Pemeliharaan Ayam Kampung Sistem Cages atau Kandang Box

- 13.42

Pemeliharaan Ayam Kampung Sistem Cages atau Kandang Box

 

PEMELIHARAAN AYAM KAMPUNG ASLI / JOPER SISTEM CAGES atau KANDANG BOX

Metoda baru pemeliharaan ayam kampung asli / joper system cages sangkar box ini saya realese sesudah melalui pengamatan, pemikiran serta penelitian mendalam. Dengan system box cages ini peternak akan memperoleh keuntungan lebih, lantaran ayam kampung dipelihara dalam luasan box dibatasi, menjadikan seluruh ke hidup-an ayam teratur, pakan teratur, kompetisi teratur menjadikan seluruh ayam memiliki peluang tumbuh percis serta pada akhirnya pertumbuhan jadi lebih cepat serta berat badan rata. BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM
Pada prinsipx ayam kampung mulai umur 1 hari dipelihara dalam sangkar berbentuk bok dengan ukuran lebar 100 cm, tinggi sangkar box 60~80 cm, panjang sangkar sepanjang mengikuti panjang bangunan. Tinggi kaki sangkar box dibuat 60 cm dari tanah. Panjang sangkar diatur per set sepanjang 4 m dengan disekat jadi 2 bagian dengan @ 2 m / bagian. Setiap set sangkar mampu dipasang secara seri (bersambung) sepanjang bangunan sangkar da pula mampu diatur secara paparel (berjejer) menjadi pasangan berdampingan 2 baris. Pada sangkar cages bok ini pada bagian depan dipasang paralon 4” / 2 menjadi tempat pakan serta diatasx dipasang paralon 2,5” / 2 menjadi tempat minum. Pada ujung sebelah sini dipasang kran air masuk serta di sebelah ujung sana dipasang diatur pebuangan air minum.
Pemasangan tempat makan minum ini kelak dipergunakan pada tatkala ayam mulai lepas pemanasan umur 2 minggu. Kalau diluar dugaan ayam tak cukup tinggi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggapai tempat air minum maka mampu dibagian belakang diberi ganjal bata merah supaya ayam mampu naik mencapai maupun meraih air minum.
Pada sangkar system cages bok ini dipakai menjadi sangkar brooder (pemanasan) waktu umur 0 ~ 2 minggu, lantas langsung dipergunakan menjadi sangkar pembesaran umur 3 minggu dst hingga masa panen. Pengaturan sbb :
  1. Pada tatkala masa brooder (pemanasan) diatur semisal telah saya tulis di tulisan atau artikel lain. Dengan kapasitas brooder 50 ekor / m2. Sesudah lepas pemanasan pada bagian samping penutup tirai dari terpal atau plastik dilepas. Pada lantai kertas semen dilepas menjadikan kotoran mampu langsung jatuh ke tanah dibawahx. Kandang diatur diberi pengait sekat, menjadikan pada nantinya mampu dipasangi sekat menjadikan tiap set sangkar ukuran 1 x 2 m mampu dikasih sekat menjadi 1 x 1 m jumlah 2 kotak per set sangkar.
  2. Sesudah lepas pemanasan kapasitas sangkar mulai diatur agak dikurangi dengan peraturan sbb :
    • Minggu ke 3 ~ 4 diatur : 25 ekor / m2
    • Minggu ke 5 ~ 6 diatur : 15 ekor / m2
    • Minggu ke 7 ~ 8 diatur : 10 ekor / m2
    • Minggu ke 8 ~ panen diatur : 6 ekor / m2.
  3. Pada tatkala ayam kampung mulai umur 4 minggu serta telah mulai mampu dibedakan jenis kelamin jantan betina maka telah mulai Perlu dipisah pisah sendiri sendiri antara kotak ayam jantan serta kotak betina.
  4. Dengan dipisah antara jantan betina dengan diatur pada petak tersendiri akan mmempunyai keuntungan sbb :
    • Ayam betina tak kalah kompetisi pakan menjadikan akan mampu tumbuh cepat serta pada akhirx berat badan rata.
    • Kalau berlangsung kompetisi jantan betina, terang yng betina akan kalah, serta bila berlangsung kematian biasax yng betina lantaran kalah.
    • Dengan pengaturan petak beda antara jantan serta betina, maka pada ayam jantan akan mampu dipanen lebih duluan. Contohnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai berat badan 1 kg maka jantan cuma akan memerlukan waktu 70 hari, tengah betina butuh waktu sekitar 80 hari.
  5. Dengan system cages box ini jauh lebih menguntungkan dari pada system litter. Lantaran semuax lebih teratur, terkontrol, melakukan program vaksinasi serta pengobatan pun akan lbih gampang
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN
Diharapkan para peternak ayam kampung pemula atau yng telah lama mampu mengadopsi system baru cages bok yng saya release ini demi menaikan kesuksesan peternak.

Sumber rujukan dan gambar : http://kandangayammodern.blogspot.com/2016/09/metoda-baru-pemeliharaan-ayam-kampung.html.

Seputar Pemeliharaan Ayam Kampung Sistem Cages atau Kandang Box

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pemeliharaan Ayam Kampung Sistem Cages atau Kandang Box