Cara memulai usaha ternak ayam potong agar sukses

- 23.03

Cara memulai usaha ternak ayam potong agar sukses

 
Usaha ayam potong ataupun Suka disebut yang dengannya ayam broilersudah dikenal umum di seluruh tanah air. Permintaan protein hewani makin meningkat dari hari ke hari terkadang membuat harga produk peternakan ini makin tidak murah lantaran tak diimbangi yang dengannya produksi yng cukup. Coba perhatikan harga jelang lebaran, umumnya harga akan melambung tinggi sampai-sampai mencapai Rp. 40.000/ kg, padahal biaya produksinya cuma Rp. 10 – 15 ribu / Kg.
Dari selisih harga jual serta biaya produksi yang telah di sebutkan saya yakin kamu akan makin tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk memulai usaha ternak ayam potong ini. Permasalahannya, apakah kamu telah memahami seluk beluk bidang usaha budidaya ini? Andai niat kamu cuma lantaran melihat sisi laba yng bisa diperoleh tanpa memahami sektor resiko sebaiknya urungkan saja niat yang telah di sebutkan. Resiko usaha ternak broiler Amat tinggi, malah lebih tinggi dari ayam petelur.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu goresan pena di artikel ini saya akan coba membahas ihwal tatacara memulai usaha ternak ayam pedaging sekalian pemaparan ihwal tatacara budidaya serta resiko yng Suka menimpa peternak.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN
Secara umum usaha budidaya ini mempunyai 2 system:
  1. Usaha mampu berdiri diatas kaki sendiri
  2. Kemitraan ternak ayam broiler
Usaha mampu berdiri diatas kaki sendiri pengertiannya seluruh komponen budidaya ternak ditanggung oleh si peternak. Yang dengannya kata lain, kamu secara pribadi bertanggung jawab mulai dari proses pembuatan sangkar, penyediaan bibit, makanan, obat-obatan, perawatan, panen sampai-sampai pemasaran. Keuntungan budidaya broiler secara mampu berdiri diatas kaki sendiri ini merupakan si peternak mendapatkan keuntungan penuh sesuai yang dengannya harga pasar. Kelemahannya merupakan si peternak menanggung seluruh resiko usaha secara penuh; semisal penangan penyakit sampai-sampai rumitnya memasarkan hasil ternak. Lantaran kelemahan ini dia maka hadir perusahaan kemitraan ayam broiler.
Usaha kemitraan ayam potong merupakan melaksanakan usaha budidaya secara bahu membahau antara perusahaan menjadi Inti yang dengannya peternak menjadi plasma. Pada system usaha ini peternak cuma berkewajiban menyediakan sangkar yang dengannya skala ditetapkan oleh perusahaan inti serta merawat ayam sampai-sampai masa panen tiba. Kelebihan usaha kemitraan broiler merupakan peternak cuma butuh modal membangun sangkar, dan memperoleh pendampingan dalam perawatan dan penanganan kebugaran atau kesehatan ayam broiler dari perusahaan inti, pula mendapatkan jaminan pemasaran . Kelemhannya merupakan peternak tak leluasa menentukan harga jual, dimana harga jual bukanlah harga pasaran melainkan harga kontrak yng sudah ditetapkan bersama antara perusahaan yang dengannya plasma.
Yang akan di sajikan kali ini langkah-langkah memulai budidaya ayam broiler:
  1. Mendirikan sangkar, dipersiapkan mulai dari izin sampai-sampai tata letak yng baik sesuai yang dengannya arat matahari pula kecenderunagn arah angina. Ayam broiler cukup rentan yang dengannya kondisi iklim menjadikan butuh dipertimbangkan arah sangkar.
  2. Pada pendirian sangkar pula Perlu diperhatikan sumber air dan listrik.
  3. Andai sangkar telah siap maka pasang perlengkapan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyambut kedatangan DOC ayam potong lebih-lebih menyangkut penghangat, sekat serta litter yng cukup. Siapkan pula perlengkapan makan serta minum khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak ayam.
  4. Selama 14 hari pertama peternak tak boleh jauh-jauh dari sangkar, karena masa ini Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk keberhasilan usaha.
  5. Melaksanakan vaksinasi minum/ tetes pada waktu yng tepat 7, 14 serta 21 hari.
  6. Selama 14 hari pertama secara perlahan dikontrol suhu ruangan sangkar siang malam. Cara simpel perhatikan kondisi anak ayam, andai bergeromol (berkumpul-kumpul) berguna suhu sangkar terlalu rendah, bila menyebar secara merata berguna suhu sangkar telah sesuai yang dengannya kebutuhan anak ayam.
  7. Seusai 14 hari perawatan menjadi lebih gampang, dimana peternak cuma butuh melakukan kontrol pemberian pakan 2 kali sehari saja, hal ini berlaku sampai-sampai masa panen.
  8. Pemberian antibiotik serta vitamin pada minuman ayam diberikan dari hari ke 5 sampai-sampai 10 hari sebelum masa panen. Khusus vitamin bisa diberi sampai-sampai masa panen.
Itulah secara umum tatacara beternak ayam potong dari hari ke hari yng butuh diperhatikan setiap kita yng ingin memulai usaha budidaya ini. Lebih tidak lebih silahkan sampaikan melalui frm komentar ataupun hubungi author melalui contact, Terimakasih.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM


Sumber rujukan dan gambar : http://kandangayammodern.blogspot.com/2016/09/cara-memulai-usaha-ternak-ayam-potong.html.

Seputar Cara memulai usaha ternak ayam potong agar sukses

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara memulai usaha ternak ayam potong agar sukses