Manfaat Gula Jawa Bagi Ternak Ayam

- 22.05

Manfaat Gula Jawa Bagi Ternak Ayam

 
Pemberian obat maupun jamu dirasa wajib diberikan demi suksesnya pemeliharaan ayam aduan. Tulisan atau artikel ini kami ingin mengulas wacana manfaat air gula jawa bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam aduan. Yang dengannya tujuan melindungi serta menambah daya tahan tubuh ayam aduan.
Gula Jawa ataupun Suka disebut pula gula merah, serta ada sebutan unik yakni gula mangkok merupakan sejenis bahan makanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan rasa manis pada masakan. Di beberapa negara ada sebutan lain yakni :
Gula Merah (Indonesia), Gula Jawa (Jawa), Panocha (Filipina), Mot-Choi-Duong (Vietnam), Koko-to (Jepang), Au-tung (Thailand), serta Tur (India).
Lihat pula tulisan atau artikel wacana:
Manfaat Pisang Raja serta Madu Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ayam
Manfaatnya Keong Mas Bagi Ayam Aduan
Jamu Ayam Aduan Cindelaras
Cacing Tanah Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Menambah Kekuatan
Gula jawa terbuat dari bahan nira sementara nira yang telah di sebutkan merupakan cairan yng keluar dari bunga pada pohon palma semisal kelapa, aren, serta siwalan dan tebu dan bahan lain. Tahukah kamu manfaat air gula jawa bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam aduan? Mari kita telaah lebih jauh!
Nutrisi Gula Jawa (sajian 100 g):
1. Energi (kkal) : 386
2. Protein (g) : 3,0
3. Karbohidrat (g) : 76,0
4. Lemak (g) : 10
5. Kalsium (mg) : 76
6. Fosfor (mg) : 37
7. Besi (mg) : 37 dan juga lain-lainya Tujuan Pemberian Manfaat Gula Jawa:
  • Menaikan stamina serta daya tahan tubuh
  • Menambah nutrisi/sumber energi dalam ransum bagi atau bisa juga dikatakan untuk DOC pada air minum supaya gampang diserap
  • Mengatasi dehidrasi pada ayam ataupun DOC
  • Menambah berat badan ayam aduan pedaging
  • Mencegah kematian pada ayam aduan

Alasan Pemberian Air Gula Jawa
Air gula jawa dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyuplai sumber energi gampang diserap bagi atau bisa juga dikatakan untuk DOC. (Taxton at al (1974). Kandungan nutrisi air gula jawa berupa sukrosa serta glukosa bisa atau mampu mensuplai sumber energi serta nutrisi lain berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah stamina ayam aduan. Menambah nutrisi yng belum tersedia pada ransum ayam
Pemberian Air Gula Jawa Pada Ayam Aduan supaya memperoleh manfaat yng maksimal:
1. Ambil gula jawa sebesar 1 sendok makan (boleh berupa serbuk)
2. Tambahkan kedalam 1 gelas air (200 ml)
3. Tambahkan lengkuas (jawa : laos) 1 siung ataupun sebesar jari
4. Seduh sampai-sampai matang serta pemberian pada air minum.
5. Dosis merupakan sehari 1 x.
Hal-hal yng butuh diperhatikan dalam pemberian air gula jawa supaya efesien:
Campurkanlah beberapa bahan lain supaya air gula jawa tak dimasuki semut yang dengannya lengkuas ataupun laos tadi ataupun bawang putih serta kunyit. Pemberian boleh di lakukan pagi ataupun sore saja asalkan 1 x sehari Pemberian diberikan pada musim dingin (penghujan) serta disaat ayam kelihatan lemas Pemberian air gula jawa pada musim panas bisa memicu konsumsi makanan menjadi percuma lantaran aktifitas ayam menjadi hiperaktif.
Tidak sedikit pendapat bermunculan wacana manfaat air gula jawa ataupun gula merah ini. Untuk itu kami mengambil kesimpulan bahwasanya inti pemberian air gula jawa pada ayam merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi serta menambah stamina/daya tahan tubuh tatkala cuaca ekstrim (musim penghujan). Akan tetapi pada kondisi ayam sehat, pemberian air gula jawa tak akan berpengaruh negatif pada ayam aduan.
Mudah-mudahan memberikan manfaat.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.hobiayam.web.id/2015/11/manfaat-gula-jawa-bagi-ternak-ayam.html.

Seputar Manfaat Gula Jawa Bagi Ternak Ayam

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat Gula Jawa Bagi Ternak Ayam