Pengalaman Budidaya dan Beternak Ayam

- 03.50

Pengalaman Budidaya dan Beternak Ayam

 
Apa sebetulnya perbedaan antara Budidaya dan Pelihara mengapa saya mengambil judul tulisan atau artikel “Pengalaman Budidaya dan Pelihara Ayam”. Pendapat dari saya budidaya ayam merupakan suatu proses kegiatan memelihara ayam sekalian mengembangbiakan dari ayam kecil hingga bertelur, beranak dan memasarkan hasil nya, kalau pelihara ayam cuma sekedar hobi tanpa melalui proses komplek semisal budidaya, maaf kalau salah mohon komentarnya.
Pada peluang ini saya mau membagikan Pengalaman Budidaya dan Pelihara Ayam selama 5 bulan kebelakang hingga saat ini, tentunya dalam tulisan atau artikel ini berita yng mampu saya paparkan cuma sebatas siapa saya, ayam apa yng saya pelihara, kandangnya bagaimana, pakan ayamnya apa dan nilai ekonomis ayam bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisnis sampingan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk hal-hal teknis saya akan tuliskan dalam tulisan atau artikel selanjutnya.

Kegiatan saya

Keinginan saya ingin menjadi orang yng profesional dalam segala kegiatan hal ini merupakan tujuan umum dan ideal yng barangkali dimau-kan oleh kamu pembaca yng budiman. Akan tetapi fakta Perlu kita terima yang dengannya sabar dan tawakal dimana andai kondisi itu tak mampu kita rasakan, pekerjaan telah kita lakukan secara maksimal akan tetapi hasil tak sebanding lurus yang dengannya tuntutan pekerjaan. Waktu saya sesuai hari kerja dan jam kerja telah tergadaikan yang dengannya kemufakatan yng hasil nya belum mampu mencukupi ‘kebutuhan hidup’, ingat kebutuhan hidup bukan cuma materi akan tetapi ada kebutuhan lain menjadi penyeimbang yakni ketenangan hati.

Jenis Ayam yng saya Pelihara

Awal mulanya saya tak tertarik yang dengannya peliharaan apapun, alasanya telah terang kegiatan itu akan mengikat waktu kita dimana setiap waktu kita Perlu merawat dan memberikan peliharaan kita makan. Pada sepenggal tulisan atau artikel yng berjudul “Marah pada Ayam dan 2 Kali Berencana Menyantapnya” ada sejarah awal mula saya memelihara ayam.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN Secara urutan jenis ayam yng saya pelihara atara lain :
  • Ayam Bangkok 34 ekor
  • Ayam Negeri/Broiler 5 ekor
  • Ayam Kate 6 ekor
  • Ayam Pelung 3 ekor

Bentuk dan Bahan Sangkar Ayam

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung 48 nyawa ayam yang dengannya variasi jenis dan umur tentunya dibutuhkan sangkar yng maksimal, hal itu telah saya antisipasi yang dengannya membuatkan sangkar yng super nyaman dan komplit. Adapun sangkar ayam yng saya siapkan atara lain:
  • Sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ayam Dewasa
  • Sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam umur 1 – 30 hari
  • Sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam umur 1 – 2,5 bulan
  • Sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam bertelur dan mengeram
  • Sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam sakit/sangkar karantina
Bahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membangun sangkar saya genakan bahan bekas, seluruh ide kreatif muncul tatkala kita terdesak. Bahan utama merupakan kayu tatkala itu di tempat saya kerja ada kegiatan revitalisasi infrastruktur jaringan kabel fiber optik, kabel FO yang telah di sebutkan dikirim dari Jakarta dalam gulungan besar berdiameter 2 m total kalau tak salah ada 8 gulungan besar yang dengannya bahan penggulungnya merupakan kayu papan yang dengannya tebal 3 cm berlapis. Sesudah kabel selesai dilepas dari gulungannya saya memesan 2 gulungan saja yang dengannya imbalan uang jajan dan ongkos transpot dari 2 gulungan kabel yang telah di sebutkan cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat sangkar yang dengannya kuran lebar 1 m dan panjang 12 m dan sebagian bagi atau bisa juga dikatakan untuk pagar rumah.

Pakan Ayam yng saya Genakan

Ayam yng saya pelihara tak pernah kekurangan pakan, saya selalu menyediakan pakan sehari-hari. Normalnya ayam makan 2x dalam sehari, akan tetapi andai hari libur saya terkadang memberikan lebih. Adapun pakan yng saya berikan antara lain :
  • Dedak ataupun Bekatul
  • Pur BR 1 dan Pur Babi
  • Jagung utuh dan Jagung Giling
  • Nasi
  • Roti
  • Beras
  • Gabah
  • Daun Bayam
  • Daun Jagung
  • Rumput

Prospek Bisnis Budidaya Ayam

Pada bagian ini dia yng paling manarik lantaran tujuan kita budidaya merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh hasil baik langsung ataupun tidak langsung. Pendapat dari saya ditinjau dari segi usaha budidaya ayam mampu kita bedakan dalam beberapa segmen menjadi tujuan usaha, antara lain : BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM
  • Pemeliharaan meliputi, ayam pedaging, ayam hias dan lainya.
  • Budidaya meliputi, Penyedia bibit ayam
Nah itulah sekelumit Pengalaman Budidaya dan Pelihara Ayam yng selama ini saya lakukan, kamu pula mampu mencobanya.

Sumber rujukan dan gambar : http://kandangayammodern.blogspot.com/2016/09/pengalaman-budidaya-dan-pelihara-ayam.html.

Seputar Pengalaman Budidaya dan Beternak Ayam

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengalaman Budidaya dan Beternak Ayam