyakit.
  • Bagian tubuh yng sukses diserang oleh kuman akan rusak, memar, radang, membusuk, yng dinamakan yang dengannya infeksi. Seluruh bentuk infeksi itu memicu rasa sakit serta terkadang deman.
  • Pada ayam, seluruh serangan virus (virus flu burung serta virus tetelo), serta serangan bakteri (pilek/snot, ngorok, berak kapur serta kolera) akan menghasilkan sakit serta demam pada ayam, yng ditandai oleh gejala lesu, lemas, badan agak panas, gemetaran, serta tak nafsu makan, ditambah gejala khusus yng berbeda bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap jenis virus/bakteri penyakit. Silahkan lihat daftar lengkap penyakit pada tulisan atau artikel jenis penyakit pada unggas serta ayam bangkok
  • Obat-obatan merupakan lawannya penyakit, bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah penyakit (vaksin), membunuh kuman (antibiotik, antiseptik, desinfektan), mengurangi efek deman lantaran penyakit (paracetamol) serta menguatkan pertahanan tubuh (vitamin).

VAKSIN MENCEGAH PENYAKIT VIRUS
  • Vaksin yng selalu siap sedia bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak ayam bangkok merupakan vaksin ND (tetelo), yakni vaksin bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyakit ayam terserang tetelo. Lebih baik mencegah tetelo yang dengannya vaksin daripada mengobati, lantaran serangan penyakit tetelo masih kecil peluangnya disembuhkan. Disamping ND butuh dipertimbangkan vaksin AI (avian influenza-flu burung).
  • Harga vaksin medivac-ND ukuran 100 ekor di ± Rp 12.000, bagi atau bisa juga dikatakan untuk 500 ekor Rp 19.000,-
  • Genakan vaksin umur 4 hari, 4 minggu, selanjutnya setiap 3-4 bulan. Pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap ayam baru yng didatangkan dari luar.
  • Vaksinasi serta obat tetelo terdapat pada tulisan atau artikel Tips memilih serta mempergunakan vaksin tetelo pada ayam bangkok ataupun Tips pengganti mengobati penyakit tetelo ayam bangkok
  • Khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk peternakan skala besar semisal ayam negeri, sebaiknya genakan beragam jenis vaksin virus serta bakteri. Silahkan lihat daftar vaksin lengkap pada tulisan atau artikel Jenis vaksin unggas serta ayam bangkok

ANTIBIOTIK OBAT AYAM BANGKOK PALING AMPUH
  • Antibiotik bagi atau bisa juga dikatakan untuk obat ayam bangkok ataupun obat ayam aduan disediakan yng praktis saja, yng mampu menyembuhkan seluruh jenis penyakit bakteri. Semisal yng mampu disediakan merupakan Trimezyn-Medion. Trimezyn memiliki kandungan trimethoprin serta sulfadiazin, menjadi obat ayam yng menderita penyakit korisa (pilek, snot), CRD (ngorok), kolera (berak hijau), fowl typhoid (mencret kuning), pullorum (berak kapur), colibacillosis, serta lain-lainnya.
  • Trimezyn tersedia dalam bentuk kaplet ukuran 50 butir Rp. 4.500. Genakan 1 butir/hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam remaja serta dewasa, ½ butir bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam tengah, ¼ butir (ataupun dibubukin serta diaduk yang dengannya makanan) bagi atau bisa juga dikatakan untuk anakan kecil dibawah 1 bulan.
  • Jenis antibiotik lain pula ada, ada pula berbentuk bubuk, namun lebih baik bentuk kaplet lantaran telah di takar bagi atau bisa juga dikatakan untuk 1 butir satu ayam dewasa.
gambar trimezyn antibiotik penyakit ayam Trimezyn serta Rodalon
ANTIBIOTIK LAIN
  • Antibiotik yng dimaksud merupakan antibiotik yng paling umum dipakai oleh kita-kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyembuhkan infeksi, yakni amoxicillin serta salep oxytetracyline.
  • Amoxicillin generik (indofarma, kimia farma, dll) Rp 6.00 per 10 butir @500mg (dosis tinggi lantaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita-kita yng berat badan puluhan kg).
  • Amoxicillin diberikan ½ butir/hari (selama 3 hari) bagi atau bisa juga dikatakan untuk obat ayam bangkok aduan sesudah bertarung yng berkemungkinan di kenai luka dalam yng tak diketahui. Pula akan mempercepat penyembuhan luka luar yng parah akibat kena taji.
  • Salep oxytetracyline memiliki kandungan antibiotik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyembukan infeksi serta luka luar. Cocok dioleskan pada bekas luka parah yng darahnya telah tak mengalir, sebelumnya darah dihentikan dulu yang dengannya obat merah ataupun parutan kunyit ataupun bubuk kopi. Kelebihannya bekas luka yng sembuh tampak bersih. Harga salep oxytetracyline Rp 3.500/buah.
obat parasetamol untuk penyakit ayam bangkok Paracetamol Inza serta Amoxicillin
PARACETAMOL OBAT AYAM ADUAN TERSERANG DEMAN
  • Parasetamol disediakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi sakit/demam tinggi pada ayam akibat terserang penyakit yng parah semisal tetelo. Parasetamol tak butuh diberikan pada ayam yng cuma terserang bakteri semisal korisa (pilek, snot), CRD (ngorok), kolera (berak hijau), fowl typhoid (mencret kuning), pullorum (berak kapur), colibacillosis.
  • Parasetamol yng disediakan merupakan yng biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk obat flu semisal bodrex, panadol, inza, neozep, dll yng memiliki kandungan bahan utama parasetamol 500mg. Harga Rp 2.000/4 butir.
  • Berikan ¼ butir bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam sakit dewasa yng di kenai sakit/deman tinggi ataupun yng terluka parah lantaran taji.

