Cara Budidaya Ayam Petelur Dengan Mudah

- 23.53

Cara Budidaya Ayam Petelur Dengan Mudah

 

Budidaya ayam petelur

Ayam petelur adalah ayam yng secara khusus diternakkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk diambil telurnya, saat ini ini budidaya ayam petelur Amat digandrungi para peternak lantaran mampu mendatangkan untung yng lebih tidak sedikit. Secara umum ayam petelur dibedakan menjadi dua tipe ayam petelur.

Tipe Ayam Petelur Ringan / Ayam petelur putih

Ayam ini bisa bertelur kra-kira 260 butir/tahun, akan tetapi ayam petelur jenis ini Amat sensitif terhadap perubahan cuaca panas serta sensiif andaikan ada kegaduhan sekitar sangkar yng bisa memicu penurunan hasil produksi.

Tipe Ayam Petelur Medium / Ayam petelur coklat

Jenis ayam petelur ini selain mampu menghasilkan telur, mampu pula disebut ayam pedaging lantaran bentuk serta bobot tubuhnya lebh besar dari ayam petelur putih, menjadikan peternak bisa mengambil dua keuntungan sekalian. Akan tetapi hasil produksi ayam petelur ini lebih tidak banyak dibanding ayam petelur putih


Cara Budidaya Ayam Petelur

Tentukan Tempat Sangkar

Ayam petelur memanglah gampang-gampang sulit dalam melakukan budidayanya, akan tetapi pada peluang di artikel ini admin berupaya menyuguhkan berita tips beternak ayam petelur yang dengannya bahasa yng cukup gampang bagi pembaca. Pertama kali yng Perlu di lakukan dalam budidaya ayam petelur ini merupakan menyiapkan sangkar. Serta menjadi syarat sebelum membangun sangkar, ada baiknya kita perhatikan tempat sangkar yang telah di sebutkan, semisal :

Tempat jauh dari keramaian/perumahan penduduk.

Lantaran begitu sensitifnya ayam petelur ini bila berlangsung keributan ataupun kegaduhan disekitar tempat sangkar yng mampu memicu penurunan produksi telur, ada baiknya sangkar ditempatkan ditempat luas serta jauh dari keramaian semisal dekat perumahan maupun jalan raya.

Tempat gampang dijangkau dari pusat-pusat pemasaran.

Tempat pemasaran pula Perlu diperhatikan, dekatnya tempat sangkar pada pasar mampu mengurangi ongkos dalam pengiriman hasil produksi, pula mampu membuat mudah kanal kepada para pedagang yng akan menjual hasil produksi kita sampai-sampai mampu segera mencukupi kebtuhan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat akan telur ayam

Tempat sangkar bersifat menetap.

Pengertiannya tempat sangkar tak berpindah-pindah, hal ini selain menghemat biaya pra produksi serta adaptasi ayam petelur terhadap lingkungan mampu lebih kita sesuaikan lantaran kita sendiri sudah terbiasa yang dengannya keadaan lingkungan yang telah di sebutkan.

Bentuk Sangkar Ayam yng sesuai yang dengannya Kebutuhan

Seusai kamu menetapkan tempat sangkar yng sesuai, saatnya kamu menentukan bentik sangkar ayam petelur sesuai kebutuhan. Secara garis besar, bentuk sangkar ayam bisa kita baca rinciannya menjadi berikut :

Sangkar koloni

Cara Budidaya Ayam Petelur Dengan Mudah
Kadang Koloni

Sangkar Ayam petelur ini bersifat massal, pengertiannya satu sangkar ditempati seluruh ayam yng kita ternakkan yng ditempatkan tak terpisah-pisah. Sangkar ini cukup menghemat biaya produksi, akan tetapi kelemahan dari sangkar semisal ini gampang sekali terjadinya penyebaran penyakit yng akan menyerang ayam serta kita akan kesulitan memisahkan ayam yng sehat yang dengannya ayam yng sakit, pula selain itu, telur yng diperoleh akan berserakan serta kotor dan cukup memakan waktu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil telur-telur yng diperoleh

