Beberapa Cara Mengobati Ayam Aduan Lumpuh/Turun Urat

- 16.33

Beberapa Cara Mengobati Ayam Aduan Lumpuh/Turun Urat

 
Cara Mengobati Ayam Aduan Lumpuh/Turun Urat - Pernahkah kamu menjumpai ayam yng mendadak lumpuh tak berdaya? Ayam yang telah di sebutkan lemas, sayap lemas, ekor terlihat turun serta malah bagi atau bisa juga dikatakan untuk berdiri saja tak mampu. Masalah lumpuh pada ayam ataupun yng Suka kali disebut turun urat ini bisa penyebabnya yaitu oleh beberapa hal.
Penyebab ayam lumpuh diluar dugaan Amat beragam jenisnya, di antaranya merupakan menjadi berikut:
Lihat pula:
Menjadi Dokter Ayam Aduan : Part 1
Menjadi Dokter Ayam Aduan: Part 2
Menjadi Dokter Ayam Aduan: Part 3
• Ayam seusai di adu/abar langsung dimasukan sangkar box, seharusnya seusai diadu ayam yang telah di sebutkan di umbar dulu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperlancar peredaran darahnya.
• Ayam di kenai pukulan telak lawan di bagian tubuhnya yng sensitif. Penyebab ini dampaknya mampu langsung dirasakan tatkala itu pula, akan tetapi ada juga yng baru akan muncul pada beberapa hari lantas.
• Ayam memukul benda-benda keras, misalnya kayu ataupun batu disaat sedang bertarung.
• Ayam dipaksa bertarung tatkala umurnya masih terlalu muda ataupun ditarungkan yang dengannya ayam yng umurnya jauh lebih tua. Meski ayam muda pukulannya keras namun tetap kalah yang dengannya ayam yng lebih tua yng memiliki segudang pengelaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk memukul bagian tubuh yng sensitif.
• Ayam ditarungkan tanpa adanya persiapan matang ataupun ayam belum siap tarung namun tetap ditarungkan.
• Ayam terlalu Suka di adu/abar tanpa tercukupi nutrisi serta sumber energinya.
• Ayam mampu saja terkilir, kram ataupun apapun yng mampu memicu otot berkontraksi terlalu keras yng memicu kaki, sayap, maupun bagian lainya menjadi pegal serta susah digerakkan.
Cara Menanganinya
Langkah pertama menangani ayam yng lumpuh merupakan yang dengannya memisahkan ayam lumpuh yang dengannya ayam yng lain serta usahakan supaya sangkar ayam yang telah di sebutkan dalam keadaan yng Anget. Beberapa tatacara mengatasi ayam aduan lumpuh yng telah dikarantina:
1. Asupan Pakan, asupan pakan ayam Perlu benar-benar diperhatikan. Ayam yng lumpuh umumnya akan malas makan serta minum, oleh lantaran itu menjadi tuannya, penghobi Perlu menyuapinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kondisi perutnya supaya tak kosong.
2. Berikan air minum secara terus menerus tanpa terbatas, ayam aduan yng menahan rasa sakit tentu akan Amat butuh asupan air mineral yng tidak sedikit. Tanpa disuruhpun ayam aduan lumpuh akan minum yang dengannya lahapnya disaat menahan rasa sakit di satu dari sekian banyaknya bagian tubuhnya.
3. Diboboki/diloloh daun kemangi dicampur ragi tape.
Lihat pula:
Beberapa Cara Mengobati Kurap/Jamur Pada Ayam Aduan
Beberapa Cara Mengobati Paruh Ayam Aduan Yng Patah/Lepas
Beberapa Cara Mengobati Penyakit Manik/Goham Pada Ayam Aduan
4. Obat Tradisional. Cara membuatnya yakni sediakan bawang merah, cabe merah, serta jahe yang dengannya perbandingan 1 : 2 : 2. Seluruh bahan ditumbuk halus lantas cekoki ayam yang dengannya obat ramuan yang telah di sebutkan. Lakukan sehari sekali tatkala malam hari. Andai di pagi hari ayam belum terlihat perubahannya, lakukan terus berulang-ulang sampai-sampai ayam sembuh total.
