Primbon Ayam Bangkok Lengkap : Tentukan Hari Keberuntungan Ayam Anda!

- 03.21

Primbon Ayam Bangkok Lengkap : Tentukan Hari Keberuntungan Ayam Anda!

 
Ada ramai sekali pesan dari sesama pehobi ayam yng masuk di inbox akun fanspage Facebook Ayam Bangkok yng saya terima. Di antara pesan-pesan yang telah di sebutkan, tidak sedikit di antaranya yng menanyakan mengenai primbon ayam bangkok atau juga hitungan Jawa yng sebaiknya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menurunkan ayam di medan laga. Awal mulanya saya enggan menjawabnya, akan tetapi lantaran pertanyaan sejenis makin menumpuk di inbox pesan, saya pun lantas berupaya menjawabnya melalui tulisan atau artikel ini.

Primbon Ayam Bangkok

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk diketahui, sebetulnya hitungan primbon ayam bangkok yng saya jabarkan di tulisan atau artikel ini merupakan murni warisan turun temurun dari kakek buyut saya yng mengalirkan darah pehobi ayam di tubuh saya. Awal mulanya primbon hitungan ini merupakan sesuatu yang di sembunyikan serta cuma diketahui oleh saudara-saudara saya sesama pehobi ayam. Namun, lantaran saya menganggap yng namanya ilmu itu tak boleh disembunyikan, berlebi bila ada yng menanyakannya, maka saya pun memutuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membocorkan sesuatu yang di sembunyikan ini.
Primbon Ayam Bangkok
  1. Jenis Jenis Ayam Suro
  2. 10 Sisik Kaki Ayam Bangkok Misterius
  3. Bentuk Jalu Ayam Bangkok Mematikan
Dalam primbon ayam bangkok yng saya pahami dari kakek buyut saya, ada 5 hal yng benar-benar Perlu diperhatikan sebelum menurunkan ayam bangkok kita di medan laga. Kelima hal yang telah di sebutkan antara lain mengenali ayam bangkok kita, mengetahui nilai hari serta pasaran Jawa, menentukan hari keberuntungan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menurunkan ayam sesuai jenisnya, arah turunnya ayam, serta yang terakhir warna baju yng kita kenakan tatkala pertarungan. Kelima hal yang telah di sebutkan sudah saya jelaskan secara rinci sebagaimana berikut:

1. Kenali Nilai Warna Sisik Kaki Ayam Bangkok Kamu

Yng pertama merupakan kenali nilai warna sisik kaki ayam bangkok Kamu. Ya, dalam perhitungan primbon ayam bangkok, satu dari sekian banyaknya bagian fisik pada ayam yng kerap dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan keberuntungan dalam pertarungan merupakan warna sisik kakinya.
Semisal kita ketahui, warna sisik kaki ayam bangkok sangatlah beragam, ada yng hitam, putih, kuning, dan juga lain-lainya. Masing-masing warna sisik kaki yang telah di sebutkan mempunyai nilai hitungan sendiri-sendiri.
  • Warna sisik kaki hitam berharga gangsal ataupun 5.
  • Warna sisik kaki putih berharga pithu ataupun 6.
  • Warna sisik kaki bermotif hitam berharga gangsal ataupun 7.
  • Warna sisik kaki hijau lumut berharga gangsal ataupun 8.
  • Warna sisik kaki kuning berharga songo ataupun 9.

2. Ketahui Nilai Neptu Weton Jawa

Seusai mengetahui nilai warna sisik kaki, langkah selanjutnya merupakan Kamu Perlu mengetahui nilai neptu weton Jawa, yaitu nilai hari serta nilai pasaran.
Dalam kalender Jawa, kita mengenal 7 nama hari serta 5 nama pasaran. Masing-masing hari serta pasaran yang telah di sebutkan pula mempunyai nilai yng berbeda sebagaimana berikut:
Hari Nilai Pasaran Nilai
Minggu 5 Wage 4
Senin 4 Kliwon 8
Selasa 3 Legi 5
Rabu7 Pahing 9
Kamis 8 Pon 7
Jumat 6

