Tambah Keuntungan Ternak Ayam Broiler Dengan Efisiensi Pakan Ternak

- 09.16

Tambah Keuntungan Ternak Ayam Broiler Dengan Efisiensi Pakan Ternak

 
Ternak ayam broiler bisa atau mampu memebri keuntungan andai kita mampu mengoptimalisasi penggunaan pakan. Kenapa cuma pakan? Lantaran alokasi biaya terbesar pada budidaya ayam pedaging ini terdapat atau terletak pada biaya pakan. Biaya pakan hampir 75 % dari total biaya yng dikeluarkan per periode. Oleh lantaran itu andai kita ingin mendapatkan laba maka Perlu berpikir cerdas dalam memberikan pakan.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM
Baik system kemitraan ataupun mampu berdiri diatas kaki sendiri teknik pemberian pakan Perlu benar-benar diperhatikan. Bagi kamu yng memelihara ayam broiler yang dengannya system kemitraan, barangkali metode pemberian pakan telah diajarkan oleh technical service dari pihak perusahaan inti, akan tetapi bagi kamu membudidayakan broiler secara mampu berdiri diatas kaki sendiri tentu saja Perlu menerapkan metode sendoro secara otodidak ataupun membaca dari buku-buku praktis wacana tata tips ternak ayam pedaging ini.
Dasarnya memang baik itu budidaya broiler kemitraan ataupun mampu berdiri diatas kaki sendiri tetap saja ada mungkin ketidak efisienan dalam memberikan makan ayam. Serajin apapun technical service datang ke sangkar tetap saja ada mungkin para pekerja sangkar melakukan kelalaian. Oleh lantaran itu butuh pemanfaatan alat dimana bisa mengontrol pemberian pakan sampai-sampai lebih efisien. Dalam hal ini saya memanglah lebih mengedepankan penggunaan alat-alat sangkar modern, baik temapt pakan ataupun temapt air minum ternak.
FCR singkatan dari Feed Conversion Ratio, pengertiannya perbandingan jumlah makanan total per periode yang dengannya berat panen total. Makin kecil tingkat FCR maka makin besar laba yng bisa diperoleh peternak broiler. Misalnya; dalam satu sangkar kamu mempunyai 5000 ekor ayam, dalam 1 periode kamu mampu mendapatkan total panen sebanyk 7,5 ton, serta menghabiskan pakan sebanyk 10 ton. Dari ambaran yang telah di sebutkan maka tingkat FCR kamu merupakan 10 dibagi 7,5 ataupun percis yang dengannya 1,33 (masih salah satunya tidak jelek alias bagus).
Nilai FCR paling baik merupakan 1, bisa diartikan pemberian pakan yng sanagat efisien dimana 1 kg pakan bisa menjadi 1 kg ayam broiler. Selama saya mengamati ternak ayam pedaging belum pernah ada peternak yng sukses mendapatkan tingkat FCR = 1, kamu pula tak butuh repot-repot mencarinya karena secara logika itu tak akan pernah ada. Nilai FCR masih mampu dikategorikan baik (tacking profit) merupakan antara 1, 2 sampai-sampai 1, 7 ada pula perusahaan inti yng menagtakan antara 1,2 sampai-sampai 2 akan tetapi intinya makin kecil tingkat FCR maka makin besar laba akan diperoleh peternak.
Singkat kata yang akan di sajikan kali ini tidak banyak tips bagi atau bisa juga dikatakan untuk efisiensi pemberian pakan pada ternak ayam broiler:
  1. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam broiler umur dibawah 2 minggu Perlu tidak banyak demi tidak banyak. Andai langsung diberi dalam jumlah tidak sedikit di tempat pakannya mampu dipastikan tidak sedikit pakan akan terbuang (sisia). Memanglah masa ini merupakan masa yng paling merepotkan dalam kegiatan budidaya broiler.
  2. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk broiler diatas 2 minggu telah mampu diberi pakan dalam jumlah tidak sedikit di tempat pakannya. Akan tetapi ingat jumlah pakan haruslah rasional, jangan lantaran kamu seorang pemalas maka kamu memberikan pakan cuma sekali sehari dalam jumlah tidak sedikit di temapt pakan. Paling penting diterapkan merupakan manajemen waktu memberikan makan serta penggunaan perlengkapan pakan serta minuman yng modern. Ingat harga pakan yng terbuang (berjatuhan dari sangkar) pasti lebih besar dari harga sebuah temapt makanan ayam otomatis (modern).
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN
Itulah dua cara paling penting diterapkan dalam efisiensi pemberian pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk optimalisasi keuntungan ternak ayam broiler di tiap periode. Lebih minimnya mari kita diskusikan di halaman ini melalui form komentar yng ada.

Sumber rujukan dan gambar : http://kandangayammodern.blogspot.com/2016/09/optimalisasi-keuntungan-ternak-ayam_19.html.

Seputar Tambah Keuntungan Ternak Ayam Broiler Dengan Efisiensi Pakan Ternak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tambah Keuntungan Ternak Ayam Broiler Dengan Efisiensi Pakan Ternak