Perbandingan Keuntungan Pemeliharaan Ayam Kampung DOC vs Grower

- 04.03

Perbandingan Keuntungan Pemeliharaan Ayam Kampung DOC vs Grower

 
Maksud judul diatas dalah kita akan membandingkan biaya yng dikeluarkan dalam budidaya ayam potong, antara memelihara dari DOC yang dengannya membeli ayam grower (dara). Perbandingan tentu akan dititik beratkan pada harga DOC yng berlaku tatkala ini, biaya pakan yng dikeluarkan dan harga ayam grower di pasaran. Yang dengannya ada perbandingan yang telah di sebutkan mudah-mudaahan kita yng ingin memelai bisnis budidaya ayam kampung petelur mampu lebih gampang menentukan pemilihan bibit.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM
Harga DOC ayam kampung tatkala ini sekitar Rp. 4000 sampai-sampai 5000 rupiah per ekor, bila kita ingin memelihara 100 ekor berguna biaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk doc saja sekitar Rp. 400.000 (minimal). Biaya pakan dari umur 0 sampai-sampai 12 minggu (ayam grower) sebanyk biaya 2,5 kg pakan/ ekor (minimal), harga pakan tatkala ini Rp. 10.000/ kg berguna sampai-sampai umur 12 minggu kita mengeluarkan biaya pakan sebesar 25 ribu. Belum dihitung biaya teaga kerja, listrik dan lain sebagainya bagi atau bisa juga dikatakan untuk seekor ayam kita Perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 30.000.
Berapakah harga ayam grower (umur 12 minggu) tatkala ini? diluar dugaan harga ayam grower tatkala ini di pasaran cuma berkisar Rp. 25.000 – 40.000/ ekor. Bila keseluruhannya dihitung secara matematis maka biaya budidaya ayam kampung dari sejak DOC akan lebih besar bila dibandingkan langsung membeli ayam grower apalagi bila kita sanggup membeli ayam layer (minimal telah bertelur sekali).
Berikut perhitungan rinci sederhananya:
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemeliharaan sejak DOC:
Biaya vaksin dan obat/ ekor= diabaikan saja
Biaya listrik dan lain-lain = diabaikan
Harga DOC/ ekor = Rp. 4000,-
Biaya pakan sampai-sampai 12 minggu/ ekor = Rp. 25.000,-
Total = Rp. 29.000,-
Sedngkan harga ayam kampung umur 12 minggu di pasaran cuma berkisar 25 – 40 ribu saja. Ini berguna lebih hemat membeli grower ayam kampung daripada Perlu memelihara sejak DOC. Dalam konsep budidaya secara komersi seluruh biaya haruslah kit hitung termaasuk biaya resiko ketidak pastian (ayam sakit, dll). Cuma saja biaya awal bila kita memelihara sejak DOC akan lebih kecil daripada biaya awal andai Perlu membeli ayam kampug umur 12 minggu.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN
Dari pemaparan diatas ada dua kesimpulan yaitu:
  1. Biaya total budidaya ayam kampung sejak DOC lebih tinggi bila dibandingkan yang dengannya biaya pemeliharaan sejak anak ayam umur 12 minggu.
  2. Biaya awal budidaya ayam kampung sejak DOC lebih kecil daripada biaya awal bila kita budidaya sejak grower.

Itulah tidak banyak sharing hari ini mudah-mudahan memberikan manfaat, dan sampaikan saran ataupun pendapat lain melalui komentar di bawah.

Sumber rujukan dan gambar : http://kandangayammodern.blogspot.com/2016/09/perbandingan-harga-dan-biaya.html.

Seputar Perbandingan Keuntungan Pemeliharaan Ayam Kampung DOC vs Grower

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Perbandingan Keuntungan Pemeliharaan Ayam Kampung DOC vs Grower