Menjadi Dokter Ayam Aduan : Part 1

- 03.13

Menjadi Dokter Ayam Aduan : Part 1

 
Ayam Tedun/Turun Urat
Ayam tedun/turun urat mampu dikenali yang dengannya tanda kaki yng pincang dan kaki sebelah Suka di angkat. Beberapa tatacara mengatasi:
1. Buatkan lubang lantas isi air, rendam kaki ayam tiap hari.
2. Penyakit tedun ringan cukup yang dengannya memberikan makanan daging kambing segar tiap 2 hari sekali yang dengannya porsi sebesar jari jempol.
3. Tumbuk daun sereh sampai-sampai hancur, lantas tempelkan pada kaki ayam yng mengalami turun urat. Sesudah itu, bungkus mempergunakan perban ataupun kain, lakukan tatacara ini rutin sehari-hari hingga benar-benar sembuh. Selengkapnya mampu baca tulisan atau artikel Perawatan Ayam Bangkok Disaat Turun Urat.
Ayam Bubul
Ayam bubul mampu dilihat di telapak kakinya semisal ada kotoran keras menempel, jalannya pincang. Beberapa tatacara mengatasi:
1. Kaki dibersihkan dulu/disikat, seusai itu diolesi kapur campur kunyit.
2. Bubul ayam direndem dulu pake air Anget terus di sikat hingga bersih sembari di kelupasin bubul luarnya terus saya tempelin kapur sirih yang dicampur detergen percis garam terus diplester terus menerus sampe bubulnya copot sendiri.
3. Meletakkan telapak kaki ayam pada lumpur rinso ataupun garam.
4. Mempergunakan kanterpain, obat kutil Colomac serta Koyo Cabe.
5. Mempergunakan paku yng di bakar. Tempelkan paku panas pada mata bubul (jangan hingga di kenai bagian yang sehat) hingga ayam terasa panas ditandai dg menghentakkan kaki. Ulangi 3 hingga 4 kali. Lakukan pengobatan selama 3 hari.
Ataupun baca tulisan atau artikel selengkapnya pada Cara Mengobati Penyakit Bubul Pada Ayam Aduan.
Ayam Manic/Goham
Ayam manic/Goham yakni bintik-bintik putih kekuningan yang berada di tenggorokan ayam (kalau kita-kita disebut sariawan). Beberapa tatacara mengatasi:
1. Setiap malam dikasih madu asli.
2. Mempergunakan Ester C ( vit C dosis tinggi ) + antibiotik ( Amoxan ).
3. Tetrachlor
4. Obat goham bahan dasarnya (generik) ada 4 jenis: Metronidazol, Carnidazole, Dimetridazole, serta Ronidazole. Yang paling gampang didapat di apotik di Indonesia merupakan Metronidazole dgn harga yang relatif murah.
5. Mempergunakan bahan alami: 1) Rebusan kacang hijau air serta kacang hijaunya dikasihkan, 2) Rebusan daun sirih yang dicamur yang dengannya garam. 3) Remasan daun kemangi. 4) Ulat daun pisang. 5) Perasan jeruk nipis. 6) Blimbing wuluh/sayur.
Selengkapnya baca di tulisan atau artikel Beberapa Tatacara Mengobati Penyakit Manik/Goham Pada Ayam Aduan.
Ayam Kurapan
Ayam kurapan Suka menyerang bagian kepala serta jengger ayam yakni berupa jamur putih. Beberapa tatacara mengatasi:
1. Oleskan belirang ataupun pace/mengkudu
2. Mandikan yang dengannya air daun sirih, tatacaranya rebus daun sirih, lantas dinginkan serta mandikan.
3. Oleskan "minyak rem" apapun merknya, umumnya yang tipe DOT 3 bagi atau bisa juga dikatakan untuk dioleskan ke bagian kulit yng terserang korep. Sembari mengoleskan minyak rem, korep yang ada kita gosok sampai-sampai lepas dari kulit ayam. Sesudah korep benar-benar bersih, oleskan sekali lagi minyak rem tadi ke bagian yang sakit. Selama pengobatan, tempatkan ayam pada tempat yng teduh & kering, serta terhindar dari sinar matahari. Ayam jangan kena air & tak butuh dijemur.
4. Ayam kurap di kaki, sikat pakai minyak tanah, lantas oleskan kapur+kunyit.
Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Beberapa Tatacara Mengatasi Kurap/Jamur Pada Ayam Aduan.
Ayam Lumpuh
