Cara Mengatasi Gurem/Kutu Pada Ayam Aduan

- 16.33

Cara Mengatasi Gurem/Kutu Pada Ayam Aduan

 
Tentu telah tidak asing lagi bagi para pemelihara ayam khususnya ayam aduan wacana gurem/kutu. Yup, tentu saja lantaran ayam aduan mempunyai bulu menjadikan memungkinkan adanya kutu. Namun bila kutu sudah berlebihan ataupun terlalu tidak sedikit sampai-sampai ratusan ribu kutu aneka macam jenis serta warna (merah, hitam, dll) pada satu ekor ayam tentunya akan membuat ayam yang telah di sebutkan tidak nyaman dan lemas, sakit, serta akhirnya mati. Hayalkan saja ratusan ribu kutu bersarang di sela-sela bulu ayam sampai-sampai wajahnya pun tidak luput oleh kutu.
Tatkala memelihara ayam aduan, adanya hama merupakan sesuatu yng Amat merugikan oleh para peternak ataupun penghobi ayam laga. Lebih-lebih disaat hama yang telah di sebutkan menyerang pada tatkala ayam betina yng tengah mengerami telurnya yng disebut menjadi gurem. Barangkali sebutan gurem ini tidak sedikit dipergunakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggambarkan sesuatu mahluk kecil yng membuat repot ataupun risih. Gurem (Dermanyssus Gallinae) yng berfamilia : dermanyssidae merupakan sejenis tungau yng menyerang ayam aduan.
Lihat pula: Manfaat Enceng Gondok serta Jangkrik Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ayam Aduan Kegunaan Daun Sirih Terhadap Ayam Aduan
5 Manfaat Daun Binahong Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ayam Aduan
Seekor induk betina ayam aduan mulai mengeram sesudah bertelur sebanyk 8-15 butir. Dalam pengembangbiakan ayam aduan umumnya peternak lebih tidak sedikit menetaskan telur melalui pengeraman pada induknya. Selain gampang serta murah, orang-orang lebih meyakini bahwasanya hasil anak ayam memiliki kondisi yng baik daripada melalui mesin penetas. Di antaranya merupakan kontruksi tulang lebih kokoh serta kuat. Selain itu, peternak praktis tak tidak sedikit mengeluarkan tenaga serta biaya. Dalam proses pengeraman alamiah ini, ayam yng tengah mengerami telurnya tidak lebih aktif bergerak menjadikan membuat gurem nyaman serta betah disini. Pada siang hari, gurem bersembunyi ataupun bertelur di sela-sela dinding ataupun tumbuhan di sekeliling sangkar. Serta pada malam harinya orang-orang akan mengerubuti ayam aduan yng tengah mengerami telurnya.
Hama ayam aduan pada biasanya merupakan binatang yng Suka mengganggu ataupun menempel pada bagian tubuh ayam sembari menghisap sari-sari makanan dari tubuh ayam yang telah di sebutkan. Dampak dari hama sebetulnya tak langsung memicu kematian namun Amat merugikan, karena bisa mengganggu kenyamanan ayam menjadikan pertumbuhan serta produktivitasnya berkurang.
Gurem adalah parasit yng Suka menyerang ayam pada waktu mengeram, menjadikan memicu gejala gatal-gatal yng luar biasa di sekujur tubuh. Serta tentu saja mengganggu masa pengeraman serta mampu menghasilkan telur tak menetas.
Baca Pula: Manfaat Daun Kelor Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ayam Aduan Mengobati Ayam Ngorok Yang dengannya Obat Tradisional
Adapun gejalanya merupakan menjadi berikut :
  • Pada awal mulanya, ayam terasa gatal-gatal lebih-lebih pada bulu ekornya.
  • Disaat kondisinya makin parah, rasa gatal itu melanda seluruh permukaaan tubuh.
  • Umur ayam yng diserang:
  • Gurem pada biasanya menyerang ayam yng tengah mengerami telornya, namun bila gurem yang telah di sebutkan terlalu tidak sedikit, ayam-ayam yng tak mengerampun akan diserang juga.
  • Cara penularannya:
  • Kontak langsung yang dengannya antara ayam yng tengah mengidap gurem yang dengannya yng tak.
  • Adanya angin yng membawa terbang gurem-gurem pada ayam yng tengah mengeram ke sangkar ayam lainya.
Versi 2:
  • Wajah menjadi putuh pucat
  • Sayap turun, serta lemas
  • Terdapat tidak sedikit kutu ratusan ribu sampai-sampai di wajahnya.
  • Tak mau mengerami telurnya.
  • Kutu sudah menjalar ke seluruh sangkar dan telur serta jeraminya.
Cara mengatasi gurem :
  • Secara fisis : Jerami ataupun merang tempat mengeram hendaknya selalu baru serta sebelumnya sudah di jemur dibawah sinar matahari.
  • Secara Mekanis : Jerami yng suda dihinggapi gurem dibakar serta sarang disemprot yang dengannya insektisida yng tak rawan bagi ayam
  • Secara Kimiawi : Mempergunakan coumaphos 0,25 sebanyk 0,8-1 galon bagi atau bisa juga dikatakan untuk 100 ekor ayam serta yang dengannya tips disemprot
Pula mampu mempergunakan carbaryl yang dengannya dosisi 6,25 gr yng dilarutkan dalam 3 liter air bagi atau bisa juga dikatakan untuk 33 ekor ayam, serta efektif membunuh dalam waktu tidak lebih dari 15 menit.
Ataupun mempergunakan malathion, yang dengannya dosisi serbuk malathion 4-5%, satu pound tiap ekor ayam. Andai dalam bentuk semprotan, dosisnya 0,5% dicampur yang dengannya satu galon air bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap ekornya.
Cara versi 2: menghilang-kan kutu/gurem pendapat dari pengalaman saya:
  • Ambil Oli bekas kendaraan beroda empat/motor.
  • Basuhkan tangan kamu serta lumuri dan pijat yang dengannya halus ke tubuh / wajah ayam kate yng terdapat kutu, namun jangan hingga di kenai mata ayam dan jangan di celup ataupun dimandikan oli.
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan pada sangkar cukup ambil kuas lantas oleskan pada seluruh sangkar.
  • Ayam di kenai kutu tentunya akan pucat serta lemas. Obati ayam yang dengannya obat yng biasa dijual umum semisal Enro-B cukup 3 tetes 2x selama 2 hari.
  • Seusai ayam terlolesi oli, ambil tembakau lantas oleskan pula secara merata pada tubuhnya dan taburkan tembakau pada kandangnya.
  • Tunggu perkembangan, gampang mudahan ayam kate kamu akan sembuh.
NB: Oli serta tembakau merupakan perpaduan ampuh mengusir kutu./gurem
Sekian serta thanks. Salam penghobi ayam laga.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.hobiayam.web.id/2015/10/cara-mengatasi-guremkutu-pada-ayam-aduan.html.

Seputar Cara Mengatasi Gurem/Kutu Pada Ayam Aduan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mengatasi Gurem/Kutu Pada Ayam Aduan