Penyakit Ayam Kampung Dan Pengobatannya Yang Benar

- 23.58

Penyakit Ayam Kampung Dan Pengobatannya Yang Benar

 
Satu dari sekian banyaknya faktor kegagalan dalam usasha budidaya ayam kampung merupakan penyakit. Secara umum penyakit pada unggas penyebabnya yaitu oleh tiga hal yaitu: bakteri, virus serta parasit. Penyakit ayam kampung yng penyebabnya yaitu oleh parasit pada biasanya yang dengannya gampang bisa disembuhkan berbeda halnya yang dengannya penyakit yng penyebabnya yaitu oleh virus serta bakteri.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM
Ada beberapa penyakit ayam kampung yng penyebabnya yaitu oleh bakteri tak bisa disembuhkan, akan tetapi bisa dicegah fenomena serta penularannya. Pencegahan penyakit adalah satu dari sekian banyaknya manajemen terpenting dalam budidaya ternak unggas. Yang akan di sajikan kali ini beberapa penyakit ayam kampung yng penyebabnya yaitu oleh bakteri:
CRD (Chronic Respiratory Disease).
Penyakit ayam kampung ini pula bisa menular pada seluruh jenis unggas, penyebabnya yaitu oleh bakteri. CRD ini umum kita jumpai pada peternakan ayam broiler di daerah panas (dataran rendah), memanglah dari beberapa penelitian mengujarkan bahwasanya penyakit ini gampang menjangkit terhadap ayam yng dipelihara pada daerah yang dengannya suhu tinggi, kelembaban yng terlalu tinggi, minimnya sirkulasi udara (ventilasi tidak lebih baik), intinya kebersihan sangkar yng tidak baik adalah pemicu utama munculnya penyakit CRD ini.
CRD pada ayam kampung/ broiler dikenal pula yang dengannya sebutan penyakit ngorok, lantaran tanda yng paling gampang dikenali yaitu adanya ngorok pada ayam. Di lapangan, penanganan CRD ini hampir tak pernah tuntas, mampu kita lihat setiap periode budidaya ayam broiler selalu ada kasus ngorok ini.
Sebetulnya sebuah peternakan mampu saja bebas dari penyakit CRD ini, asal memanglah benar-benar serius menangani masalah kebersihan, sanitasi serta sterilisasi sangkar dari lingkungan luar (baik orang ataupun barang). Misalnya mampu kita lihat peternakan yng ada ayam penghasi DOC miliknya Pokphan, disana tak kita temukan adanya ayam di kenai CRD.
Penyakit ngorok pada ayam kampung ini Amat menular ke sesama unggas, oleh lantaran itu dalam pedoman dasar budidaya ayam kampung Amat dianjurkan supaya membangun sangkar yng jauh dari sangkar unggas lain semisal ayam broiler serta bebek. CRD bisa menular melalaui perantara; air liur, litter, perlengkapan sangkar, pakan, goni pakan, tansportasi serta pula udara.
Tanda utama penyakit CRD (ngorok) pada ayam kampung: adanya lendir berlebihan di sekeliling paruh ataupun hidung ayam, mulut Suka terbuka tatkala bernafas, tidak lebih selera makan, produksi telur menurun malah berhenti, terdengar bunyi ngorok tatkala ayam bernafas.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN
Pencegahan: bila telah ada ayam kampung yng di kenai maka segera pisahkan dari ayam sehat, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah terjadinya penularan massal bersihkan sangkar, bila mempergunakan litter maka ubah litter yang dengannya yng baru. Pencegahan di awal budidaya merupakan yang dengannya sterilisasi sangkar, vaksinasi serta disinfeksisasi setiap barang serta orang yng keluar masuk sangkar. Pengobatan bisa di lakukan yang dengannya pemberian LS 50 serta Quinolones (cari di toko obat ternak).

Sumber rujukan dan gambar : http://kandangayammodern.blogspot.com/2016/09/penyakit-ayam-kampung-dan-pengobatannya.html.

Seputar Penyakit Ayam Kampung Dan Pengobatannya Yang Benar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penyakit Ayam Kampung Dan Pengobatannya Yang Benar