Ayam lumpuh, ayam yng mendadak lumpuh tak berdaya. Ayam lemas serta cuma tidur sampai-sampai malah bagi atau bisa juga dikatakan untuk berdiri saja tak mampu. Beberapa tatacara mengatasinya:
1. Diboboki/diloloh daun kemangi dicampur ragi tape.
2. Daun Serai. Tatacara mempergunakannya yakni yang dengannya menempelkan daun serai yng ditumbuk pada bagian yng terlihat sakit pada ayam. Penempelan di lakukan yang dengannya bantuan kain perban selama 2 hari sampai-sampai diganti yang dengannya yng baru andai belum sembuh.
3. Obat Tradisional. Tatacara membuatnya yakni sediakan bawang merah, cabe merah, serta jahe yang dengannya perbandingan 1 : 2 : 2. Seluruh bahan ditumbuk halus lantas cekoki ayam yang dengannya obat ramuan yang telah di sebutkan. Lakukan sehari sekali tatkala malam hari. Andai di pagi hari ayam belum terlihat perubahannya, lakukan terus berulang-ulang sampai-sampai hasil nya dirasa memuaskan.
4. Multivitamin. Selain yang dengannya menerapkan pengobatan, ada baiknya ayam yng lumpuh pula diberi multivitamin khusus. Multivitamin penting diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kekebalan tubuhnya yng melemah akibat malas makan. Adapun merk multivitamin yng tidak sedikit dianjurkan menjadi obat ayam lumpuh oleh para botoh merupakan multivitamin Jalu Aji Ginseng Plus ataupun Becomp Plus yng bisa dibeli di apotek terdekat.
5. Asupan Pakan, asupan pakan ayam Perlu benar-benar diperhatikan. Ayam yng lumpuh umumnya akan malas makan serta minum, oleh lantaran itu menjadi tuannya, kita Perlu menyuapinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kondisi perutnya supaya tak kosong.
6. Memijat bagian tubuh ayam yng sakit yang dengannya salep ataupun minyak tawon, lebih-lebih andai pengobatan yang dengannya daun serai tak di lakukan. Hindari memandikan ataupun menjemur ayam hingga kondisi ayam lumpuh benar-benar pulih. Usahakan sangkar ayam selalu dalam keadaan Anget di malam hari. Tatacaranya yakni yang dengannya menyelambuinya sangkar bagian luar yang dengannya kain rapat. Berikan obat penambah darah 1 tablet 2 hari sekali supaya tubuhnya tetap fit. Obat penambah darah yng mampu diberikan misalnya Sangobion. Berikan juga bawang merah 1suing setiap pagi bagi atau bisa juga dikatakan untuk nafsu makan ayam aduan yng lumpuh bisa tetap terjaga.
Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Beberapa Tatacara Mengobati Ayam Aduan Lumpuh/Turun Urat.
Ayam Kena Jalu
Ayam kena jalu. Beberapa tatacara mengatasi:
1. Bersihkan yang dengannya air garam ataupun air sirih Anget, vetsin/micin pula mampu,ataupun bubuk arang.
2. Lukanya dibersihkan yang dengannya alkohol / antiseptik ataupun mandikan yang dengannya antiseptik
(rendam ). Bila cuma sebesar lobang < 3 mm cukup dimasukan salep teramycin kelobang jalu bagi atau bisa juga dikatakan untuk kasus ini berikan peroral Ampisillin cap 250 berikan 2 kali sehari selama 3 hari. Bila lebar luka butuh dijahit serta dalam kasus tertentu ayam menderita luka jalu yng ramai sekali Perlu disuntik Terramycin 1CC serta peroral 250 mg ampisillin 2 kali sehari selama 3 ataupun 4 hari .Selama masa pengobatan jauhkan dari lalat serta jangan dimandikan.
3. Berikan obat semisal amoxcilin, supertetra, domex serta pula vitamin semisal B komplek bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat memulihkan luka serta stamina. Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Beberapa Tatacara Mengobati Ayam Kena Pukul Jiling/Jalu.
Ayam Patuk Lepas
Ayam patuk lepas. Beberapa tatacara mengatasi:
