USAHA AYAM POTONG

- 18.50

USAHA AYAM POTONG

 
USAHA AYAM POTONG
USAHA TERNAK AYAM POTONG
Daging ayam adalah daging favorit di negara kita. Hampir 100% orang Indonesia suka makan daging ayam, untuk itu adalah kesempatan yng Amat tidak jelek alias bagus berbisnis ternak ayam potong. Dulu pada waktu flu burung melanda dunia, usaha ini menjadi hancur. Karena tak ada yng berani makan daging ayam, menjadikan tidak sedikit para peternak yng gulung tikar. Saat ini berhubung issu flu burung telah tak ada, peluang mengawali usaha ini menjadi tidak jelek alias bagus. Saatnya saat ini ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali mumpung masi tidak sedikit kandang-kandang bekas yng telah tak dipakai oleh pemiliknya bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibeli yang dengannya harga murah dibandingkan yang dengannya membuat sangkar baru yng tentu lebih tidak murah. Bisnis ini umumnya di lakukan yang dengannya system kerja percis yang dengannya peternak pembibitan ayam potong. Menjadikan kamu tak butuh repot-repot menyadiakan bibit, pakan serta obat-obatan, lantaran seluruh sudah disiapkan oleh peternak pembibitan tadi. Yang dengannya system kerja percis ini kamu cuma menyiapkan sangkar beserta alat-alat bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemeliharaan ayam potong yang dengannya system bagi hasil 50%.Dalam bisnis pertanian, perkabunan, peternakan pokoknya agribisnis kita mempunyai kemudahan, karena tidak sedikit orang-orang yng ahli pada bagian ini lebih-lebih di desa-desa. Menjadikan tak ada kesulitan dalam mencari pekerja yng ahli, yang dengannya demikian kelancaran usaha ini mampu dijamin. Akan tetapi kendala yng umumnya dialami pada bisnis agribisnis merupakan pekerja yng nakal serta tak jujur. Namun hal ini jarang berlangsung karena orang-orang desa kebanykan jujur-jujur meskipun ada yng nakal namun tidak banyak. Akan tetapi Perlu pandai-pandai memilih pekerja yng jujur, jujur apa tidaknya pekerja bisa diketahui yang dengannya system penghitungan jumlah pakan yng dihabiskan berbanding jumlah hewan ternak, yang dengannya perhitungan tadi bisa juga diketahui berat ternak tanpa Perlu menimbangnya.
Langkah-langkah yng dibutuhkan
Mencari tempat yng tanahnya kering (bukan daerah persawahan) bagi atau bisa juga dikatakan untuk menempatkan sangkar yang dengannya tujuan supaya sangkar tak cepat rusak lebih-lebih sangkar yng tiang-tiangnya terbuat dari bambu akan cepat rusak andai tempat terdapat atau terletak pada tanah basah (lantaran sangkar dari tiang bambu murah), akan tetapi andai tiang-tiang sangkar terbuat dari kayu kelapa tak masalah dibuat di atas tanah basah lantaran memakai penyangga beton (sangkar bertiang kayu kelapa lebih tidak murah).
Usahakan mencari sangkar bekas bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibeli, karena berguna pernah dipakai menjadikan telah diperhitungkan oleh pemilik sebelumnya bahwasanya tempat sangkar tidak jelek alias bagus. Butuh diketahui apa penyebab sangkar bekas tadi berhenti dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk penanggulangan, namun umumnya para peternak ayam potong yng menutup usahanya kebanykan penyebabnya yaitu oleh kasus flu burung. Andai ini penyebabnya maka sangkar bekas yang telah di sebutkan baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai karena kasus flu burung telah reda (telah tak ada).
Andai tak menjumpai sangkar bekas, buatlah sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran isi 4000 ekor ayam. Umumnya telah ada tukang ahli dalam pembuatan sangkar yng memberikan jasa pembuatan sangkar lengkap yang dengannya perlengkapan tempat pakan, penghangat, tempat air minum, dll.
