Mengenal Sejarah dan Asal Usul Ayam Bangkok

- 07.18

Mengenal Sejarah dan Asal Usul Ayam Bangkok

 
Hobi ayam aduan memanglah sudah lama dikenal oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Nusantara. Hobi ini malah diketahui sudah ada semenjak zaman Kerajaan Majapahit. Beberapa cerita rakyat yng melegenda sampai-sampai kini, semisal kisah Kamandaka, Ciung Wanara, dan Cindelaras mampu menjadi bukti sejarah bahwasanya hobi ayam tarung merupakan hobi yng berakar dari budaya nenek moyang di masa silam.
Namun, terlepas dari sejarah dan asal usul budaya adu ayam di nusantara, keberadaan ayam bangkok menjadi ayam petarung paling handal diketahui tenyata muncul dari kebudayaan bangsa lain dan baru dikenal warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Indonesia seusai terjadinya hubungan antar bangsa pada masa perdagangan di masa silam. Berikut, kita akan membahas wacana sejarah dan asal usul ayam bangkok yang telah di sebutkan!

Asal Usul Ayam Bangkok

Hobi ayam aduan pertama kali dikenal di Tiongkok, tepatnya pada 1400 SM. Pada masa itu, bangsa Tiongkok sukses mengkawin-silangkan ayam kampung yang dengannya beragam jenis ayam berkemampuan laga yng berasal dari Thailand, Vietnam, India, Myanmar, dan Laos. Ayam-ayam petarung hasil persilangan yang telah di sebutkan mempunyai kemampuan duel yng luar biasa. Hal ini lantas memicu hobi adu ayam makin luas dan kian diminati.
Sejarah dan Asal Usul Ayam Bangkok
  1. Tips Memilih Bibit Anakan Ayam Bangkok
  2. Jenis jenis Ayam Aduan
  3. Tanda Ayam Bangkok Betina yng Baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk Indukan

Populernya hobi ayam aduan di daerah-daerah semenanjung Pasifik membuat tidak sedikit orang melakukan riset dan penelitian bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan jenis ayam aduan yng mempunyai kualitas. Pencarian bibit-bibit unggul di lakukan ke seluruh penjuru negeri bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjumpai jenis ayam petarung yng kemampuan duelnya lebih baik.
Pencarian yang telah di sebutkan tak pernah terhenti, sampai-sampai akhirnya pada sekitar 2 abad yng lantas, ras ayam dari Thailand, bernama Leung Hang Qhao didapati. Ras ayam ini dia yng kita kenal saat ini yang dengannya nama “Ayam Bangkok”.
Leung Hang Qhao ataupun ayam bangkok merupakan ras ayam hutan yng punya beberapa kelebihan menjadi ayam petarung. Ia mempunyai gerakan yng cepat, kecerdikan disaat bertarung, dan memiliki pukulan yng mematikan.
Sesudah ayam bangkok ini selalu menang tatkala diadu yang dengannya aneka macam ayam unggul hasil persilangan orang-orang Tiongkok, kepopuleran ayam bangkok menjadi ayam tarung mempunyai kualitas makin meningkat.
Kepopuleran ayam bangkok ini lambat laun terdengar oleh pehobi-pehobi ayam nusantara. Orang-orang lantas berlomba lomba mendatangkan ayam bangkok impor dari Thailand bagi atau bisa juga dikatakan untuk diternak dan dikawinsilangkan yang dengannya ayam domestik (lokal) miliknya. Hasil kawin silang ini dia yng lantas saat ini tidak sedikit menyebar di nusantara.

Asal Usul Ayam Bangkok Ayam Pakhoy

Perkembangan sejarah ayam bangkok di masa modern ditandai yang dengannya penemuan jenis-jenis ayam aduan baru, baik dari hasil kawin silang, ataupun dari hasil pemuliaan. Tatkala ini, ayam aduan taklah dibatasi cuma pada jenis ayam bangkok. Beberapa jenis ayam petarung modern lain-lainnya, semisal ayam pama, ayam siam, ayam birma, ayam saigon, ayam brazil, ayam shamo, ayam filiphina, dan ayam pakhoy telah bisa kita peroleh, tentunya yang dengannya keunggulan dan kelemahannya masing-masing.
Di antara jenis ayam aduan modern di atas, yng paling terkenal dan diminati tatkala ini merupakan jenis ayam bangkok pakhoy. Ayam pakhoy –mampu disebut pakhoe ataupun packoi merupakan keturunan ayam hutan yng disilangkan yang dengannya ayam bangkok. Pakhoi sendiri pengertiannya merupakan penumpas setan. Ayam ini terkenal lantaran kemampuan laganya yng luar biasa yang dengannya teknik tarung yng susah diprediksi. Nama “penumpas setan” diberikan padanya seusai ia sukses menumbangkan beberapa ayam aduan kelas berat dari jenis birma, saigon, dan lain sebagainya. Kendati begitu, jumlah ayam pakhoy di nusantara sampai-sampai kini masih dibatasi.
Nah, demikianlah sejarah dan asal usul ayam bangkok dan seluk beluk ayam aduan yng bisa kami sampaikan. Hobi ayam bangkok yng berawal dari daratan Asia Timur tatkala ini sudah berkembang ke seluruh dunia. Beberapa negara di Eropa dan Amerika, hobi ini mulai diminati dan dikembangkan. Andai di negara-negara lain saja, hobi ayam bangkok terus dikembangkan, maka sepatutnya menjadi bangsa yng salah satunya paling awal mengenal ayam aduan kita terus bisa melestarikan hobi ini. Mudah-mudahan memberikan manfaat!

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ayambangkok.web.id/2016/06/sejarah-dan-asal-usul-ayam-bangkok.html.

Seputar Mengenal Sejarah dan Asal Usul Ayam Bangkok

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Sejarah dan Asal Usul Ayam Bangkok