Sangkar individual/batere

Pengertiannya satu sangkar ditempati seluruh ayam ternak kita akan tetapi ditempatkan secara terpisah-pisah didalam sangkar yang telah di sebutkan, sangkar semisal ini tidak sedikit dipakai peternak ayam petelur saat ini ini, lantaran selain gampang dibersihkan pula hasil dari produksi telur pun lebih bersih dan pakan yng terkontrol.
Cara Budidaya Ayam Petelur Dengan Mudah
sangkar individual

Perhatikan tips pembuatan lantai sangkar ayam yng baik

Ada dua tips dala dalam pembuatan lantai sangkar ayam yng baik, yng pertama gunakanlah litter yng terbuat dari kulit padi dicampur tidak banyak kapur serta pasir dan serbuk kayu yng gampang didapatkan serta disarankan memiliki ketebalan 10 cm, hal ini dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menahan uap air dari dalam tanah serta akan mdah dibersihkan serta disterilkan dari hama.
Serta andaikan kamu membangun sangkar diatas kolam, kamu mampu mempergunakan lantai dari bambu yng direnggangkan satu percis lain, celah lantai ini berfungsi membuang kotoran langsung jatuh ke kolam

Persiapan Bibit / DOC (Day Old Chicken)

Seusai sangkar serta perlengkapan sangkar sudah kita siapkan, saat ini yng kita lakukan merupakan menyiapkan bibit ataupun benih ayam. Pilihlah benih ayam dari induka yng sehat, yang dengannya bulu halus yng tumbuh penuh tak jarang, tak cacat serta memiliki bobot sekitar 35 hingga 40 gram

Pemberian Pakan

1. Fase starter (umur 0-4 minggu)

Disaat benih ayam berumur 0 hingga 4 minggu, kasih pakan yng sesuai yang dengannya kebutuhan perkembangannya, perhatikan kandungan gizi dalam pakannya semisal kandungan protein 22% hingga 24%, lemak 2,5%, serat 4%, Kalsium (Ca) 1%, Phospor (P) 0,7-0,9%, ME 2800-3500 Kcal. serta unuk takarannya bila umur benih 1 hingga 7 hari berikan pakan 17 gram/ekor/hari, minggu kedua 43 gram/ekor/hari, minggu selanjutnya 66 gram/hari/ekor, serta minggu ke empat 91 gram/hari/ekor

2. Fase finisher (umur 4-6 minggu).

Tatkala benih bermur 4 sapai 6 minggu, kasih pakan yng memiliki kandungan protein 18,1% hingga 21,2%; lemak 2,5%; serat kasar 4,5%; kalsium (Ca) 1%; Phospor (P) 0,7-0,9% serta energi (ME) 2900-3400 Kcal. Dosis pakan yng diberikan pada minggu ke-5 yakni 111 gram/ekor/hari; minggu selanjutnya 129 gram/ekor/hari; minggu ke-7 berikan 146 gram/ekor/hari serta minggu ke delapan 161 gram/ekor/hari. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemberian air minum ada hari pertama hendaknya diberi gula yang dengannya dosis 50 gram perliter dan obat anti stres bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam, ai minum harap Suka diganti serta di awasi kebersihannya.

Pencegahan Penyakit

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah cepatnya penyebaran penyakit, ayam yng sakit segera dijauhkan serta diberi pengobatan, jagalah selalu kebersihan dalam sangkar, tempat makanan serta minuman ayam. Lakukan vaksinasi yng teratur bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kebugaran atau kesehatan ayam, hubungi dinas peternakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan penyuluhan.

Panen hasil produksi

Hasil produksi ayam petelur sebaiknay di lakukan 3 kali sehari, dpagi hari sekitar pukul 10 sampaii 11.00, siang hari sekitar pukul 13.00 serta sore hari sekitar pukul 15.00, unuk melindungi kualitas sebelum dipasarkan, perhatikan bentuk telur, bentuk telur yng normal merupakan oval memupnyai berat sekitar 57 gram.
Demikian tidak banyak analisis Cara Budidaya Ayam Petelur Dengan Mudah, mudah-mudahan memberikan manfaat serta mendatangkan untung bagi pembaca. Terimakasih
Informasi :

Cara Budidaya Ayam Petelur Dengan Mudah



Sumber rujukan dan gambar : http://pakarayam.blogspot.com/2015/03/cara-budidaya-ayam-petelur.html.

Seputar Cara Budidaya Ayam Petelur Dengan Mudah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Budidaya Ayam Petelur Dengan Mudah