Jumpai peternak pembibitan ayam potong bagi atau bisa juga dikatakan untuk diajak kerja percis yang dengannya system bagi hasil. Yang dengannya system ini akan mempermudah dalam pengadaan seluruh yng dibutuhkan lantaran peternak pembibitan umumnya menyediakan kebutuhan-kebutuhan ternak yng lengkap serta tak butuh repot-repot dalam pemasarannya lantaran umumnya orang-orang yng beli kembali hasil panen lantas dihitung jumlah kebutuhan yng sudah dihabiskan baru seusai itu keuntungan dibagi. bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran sangkar isi 4000 ekor diisi yang dengannya 3700 ekor supaya sangkar menjadi lega.
Mencari pekerja yng bertugas mengurus pakan serta minuman ternak serta memelihara sesuai yang dengannya tips yng benar yang dengannya upah yng sesuai, bagi atau bisa juga dikatakan untuk 3700 ekor ayam dibutuhkan 2 orang pekerja (setiap satu orang diupah Rp600.000,-). Lantas usahakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk selalu datang mengontrol sehari-hari meskipun cuma sebentar setiap sore pada waktu ternak diberi pakan.
Proses kerja bisnis ini
Sehari sebelum bibit ayam didatangkan sangkar Perlu dipersiapkan, letakkan terpal pada seluruh lantai lantas sebarkan gabah padi di atasnya serta siapkan juga terpal ataupun sambungan karung-karung bagi atau bisa juga dikatakan untuk menutup rapat dinding sangkar. Ini bertujuan supaya sangkar tetap Anget. Lantas siapkan 40 karung pakan (setiap pengiriman pakan 40 karung, total pakan yng dihabiskan 260 karung per karung seberat 50kg).
Pada hari bibit ayam didatangkan siapkan triplek menjadi sekat yng dibuat melingkar yang dengannya ketinggian 60cm berdiameter 4 meter, sekat yang dengannya diameter yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung sekitar 600 ekor bibit ayam. Jadi bagi atau bisa juga dikatakan untuk 3700 ekor ayam dibutuhkan enam lingkaran skat.
Letakkan sebuah kompor penghangat (kompor khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk penghangat ayam) di tengah-tengah setiap lingkaran skat, lantas letakkan 15 tempat pakan (talam berdimeter 50cm) serta 8 unit tempat air minum di setiap skat.
Kasih pakan serta air minum setiap pagi serta sore, setiap sore air dicampur yang dengannya obat anti stress (disediakan oleh bos bibit). Sesudah 4 ataupun 5 hari ternak diberi vaksin Ende yang dengannya tips diteteskan pada mata ternak. Lantas tempat pakan (talam) diganti yang dengannya tempat pakan khusus ayam yng ditaruh yang dengannya menggantungkannya setinggi 2cm dari lantai sangkar serta terpal penutup dinding dibuka bagian atasnya. Sekat diperbesar sesuai yang dengannya kepadatan ternak yng makin besar.
Pada hari ke12 diberikan vaksin Rumboru yng dicampurkan pada susu skin (susu bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan bulu ayam), lantas alas sangkar (terpal serta gabah) dibongkar serta alat penghangat berhenti dipakai, lantas lingkaran skat serta terpal penutup dinding dibuka. Sangkar dibersihkan andai musim panas cukup sekali saja dibersihkan, akan tetapi andai musim hujan maka sangkar Perlu dibersihkan setiap seminggu seusai hari ke12. Skat diganti yang dengannya skat ruang sangkar yang dengannya bambu yng di buat di setiap jarak 10 meter diberi jarak 2 cm antara bambu-bambu skat, setiap sekat tetap berisi 600 ekor ayam, lantas tempat pakan ditambah menjadi 26 unit serta digantungkan lebih tinggi dari permukaan lantai sangkar menjadi 6 cm.
Pada hari ke18 ternak diberikan vaksin Ende yng dicampurkan pada susu skin, setiap pemberian vaksin di lakukan pada waktu sore. Lantas seminggu sebelum panen yaitu di hari ke 28, obat anti stress berhenti diberikan.
