Katuranggan : Batu Lapak

- 11.36

Katuranggan : Batu Lapak

 
Tanda-ciri Ayam Batu Lapak:
1. Tinggi badan rata-rata tengah.
2. Ukuran badan lebar yang dengannya struktur tulang kasar.
3. Postur tubuh tegak.
4. Warna ules umumnya merah penatas serta wereng galih.
5. Kepala mirip ayam kampung, umumnya tanpa gember jengger serta pula umumnya bukan jengger wilah.
6. Bulu tumbuh subur/lebat di seluruh bagian tubuh, rawis merah hingga tumbuh di paha, yng unik dari bulunya lebih-lebih sayapnya yng panjang serta berlapis ataupun dua sayap dobel, bulu bagian belakang sayap ataupun pelapisnya menghadap keatas semisal menelungkup. Ekor lebat-rapat, panjang serta lurus mengarah rata yang dengannya punggung ayam terkadang sebagian ujung ekor melengkung ke atas tidak banyak.
7. Kaki umumnya berbentuk bulat, ramping (sisik teratur), ubet, jalunya renteng serta umumnya keplek ataupun tak cepat tumbuh memanjang serta ukurannya besar/lebar sebagian tak tumbuh jalu (ada semisal jalu namun tidak banyak menonjol serta menempel melebar di kaki). Ceker (jari-jari kaki) tak terlalu lebar, sisik sperti sisik buaya terlihat meruncing semisal tombak ataupun dikenal menjadi senjata bambu runcing, serta umumnya kukunya kalau dibiarkan panjang tak akan melengkung kebawah melainkan tetap tumbuh lurus terkadang ada yng melengkung tidak banyak keatas malah kadangkalanya kuku tombak yang telah di sebutkan bisa menancap/melukai mata lawan tatkala berlaga. Andai ingin melihat semisal lain kaki berkatarunggan lihat pula tulisan atau artikel ihwal Katuranggan Kaki di Thailand.
8. Nah ini yng paling unik dari jenis ayam petarung di indonesia malah barangkali di dunia yakni pada bagian telapak dan di ke-empat jari kaki/telapak kaki terdapat sisik (semisal kita melihat ular pada bagian perut terdapat garis-garis sisik) yng hampir percis pada sisik bagian muka jari yakni saling bertumpuk dari ujung jari-telapak/tumit/tungkak kaki-menyambung keatas hingga ujung paha. Pengertiannya menyambung yang dengannya sisik batang kaki bagian belakang. Sisik pada bagian telapak andaikan ayam telah menginjak dewasa lantas diliarkan maka sisik telapak kaki akan berwarna kecoklatan selain itu akan muncul keretakan-keretakan pada sisik telapak mirip bubul, orang Suka menganggap ayam yang telah di sebutkan bubulan akan tetapi sewaktu dipijat-pijat ataupun tatkala berlaga ayam batu lapak tak merasakan sakit pada bagian telapak yng orang anggap semisal ayam bubulan.
9. Kalau umur sebulan maka kaki ayam terlihat tak bertumit jadi tatkala berjalan kuda-kudanya diletakkan di telapaknya menjadikan tatkala berjalan akan terdengar cedug-cedug-cedug. Lihat pula tulisan atau artikel terkait: Kelebihan Katuranggan Sisik Ubed Beberapa Jenis Katuranggan Bagian Kaki Semisal Katuranggan Ayam Aduan Thailand Legenda 11 Ayam Aduan Jenis Suro
Keunikan lain dari ayam batu lapak lebih-lebih dalam hal berjalan, ayam yang telah di sebutkan berjalan semisal robot, malah orang yng belum tau barangkali akan menganggap bahwasanya ayam yang telah di sebutkan tak mampu berlaga. Yng bikin saya kagum walau berjalan semisal robot akan tetapi ayam yang telah di sebutkan mempunyai kelebihan bertarung dibanding ayam laga pada biasanya. Andaikan telah berhadapan yang dengannya musuh, ayam yang telah di sebutkan mempunyai pergerakan yng berbeda dari sebelumnya(tatkala berjalan) yakni pergerakan yng Amat cepat, teknik pukulan terampil serta akurat dan naluri berlaga yng Amat proaktif. Orang bilang ayam jenis semisal ini adalah petuah dari ayam katuranggan sisik. Kenapa disebut begitu ??? Lantaran awal mula ayam batu rante ataupun sisik buaya, ayam sisik keplek ataupun teplek ataupun renteng, batu lepek, sisik naga temurun, sisik ubet serta pula sisik yng lainya itu adalah hasil turunan dari ayam batu lapak, menjadikan muncul ayam yang dengannya macam-macam sisik begituan. Sumber : http://ayambatulapak.blogspot.com/p/blog-page_12.html

Sumber rujukan dan gambar : http://www.hobiayam.web.id/2015/04/katuranggan-batu-lapak.html.

Seputar Katuranggan : Batu Lapak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Katuranggan : Batu Lapak