1. Penanganan pertama merupakan yang dengannya menjarangi yang dengannya air Anget lantas diberikan obat anti inflamasi baik trombophop ataupun lain-lainnya. Hal yng barangkali rutin merupakan dijarangi yang dengannya air Anget serta oleskan kunir ataupun kapur sirih pada pagi serta sore hari.
2. Oleskan blimbing wuluh, bawang putih ataupun mentega.
Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Beberapa Tatacara Mengobati Paruh Ayam Patah/Lepas
Ayam Ngurak
Ayam ngurak. Beberapa tatacara mengatasi:
1. Pada masa rubah bulu, sebaiknya ayam diberikan Pakan Ayam Petelur yang dengannya kadar protein 16%, sedangkan pakan ayam yng lain Amat tak cocok, lantaran kandungan kalori serta protein yng terlalu terlebih. Hal ini ditujukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari terjadinya kegemukan pada ayam, yang berakibat penumpukan pada tulang dada serta hal ini akan Amat mengganggu stamina ayam.
2. Pada tatkala rubah bulu, ayam aduan tak memerlukan pemberian MINYAK IKAN yang berlebihan. Ini mampu dinilai dari sehelai bulu ayam yang memiliki kandungan 85% protein, 2.5% lemak, 1.5% serat kasar, 0.2% kalsium serta 0.75% phosporus (didasari penelitian Charoen Phokpand). Jadi yang dengannya dilihat komposisi kandungan bulu, maka ayam tak memerlukan minyak ikan. Akan tetapi pada tatkala rubah bulu,ayam lebih butuh protein, vitamin serta mineral yang cukup.
3. Pada waktu rubah bulu, ayam tak butuh tenggaran/umbaran yang rutin, ayam cukup diumbar 3 hari sekali saja bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengepakkan sayam serta melemaskan otot yang kaku. Memegang ayam yng berubah bulu pula harulah berhati-hati, lantaran bulu masih muda serta teras sakit bila dipegang. Serta lantas jangan sesekali ayam yng tengah berubah bulu dikumpulkan ataupun digabungkan yang dengannya ayam betina, lantaran bulu memiliki kandungan phosporus yang tinggi, yang adalah makanan yng paling diminati serta santapan lezat bagi ayam betina. Demikian pula bila dijadikan pemacek, maka perhatikan kebutuhan karbohidratnya, andai kekurangan maka napsu kawin akan menjadi menurun serta sebaliknya andai pemberian karbohidrat berlebihan maka ayam akan menjadi terlalu gemuk yng pula bisa menurunkan nafsu kawin.
4. Lantas, selama periode penggantian bulu yng umumnya memakan waktu beberapa bulan, jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperhatikan sangkar ayam, jangan sesekali menempatkan ayam yng mempunyai sudut2 sangkar yng cukup tajam yng bisa mengganggu pertumbuhan bulu dah malah mampu merusak bulu gampang yng baru tumbuh. Hal ini pula Perlu menjadi perhatian lantaran jangan hingga seluruh upaya keras kita di dalam melindungi pola makannya akan menjadi percuma belaka lantaran penempatan sangkar ayam yng tak tepat. Yang dengannya kata lain, bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam yng tengah mengalami penggantian bulu, mulai dari makanan, pengumbaran, serta penempatan kandangnya tetap Perlu menjadi perhatian kita supaya proses penggantian bulu bisa berjalan yang dengannya sempurn
5. Setiap pagi mandikan dgn air beras + bawang merah. Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Poin-Poin Merawat Ayam Aduan Mabung/Ngurak/Nyulam/Rubah Bulu
Sekian dulu, baca lagi pada part 2 nya. Mudah-mudahan memberikan manfaat. Salam penghobi ayam laga.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.hobiayam.web.id/2016/06/menjadi-dokter-ayam-aduan-part-1.html.

Seputar Menjadi Dokter Ayam Aduan : Part 1

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menjadi Dokter Ayam Aduan : Part 1