5. Multivitamin. Selain yang dengannya menerapkan pengobatan, ada baiknya ayam yng lumpuh pula diberi multivitamin khusus. Multivitamin penting diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kekebalan tubuhnya yng melemah akibat malas makan. Adapun merk multivitamin yng tidak sedikit dianjurkan menjadi obat ayam lumpuh oleh para botoh merupakan multivitamin Jalu Aji Ginseng Plus ataupun Becomp Plus. Obat yang telah di sebutkan bisa atau mampu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki jaringan syaraf yng rusak,sakit,terkilir dan membantu menaikan metabolisme tubuh ayam supaya selalu prima.
6. Daun Serai. Daun serei mampu memberikan efek normalisasi kesalahan yng ada pada struktur urat ayam. Cara mempergunakannya yakni yang dengannya menempelkan daun serai yng ditumbuk pada bagian yng terlihat sakit pada ayam. Penempelan di lakukan yang dengannya bantuan kain perban selama 1 hari Perlu diganti yang dengannya daun yng baru. Ulangi langkah yang telah di sebutkan hingga sembuh.
7. Memijat bagian tubuh ayam yng sakit yang dengannya salep ataupun minyak tawon, lebih-lebih andai pengobatan yang dengannya daun serai tak di lakukan. Hindari memandikan ataupun menjemur ayam hingga kondisi ayam lumpuh benar-benar pulih. Usahakan sangkar ayam selalu dalam keadaan Anget di malam hari. Tatacaranya yakni yang dengannya menyelambuinya sangkar bagian luar yang dengannya kain rapat. Berikan obat penambah darah 1 tablet 2 hari sekali supaya tubuhnya tetap fit. Obat penambah darah yng mampu diberikan misalnya Sangobion. Berikan juga bawang merah 1suing setiap pagi bagi atau bisa juga dikatakan untuk nafsu makan ayam aduan yng lumpuh bisa tetap terjaga.
8. Andai ayam telah terlihat membaik, hentikan pemberian obat serta jemurlah ayam aduan lumpuh yang dengannya tatacara memandikannya yang dengannya air Anget berlebi dahulu.
Jamu tradisional
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah terjadinya ayam lumpuh mampu diberikan jamu tradisional bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam. Berikut langkah-langkah membuatnya:
Bahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat jamu ayam aduan yng dibutuhkan :
1. Jahe instan 100 gram ataupun 3 ons jahe basah ditumbuk halus
2. Kunyit instan 100 gram ataupun 3 ons kunyit basah ditumbuk halus
3. Kencur instant 100 gram ataupun 3 ons kencur basah yng ditumbuk halus
4. Temulawak instant 100 gram ataupun 3 ons temulawak basah yng ditumbuk halus
5. 1 sendok the merica bubuk
6. 3 butir telur bebek / ayam kampung
7. 200 gram kalk / great menjadi sumber mineral calcium
8. 500 gram tepung ikan kualitas yng tidak jelek alias bagus
9. 500 gram konsentrat bebek / ayam petelur
10. 511 ataupun pur makanan ayam secukupnya
11. 1 bungkus anda kuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita-kita
Cara membuat jamu ayam aduan pencegah penyakit lumpuh ayam :
• Campukan seluruh bahan kecuali pur ayam serta telur.
• Sesudah tercampur merata tambahkan telur serta aduk merata.
• Tambahkan pur ayam serta pula tambahkan air secukupnya hingga bahan bahan yang telah di sebutkan membentuk suatu adonan yng bisa di bentuk bulat sebesar kelereng.
• Andai seluruh adonan telah terbentuk silahkan di jemur hingga kering, seusai kering siap diberikan pada ayam bangkok.
• Akan lebih tidak jelek alias bagus lagi andai pakan ayam yang diberikan ditambah pakananan yng tidak sedikit memiliki kandungan kalsium, fosfor, vit A, vit D, vit B12.
Sekian tulisan atau artikel di artikel ini, mudah-mudahan mampu memberikan manfaat.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.hobiayam.web.id/2016/06/beberapa-cara-mengobati-ayam-aduan.html.

Seputar Beberapa Cara Mengobati Ayam Aduan Lumpuh/Turun Urat

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Beberapa Cara Mengobati Ayam Aduan Lumpuh/Turun Urat