Tips Mengobati Penyakit Bubul Pada Ayam

- 20.13

Tips Mengobati Penyakit Bubul Pada Ayam

 
Oke gan, peluang di artikel ini saya akan membagikan cara bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati penyakit bubulan pada telapak kaki ayam aduan. Penyakit bubulan pada kaki ayam aduan penyebabnya yaitu oleh infeksi bakteri. Misalnya tatkala kaki ayam aduan ada tidak banyak luka akibat gesekan yang dengannya lantai sangkar yng kasar/tajam, kaku serta tak elastis. Kebanykan fenomena kaki bubulan berlangsung pada sangkar ayam aduan model panggung terbuat dari bambu, kayu ataupun kawat ram.
Lihat pula tulisan atau artikel ihwal obat serta jamu ayam aduan:
Jamu Ayam Aduan : Cindelaras
Jamu Ayam Aduan : Jalu Aji
Manfaat Belut serta Tembakau Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ayam
Manfaat Enceng Gondok serta Jangkrik
Meskipun tidak banyak luka kecil saja, lantaran alas sangkar kotor oleh kotoran ayam, maka mungkin besar ada bakteri yng masuk ke dalam kaki yng luka. Bakteri yng masuk ke dalam telapak kaki ayam ini secara langsung akan menginfeksi, bakteri secara otomatis akan dilawan alamiah sel darah putih, akibat perlawanan sel darah putih tadi bakteri akan kalah serta berganti jadi pus (nanah bhs jawa) yng pada akhirnya mengeras berganti semisal keju ataupun nasi putih tertutup kulit kaki (didalam kulit kaki) ayam aduan, tampak dari luar semisal benjolan. Benjolan bubul di kaki ayam ini akan mengganggu ayam berdiri apa lagi waktu di adu.
Nah, tentu saja hal itu akan Amat merugikan andai diturunkan di gelanggang serta akhirnya membuat ayam kalah. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu saya akan membagikan beberapa cara bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobatai ayam yng bubulan, menjadi berikut:
1. Yang dengannya meletakkan ayam pada lumpur rinso ataupun garam. Bubul semisal kulit parasit yng mampu mengelupas andai di cabut, namun andai di paksa dicabut mampu menghasilkan infeksi serta bubul akan tumbuh lagi. Beberapa peternak merekomendasikan membuat comberan/lumpur yang dengannya mempergunakan air rinso ada pula yng merekomendasikan yang dengannya air garam. Sesudah ayam dimandikan jemur ayam diatas lumpur yng kita buat tadi. Lantas bubul akan rontok yang dengannya sendirinya:
2. Yang dengannya obat kutil Colomac . Berlebi dahulu bersihkan kaki yng di kenai bubul, sterilkan yang dengannya alkohol. Oleskan colomac serta tutup luka yang dengannya plester (hansaplast). Jaga kebersihan kaki yng di kenai bubul, berikan alas sangkar yng empuk semisal jerami.
3. Mempergunakan kanterpain. Bersihkan serta keringkan kaki yng di kenai bubul. oleskan kanterpain pada bubul serta tahan ataupun pegang ayam hingga kanterpain kering tidak lebih lebih 5 menit. Lepaskan ayam pada alas sangkar yng bersih yang dengannya alas karung ataupun karpet.
4. Mempergunakan Koyo Cabe. Bersihkan serta sterilkan kaki berlebi dahulu sebelum ditempel koyo cabe. Ubah koyo cabe setiap 3 hari sekali.
5. Mempergunakan paku yng di bakar. Barangkali terinspirasi dari tatacara pengobatan kuno dimana membakar luka merupakan tatacara mensterilkan luka dari bakteri. Genakan paku seukuran mata bubul lantas panaskan hingga benar-benar panas. Tempelkan paku panas pada mata bubul (jangan hingga di kenai bagian yng sehat) hingga ayam terasa panas ditandai yang dengannya menghentakkan kaki. Ulangi 3 hingga 4 kali. Lakukan pengobatan selama 3 hari ataupun hingga sembuh. Teknik operasi
Selain kelima cara diatas ada pula tatacara lain yakni dioperasi simpel. Tatacara mengatasi yang dengannya dioperasi bedah. Siapkan perlengkapan : pisau / gillete, betadine, alkohol, kapas, perban, benang serta jarum. Prosedur pembedahan sbb :
1. Ayam kaki bubulan dipegang pembantu yang dengannya tatacara kaki terbalik menghadap keatas, lantas kaki ayam yng infeksi bubulan dibersihkan yang dengannya alkohol.
2. Iris / sayat benjolan bubul menyilang (semisal huruf X) yang dengannya gillette baru (steril), seusai itu tekan / pencet pus (semisal keju / nasi putih) hingga keluar seluruh, diusahakan hingga bersih. Bila ada tidak banyak darah, bersihkan yang dengannya kapas supaya pus terlihat serta benar2 bersih.
3. Sesudah pus bersih, olesi bekas sayatan serta luka operasi yang dengannya betadine, lantas (bila bekas sayatan cukup lebar lantaran benjolan bubul cukup besar) jahit luka yang dengannya benang serta jarum hingga luka menutup.
4. Olesi kembali luka luar bekas jahitan yang dengannya benang. Lantas bekas kaki yng luka ditutup / ditali yang dengannya perban secara kuat2 supaya tak terlepas waktu ayam bangkok di lepas. 5. Biarkan luka tertutup perban selama 1 (satu) minggu, lantas dibuka serta diperiksa, dalam satu minggu luka telah menutup, namun bekas luka Perlu diolesi betadine lagi serta diperban kembali. Hal ini di lakukan hingga bekas luka menutup serta mengering dan sembuh.
Ataupun lebih jelasnya silahkan tonton video di bawah ini:

Lihat pula tulisan atau artikel ihwal:
Menjadi Dokter Ayam Aduan Part 1
Menjadi Dokter Ayam Aduan Part 2
Menjadi Dokter Ayam Aduan Part 3
Nah, yng yang akan di sajikan kali ini merupakan tatacara yng Suka dipakai di jaman modern ini, selain lebih praktis pula lebih mengasihi si ayam dari pada dioperasi.
Andai penyakit bubul ini belum terlalu parah ataupun masih kecil mampu diatasi yang dengannya mensterilkan luka yakni membersihkan lukanya dari kotoran yng menempel serta memberikan alas sangkar yng empuk supaya penyakit ini tak bertambah parah. Sesudah itu mampu diberikan balsem sehari-hari pada kaki ayam yng di kenai bubul serta pakaikan sepatu khusus ayam aduan supaya kotoran tak menempel. Di balut pula boleh.
Andai kamu tak ingin repot-repot mengikuti tatacara diatas mampu di lakukan andaikan penyakit bubul ini telah parah ataupun besar. Tanpa Perlu operasi ataupun penempelan paku panas yng akan menghasilkan ayam stress berat serta kesakitan.
Saat ini hal yang telah di sebutkan telah tidak sedikit ditinggalkan para pakar, serta senior ayam aduan serta berubah yang dengannya tatacara yng lebih mengasihi hewan yang dengannya tatacara pemberian obat bubul herbal yng jenisnya kapsul, itu mengobati bubul dari dalam, mematikan pertumbuhan bubul dan memperbaiki jaringan kaki yng bekas di kenai bubul. kemasan obat semisal di samping:
Tatacara Menghindari Ayam Bubulan:
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari ayam kita dari bubulan, sebaiknya sering-sering kita membersihkan kaki ayam kesayangan kita seusai di abar maupun di adu. Lantaran umumnya ayam seusai diabar kaki ayam umumnya terluka. Andai luka itu tak dibersihkan akan memicu penyakit bubul berlebi andai telapak kaki ayam terdapat benjolan/terlihat semisal ada dagingnya ayam semisal ini akan gampang di kenai bubulan.
Sekian, mudah-mudahan berguna. Salam penghobi ayam laga.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.hobiayam.web.id/2015/04/tips-mengobati-penyakit-bubul-pada-ayam.html.

Seputar Tips Mengobati Penyakit Bubul Pada Ayam

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Mengobati Penyakit Bubul Pada Ayam