Penyakit newcastle disease pada ayam dan unggas

- 14.20

Penyakit newcastle disease pada ayam dan unggas

 
Postingan ihwal penyakit ayam tetelo Newcastle Disease (penyakit ND)
penyakit tetelo Newcastle Disease merupakan penyakit ayam dan unggas yng paling rawan dibawah penyakit flu burung. Penyakit tetelo ada beberapa tipe. Penyakit ayam tetelo tipe ganas bisa menghasilkan angka kematian mendekati 100% pada seluruh jenis ayam dan seluruh jenis usia, dari yng anakan sampai-sampai dewasa.
Yang akan di sajikan kali ini bisa dilihat gejala, sasaran dan tingkat bahaya, dan vaksin dan pencegahan dari penyakit ayam tetelo Newcastle Disease (penyakit ND)
Item Keterangan
penyakit ayam tetelo Newcastle Disease (penyakit ND)
Penyebab penyakit virus Paramyxo
Penjelasan Penyakit ND ada tiga tipe yakni, tipe kuat memicu kematian hampir 100% dalam 1 hari sampai-sampai 1 minggu, tipe tengah cuma menghasilkan kematian 10% anak ayam (dewasa tak mati), Tipe ringan tak menampakkan gejala sakit, cuma memicu turunnya produktivitas telur pada indukan
Sasaran Seluruh usia ayam
Tingkat bahaya Angkat kematian 100% bila terserang ND tipe kuat, kematian 10% cuma pada anak ayam bila terserat ND tipe tengah.
Gejala awal Mencret berwarna putih, bercampur agak kehijauan, megap-megap, batuk, bersin dan kadang ngorok waktu bernapas, tampak lesu, napsu makan menurun.
Gejala akut Jengger dan kepala kebiruan, kornea menjadi keruh, otot tubuh gemetar, berakhir yang dengannya kelumpuhan, gangguan saraf (kejang-kejang dan leher terpuntir)
Pengobatan/ penanganan Penyakit virus tak mampu diobati. Ayam yng ditulari dijauhkan, andai telah parah dimusnahkan. Khusus ayam bangkok, dirawat intensif supaya tubuh kuat melawan virus.
Penularan Ditularkan melalui perlengkapan, burung liar. Mampu juga melalui udara meskipun jangkauannya tak luas dan cuma bertahan selama 30 hari. Ayam yng sembuh ND tak akan dinyatakan menjadi pembawa penyakit (carrier).
Pencegahan Vaksinasi 444 (umur 4 hari, 4 minggu, 4 bulan, seterusnya setiap 4 bulan). Mampu dipersingkat 4 hari, 4 minggu, 3 bulan, seterusnya setiap 3 bulan)
Nama Vaksin Medivac ND, ataupun yng kombinasi Medivac ND-AI. Daftar vaksin lengkap silahkan klik Jenis vaksin unggas dan ayam bangkok

Demikian postingan ihwal penyakit ayam tetelo Newcastle Disease (penyakit ND). Info penyakit ayam lengkap bisa dilihat di JENIS PENYAKIT AYAM DAN UNGGAS


Sumber rujukan dan gambar : http://www.ayambangkok.top/2013/05/penyakit-newcastle-disease-pada-ayam.html.

Seputar Penyakit newcastle disease pada ayam dan unggas

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penyakit newcastle disease pada ayam dan unggas