ANTI SEPTIK UNTUK OBAT AYAM ADUAN YANG LUKA
  • Antiseptik yng paling simpel merupakan obat merah, dipakai pada luka bagi atau bisa juga dikatakan untuk mematikan kuman supaya tak infeksi.
  • Antiseptik sekalian desinfektan lain bisa dipakai semisal Rodalon berbentuk cair. Rodalon dicampur yang dengannya air lantas disemprotkan ke dalam serta sekitar sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk membunuh kuman bakteri serta virus.
  • Deterjen yng biasa dipakai mencuci pula mampu dipakai.

OBAT AYAM DARI JAMU HERBAL TRADISIONAL
  • Obat herbal dari tanaman obat tradisional, dalam hal-hal tertentu lebih ampuh daripada obat kimia semisal diuraikan di atas. Obat herbal bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah penyakit tetelo serta flu burung semisal bisa dilihat pada tulisan atau artikel Tips pengganti mengobati penyakit tetelo. Tak cuma mencegah penyakit, diluar dugaan obat herbal yang telah di sebutkan pula mampu menyembuhkan penyakit tetelo, meskipun persentasenya masih 50%. Obat herbal utama merupakan sambiloto, sirih merah, temu kunci, kunyit putih, serta bisa ditambahkan sirih hijau, daun brotowali/antawali, daun pepaya, kunyit, temu lawak, bawang putih, dll.
  • 2 jenis ramuan obat herbal yng pernah dicoba, yakni, pertama campuran kunyit putih, sambiloto serta temu kunci, ataupun ramuan kedua yakni kunyit putih, temu kunci, sirih hijau, kunyit biasa, daun pepaya bisa mencegah serta mengobati penyakit tetelo. Ramuan yang telah di sebutkan tak cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyakit namun membuat ayam bangkok bersemangat serta bergairah, nafsu makan tinggi, serta selalu sehat, yng akibatnya ayam cepat besar meskipun makanannya lebih tidak sedikit dedak daripada pur. Jadi memanglah benar bahwasanya ramuan obat tradisional yang telah di sebutkan pula bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk efisiensi pakan.
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk luka luar sehabis tarung ataupun bekas bubul di kaki Amat cepat diobati yang dengannya kunyit ataupun cabe besar merah ataupun cabe rawit yng merah. Kunyit serta cabe yang telah di sebutkan pula mampu dicampur. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk luka luar cabe serta kunyit yang telah di sebutkan memanglah lebih ampuh daripada obat kimia.
  • Masih tidak sedikit lagi jenis ramuan obat tradisional yng ampuh serta harusnya mampu dimanfaatkan. Andai tadinya lebih meyakini obat kimia antibiotik, maka sesudah berupaya obat tradisional yang telah di sebutkan maka akan makin yakin mempergunakan obat tradisional dari tanaman obat.
Demikian postingan perihal jenis obat obatan ayam bangkok aduan, mudah-mudahan berguna.
TERKAIT
  • Jenis penyakit unggas serta ayam bangkok
  • Tanda tanda ayam bangkok aduan yng tidak jelek alias bagus
  • Katuranggan ayam aduan di Thailand
  • Membuat pakan ayam bangkok bergizi



Sumber rujukan dan gambar : http://www.ayambangkok.top/2013/05/jenis-obat-obatan-ayam-bangkok-aduan.html.

Seputar Jenis obat obatan ayam bangkok aduan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Jenis obat obatan ayam bangkok aduan