Segala sesuatunya mulai dari jumlah pakan, obat anti stress, vaksin, seluruh dihitung serta dicatat bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan data yng akan dicocokkan yang dengannya data peternak bibit (boss yng mensuplai segala kebutuhan tadi) supaya penghitungan bagi hasil menjadi benar. Begitu juga pada waktu panen seluruh ternak yng dikeluarkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijual Perlu ditimbang serta dicatat bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan data. Adapun ayam yng afkir dipisah penimbangan serta pendataannya, karena harganya lebih murah dari yng normal, andai yng normal bernilai Rp14.000,- per kg maka yng afkir bernilai Rp10.000,-.
Panen umumnya di lakukan 6 kali selama satu tahun. Sesudah panen sangkar dibiarkan selama tiga hari menunggu hingga kotoran ternak kering baru seusai itu dibersihkan serta kotoran dikumpulkan dalam karung-karung bekas pakan bisa dijual seharga Rp2000,- kepada petani bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan pupuk, dalam sekali panen mampu menghasilkan 150 karung kotoran. Begitu juga yang dengannya karung bekas pakan bisa dijual seharga Rp2000,-. Hasil penjualan kotoran serta karung bekas bisa menutupi ongkos air PDAM serta listrik serta minyak tanah bahan bakar penghangat sangkar.
Jumlah biaya yng dihabiskan serta keuntungan yng diperoleh.Sewa tanah beserta sangkar yng bisa menampung 4000 ekor ayam Rp15.000.000,- per tahun.Biaya gaji 2 orang pekerja Rp600.000,- per orang per sekali panen Rp1.200.000,- .Biaya bibit per kardus isi 100 ekor Rp370.000,- total harga 37 kardus berisi 3700 ekor bibit ayam Rp13.690.000,-(dibayar seusai panen).Biaya pakan per kwintal Rp265.000,- pakan yng dihabiskan sekali panen merupakan 130 kwintal seharga Rp265,000,- kali 130 kwintal percis yang dengannya Rp34.450.000,-.(dibayar seusai panen)Biaya 20 bungkus obat anti stress yng dihabiskan selama sekali panen merupakan Rp240.000,-(dibayar seusai panen).Biaya 24 botol vaksin selama sekali panen Rp360.000,- (dibayar seusai panen).Dari 3700 ekor bibit umumnya bisa dipanen 3500 ekor per ekor rata-rata mempunyai berat 1,5kg, maka hasil penjualan sekali panen Rp14.000,- dikali 5250kg (berat 3500 ekor ayam) percis yang dengannya Rp73.500.000,-.Keuntungan yng didapat merupakan : hasil penjualan Rp73.500.000,- dikurangi jumlah total biaya pakan, bibit, obat anti stress, vaksin Rp48.740.000,- percis yang dengannya Rp24.760.000,-.Lantaran system kerja bagi hasil yang dengannya penyuplai bibit serta kebutuhan 50%-50%, maka keuntungan yng didapat dibagi dua menjadi Rp12.380.000,- per sekali panen.Modal yng Perlu disiapkan pada awal mulanya merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembiayaan sangkar. Andai menyewa sangkar orang maka cukup Rp15.000.000,-.Andai menyewa tanah 10 tahun serta membikin sangkar sendiri bagi atau bisa juga dikatakan untuk isi 4000 ekor maka jumlah modal yng Perlu disiapkan uang sewa tanah Rp10.000.000,- plus biaya sangkar Rp60.000.000,- percis yang dengannya Rp70.000.000,-.Pemasaran
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemasaran hasil panen lantaran memakai system kerja percis maka telah diurus oleh klien pembibitan menjadikan kita tak butuh mikirin pemasaran.
PenutupSungguh mengherankan andai melihat fakta bahwasanya masi tidak sedikit penduduk negeri ini yng hidup di bawah garis kemiskinan. Padahal negara kita mempunyai kekayaan alam yng Amat melimpah. Barangkali lantaran Amat jarang yng mempergunakan serta memanfaatkan kekayaan alam kita, salah satunya pemerintah yng tak memperdulikan rakyatnya yng didesa yng butuh modal bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengelola kekayaan alam orang-orang. Mudah-mudahan pembaca terbuka fikirannya menjadikan tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk memaksimalkan pemanfaatan kekayaan alam kita.


Sumber rujukan dan gambar : http://ayampotong88.blogspot.com/2012/01/usaha-ayam-potong.html.

Seputar USAHA AYAM POTONG

Advertisement
 

Cari Artikel Selain USAHA AYAM POTONG