Sabtu 9

3. Menentukan Hari Turun Gelanggang

Seusai mengetahui nilai warna sisik kaki, nilai neptu hari, serta nilai neptu pasaran, saat ini Kamu telah mampu menentukan hari yng sebaiknya dipilih bagi atau bisa juga dikatakan untuk menurunkan ayam aduan Kamu ke medan gelanggan. Bagaimana tips menentukannya?
Dalam primbon ayam bangkok yng sebetulnya tak tertulis lantaran diwariskan secara turun temurun dalam keluarga saya, disebutkan bahwasanya kita bisa menentukan hari baik turun gelangang yang dengannya menyesuaikan ayam yng akan kita tarungkan.
Dalam hal ini, nilai warna kaki ayam yng akan kita turunkan sebaiknya disesuaikan yang dengannya nilai pasaran serta nilai harinya. Semisal, andai ayam kita merupakan ayam yang dengannya sisik kaki berwarna kuning yng berharga 9 (sembilan), maka kita Perlu menurunkan ia pada hari yang dengannya nilai 2x9= 18 (delapan belas). Nilai neptu 18 cuma bisa didapati pada hari Sabtu Pahing, yng mana Sabtu berharga 9 serta Pahing berharga 9.
Semisal selanjutnya, andai ayam yng kita akan turunkan mempunyai sisik kaki berwarna putih (dalam hal ini berharga 6), maka kita Perlu menurunkan ayam yang telah di sebutkan pada hari yang dengannya nilai neptu 2x6= 12 (dua belas). Nilai neptu yang telah di sebutkan bisa didapati pada weton Selasa Pahing, Senin Kliwon, Minggu Pon, Rabu Legi, serta Kamis Wage. Seluruh weton yang telah di sebutkan mempunyai nilai neptu 12. Bila tidak meyakini, hitunglah lagi!
Telah cukup terang bukan?

4. Pahami Nilai Arah Angin

Seusai mengetahui hari keberuntungan turunnya ayam aduan Kamu, Kamu pula butuh mengetahui arah keberuntungan yng sebaiknya dipilih tatkala mengadu ayam. Arah keberuntungan mampu ditentukan yang dengannya tips mengalikan nilai warna kaki yang dengannya 3. Serta menghitung tepat di arah mana hasil perkalian yang telah di sebutkan. Perhitungan arah dimulai dari timur (1), selatan (2), barat (3), utara (4), serta kembali lagi ke timur (5), selatan (6), serta begitu seterusnya sampai-sampai hasil perkalian yng dihitung.
Semisal, bila Kamu menurunkan ayam bangkok yang dengannya sisik kaki berwarna hitam yng berharga 5, maka arah keberuntungan Kamu tatkala menurunkan ayam merupakan arah di hitungan ke 5 x 3 = 15 (lima belas). Maka, arah keberuntungan yang telah di sebutkan merupakan arah Barat. Kamu Perlu melepaskan ayam Kamu dari arah Barat menghadap ke Timur.
Semisal lain, bila Kamu menurunkan ayam bangkok yang dengannya sisik kaki berwarna putih yng berharga 6, maka arah keberuntungan Kamu tatkala menurunkan ayam merupakan arah di hitungan ke 6 x 3 = 18 (delapan belas). Maka, arah keberuntungan yang telah di sebutkan merupakan arah Barat. Kamu Perlu melepaskan ayam Kamu dari arah Selatan menghadap ke Utara.
Bisakah dipahami?

5. Warna Baju serta Pasaran

Lantas langkah yang terakhir yng mampu di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenangkan ayam Kamu di medan laga melalui pengamalan ilmu mujarobat Jawa merupakan menentukan warna pakaian yng Kamu kenakan tatkala beradu. Saya sebetulnya agak heran yang dengannya peraturan primbon ini, cuma saja berulangkali saya terapkan, saya memanglah Amat jarang sekali mampu kalah.
Nah, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan warna pakaian, tatacaranya tak terlalu susah. Kamu cukup menyesuaikannya yang dengannya pasaran turunnya ayam sebagaimana peraturan berikut:
  • Pasaran Pon sebaiknya mempergunakan baju berwarna Kuning
  • Pasaran Wage sebaiknya mempergunakan baju berwarna Hitam
  • Pasaran Kliwon sebaiknya mempergunakan baju berwarna Hijau
  • Pasaran Pahing sebaiknya mempergunakan baju berwarna Merah
  • Pasaran Legi sebaiknya mempergunakan baju berwarna Putih

Nah, demikianlah pemaparan yng mampu saya sampaikan mengenai peraturan primbon ayam bangkok yng wajib dipakai tatkala kita hendak menurunkan ayam. Yang dengannya mengikuti aturan-aturan yang telah di sebutkan mudah-mudahan ayam yng kita turunkan tak akan mengecewakan. Bila masih ada yng tidak lebih terang, mampu Kamu tanyakan di kolom komentar. Thanks!

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ayambangkok.web.id/2016/09/primbon-ayam-bangkok-hari-arah-baju.html.

Seputar Primbon Ayam Bangkok Lengkap : Tentukan Hari Keberuntungan Ayam Anda!

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Primbon Ayam Bangkok Lengkap : Tentukan Hari Keberuntungan Ayam Anda!