Pemilihan Bibit Budidaya Ayam Kampung Petelur

- 00.19

Pemilihan Bibit Budidaya Ayam Kampung Petelur

 
Keberhasilan sebuah budidaya ternak Amat bergantung dari jenis bibit yng dipilih. Khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam kampung peterlur penulis Amat menganjurkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilih jenis ayam KUB. Jenis ini diperoleh oleh Badan Litbang Pertanian, yng sudah diuji yang dengannya standar pemeliharaan yng tepat serta cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibudidayakan secaraa komersil. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempelroleh ayam KUB ini kamu mampu menghubungi Litbang Deptang alamat kontaknya mampu dilihat di web resminya.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM
Teknis pemilihan bibit bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya ayam petelur merupakan menjadi berikut:
Bakal Pejantan
  • Pastikan memilih ayam jantang yng sehat serta percis sekali tak memiliki cacat fisik
  • Secara kasat mata bisa dilihat pergerakannya lincah serta gesit
  • Tampilan fisiknya; tegap, bulu halus serta mengkilap, mata bening, sisik kaki teratur, kaki serta kuku bersih,
  • Terlihat pola pergerakan yng menunjukan mempunyai nafsu kawin yng tinggi
  • Pilihlah jantan berumur 1- 2,5 tahun, sudah mengeluarkan taji
  • Bila kita akan mengawinkan secara Inseminasi Buatan maka pilih pejantang yng tak mempunyai hubungan darah yang dengannya calon induk betina yng akan di Inseminasi. Serta sudah terlatih dalam pengambilan semen.

BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN
Bakal Induk
  • Pilih betina yng sehat serta dari riwayat sangkar yng sehat juga
  • Fisik sempurna tanpa cacat sedikitpun
  • Pastikan memuliki produksi yng tinggi, bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih akuratnya beli calon induk betina yng telah pernah bertelur minimal satu periode.
  • Kisaran umur sektar 7 sampai-sampai 8 bulan.
  • Barangkali akan lebih baik bila membeli induk yng tengah bertelur.

Memilih bakal induk ini butuh kehati-hatian yng Amat tinggi, karena Suka kita jumpai peternak yng tidak lebih sukses lantaran indukan yng orang-orang pelihara jarang bertelur malah tidak bertelur percis sekali. Oleh lantaran penulis lebih menganjurkan supaya kita memilih induk yng tengah bertelur.
Dalam pola pemeliharaan budidaya ayam kampung petelur volume perbandingan jantan serta betina yng tepat merupakan 1: 6 ataupun mampu pula 1: 5 dalam artian sekor pejantang yng baik mampu mengawini 6 ekor betina produktif. Perbandingan lebih dari itu tidak lebih dianjurkan lantaran tidak lebih produktif dalam bisnis budidaya ayam kampung petelur ini.
Bila kita memelihara indukan sejak DOC mampu jadi ada beberapa induk yng majir baik jantan ataupun betinanya. Itulah sebabnya kami lebih menganjurkan memilih bibit yng telah pasti bisa atau mampu berproduksi yang dengannya baik, hal ini jauh akan lebih menghemat biaya daripada Perlu memelihara ayam sejak DOC yng rentan terhadap penyakit serta ketidak pastian akan produksi telur. Mudah-mudahan berguna…

Sumber rujukan dan gambar : http://kandangayammodern.blogspot.com/2016/09/pemilihan-bibit-budidaya-ayam-kampung.html.

Seputar Pemilihan Bibit Budidaya Ayam Kampung Petelur

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pemilihan Bibit Budidaya Ayam Kampung Petelur