Cara Mengobati Ayam Bangkok Yang Pilek Agar Cepat Sembuh

- 13.16

Cara Mengobati Ayam Bangkok Yang Pilek Agar Cepat Sembuh

 
Pada tatkala musim pancaroba, ayam bangkok aduan kesayangan umumnya akan mengalami pilek. Penyakit pilek pada ayam bangkok ini oleh para ahli lazim disebut penyakit snot ataupun coryza. Penyakit yang telah di sebutkan penyebabnya yaitu oleh inveksi bakteri Haemophillus galanarum pada saluran pernapasan ayam.
Mengingat angka kematian ayam lantaran penyakit ini Amat tinggi, yakni mencapai 30%, pemahaman mengenai teknik pengobatan serta perawatan ayam yang sakit pilek mutlak Perlu dimiliki oleh kita selaku para pehobi ayam aduan. Yang akan di sajikan kali ini, saya sudah menguraikan beberapa obat ayam pilek serta tatacara membuatnya untuk kita pahami bersama.

Obat Ayam Pilek

Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa saja obat ayam pilek yang mampu dipakai, pertama kali yang Perlu kita ketahui merupakan gejala-gejala yang timbul pada ayam yang terserang pilek ataupun snot.
Obat Ayam Pilek
  1. Merawat Anak Ayam Bangkok agar bisa Cepat Besar
  2. Bisnis Ternak Ayam Bangkok yang Menjanjikan
  3. Jamu Ayam Bangkok sebelum Diadu
Adapun gejala yang timbul pada ayam yang terserang pilek didasari pengalaman saya antara lain:
  • Mata serta hidung ayam mengeluarkan cairan kental berwarna kuning serta berbau khas.
  • Ayam terlihat mengantuk, sayapnya turun serta menggantung.
  • Adanya pembengkakan di sekeliling sinus infra orbita.
  • Nafsu makan berkurang serta pertumbuhannya terhambat.
  • Ayam mengorok serta kesulitan bernafas.

Sesudah diketahui mengalami beberapa gejala yang telah di sebutkan, ayam bangkok bisa diobati yang dengannya obat ayam pilek dari jenis tradisional herbal yang mampu dibuat sendiri ataupun mempergunakan obat pilek khusus ayam yang dijajakan di toko obat. Akan tetapi, sebelum diobati ada baiknya Kamu mengkarantina ayam yang sakit yang dengannya ayam yang sehat. Letakan ia di sangkar yang berbeda supaya pilek tak menular pada ayam-ayam lain yang masih sehat.

1. Obat Ayam Pilek Tradisional

Mengobati ayam pilek mempergunakan bahan tradisional tidak sedikit disarankan oleh para botoh tua. Beberapa bahan yang biasa dipakai antara lain kencur, jahe, serta gula batu. Dalam pembuatannya, ada 2 resep obat ayam pilek yang mampu Kamu coba.
Resep pertama dibuat yang dengannya mencampurkan 150 gr tepung beras, 100 gr kencur yang telah ditumbuk halus, serta 1 jempol jahe yang telah diparut. Kesemua bahan yang telah di sebutkan dicampurkan sampai-sampai merata lantas dibentuk menjadi pil yang dengannya ukuran sebesar biji jagung. Jemur pil herbal itu serta berikan dua kali sehari setiap pagi serta sore menjadi obat ayam pilek yang mujarab.
Resep obat ayam pilek selanjutnya dibuat yang dengannya merebus 5 jari jahe dalam seliter air. Campurkan 5 sendok makan gula merah lantas didihkan selama 20 menit. Air sari jahe ini mampu dicampurkan yang dengannya air minum ayam yang tengah pilek.

2. Obat Ayam Pilek Kemasan

Pengobatan ayam bangkok yang pilek mempergunakan obat kemasan bisa di lakukan yang dengannya memberikan preparat sulfat, misalnya yang bermerk dagang sulfadimethoxine ataupun sulfathiazole. Selain itu, antibiotik semisal imequil, ultramycin, ataupun corivit pula efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab pilek snot.
Adapun bila kondisi pilek pada ayam terlihat telah parah, Kamu pula mampu memberikan suntikan Sulfamix dosis rendah (0,4 cc/kg berat ayam) menjadi obat ayam pilek yang dengannya efek yang paling mujarab. Pemberian obat ini mampu memberikan efek samping semisal ayam menjadi lemas beberapa hari.
Nah, itulah pemaparan mengenai obat ayam pilek untuk bangkok petarung kesayangan Kamu. Menyadari bahwasanya mencegah lebih baik dari pada mengobati, kami sarankan Kamu untuk rutin melindungi kebersihan serta kelembaban sangkar ayam bangkok Kamu lebih-lebih tatkala musim pancaroba. Lakukan hal yang telah di sebutkan andai Kamu tidak ingin seluruh ayam di sangkar Kamu mati seluruh. Mudah-mudahan berguna.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ayambangkok.web.id/2016/02/obat-ayam-pilek-bangkok.html.

Seputar Cara Mengobati Ayam Bangkok Yang Pilek Agar Cepat Sembuh

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mengobati Ayam Bangkok Yang Pilek Agar Cepat Sembuh