Menjadi Dokter Ayam Aduan: Part 2

- 12.02

Menjadi Dokter Ayam Aduan: Part 2

 
Pernafasan Tidak bagus
Ayam tak kuat nafas. Beberapa tatacara mengatasi:
1. Sebelum tarung, 3 hari sebelumnya dimakankan telur + laos yang dijemur.
2. Ayam aduan hendaknya diberi makanan yng tak memiliki kandungan lemak. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih tepatnya ayam diberi makan beras merah, lantaran beras merah cuma tidak banyak sekali memiliki kandungan lemak. Hindari pemberian makan semisal jenis makanan ayam yng berupa foer buatan pabrik, jagung, nasi serta seterusnya.
3. Hendaknya dirawat yang dengannya tatacara dimandikan tiap pagi lantas dijemur hingga ayam tidak banyak kepanasan. Umumnya ayam yng telah tak kuat akan terlihat melonjat-lonjat ataupun seakan akan mau keluar dalam kurungan. Andai ayam terlihat demikian Perlu segera diangkat ketempat yng teduh serta ingat ayam jangan diberi minum hingga ayam telah tak ngosngosan. Umumnya waktu penjemuran antara 1 hingga 3 jam bergantung pada ayam yang dengannya tingkat lemak dalam tubuh ayam yang telah di sebutkan.
4. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung stamina serta nafas ayam aduan, ayam mampu diberikan jamu yang dengannya ransum yng terbuat dari bahan alami semisal kencur, lengkuas, merica, kunci serta telur bebek. Bahan-bahan yang telah di sebutkan mampu diparut serta lantas diberikan pada ayam.
5. Melalui latihan. Menjadi semisal saja, andai pertama ayam melakukan jajal tarung dalam tempo 5 menit, hari selanjutnya kita berikan latihan 10 menit, hari selanjutnya 15 menit begitu seterusnya hingga kita temukan nafas ayam tak megap-megap sampai-sampai beberapa ronde sesuai yng sudah kita tetapkan. Misal target kita merupakan ayam bisa atau mampu menyelesaikan 5 ronde.
6. Daun sirih yng muda diluar dugaan pula bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperpanjang nafas ayam aduan. Tatacara pemberiannya mampu ditumbuk lantas dilolohkan ke ayam.
7. Kaktus, lidah buaya serta madu. Tumbuk kaktus serta lidah buaya, campur kan yang dengannya madu, berikan pada ayam sehari-hari.
Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Cara Memperpanjang Nafas Ayam Aduan
Ayam Bantat
Ayam bantat, ayam mengalami sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk bergerak, otot menjadi kaku,dalam hal lompatan tidak lebih tinggi serta lincah. Beberapa tatacara mengatasi:
1. Makankan temukunci yang dibakar.
2. Mempergunakan pasir yakni ayam aduan yang telah di sebutkan di suruh ataupun letakan dalam hamparan pasir kering supaya dia berkipu/mandi pasir.
3. Selain berkipu, ayam bantat bisa di pulihkan yang dengannya di kumpulkan bersama induk-induk muda.
4. Selain itu pula kasih peluang bagi atau bisa juga dikatakan untuk si ayam bergerak secara bebas serta sediakan tempat tangkringan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertengger supaya Suka melompat.
Baca selengkapnya pada Ayam Bantat : Beberapa Tatacara Mengatasinya
Ayam Ngorok
Ayam ngorok. Beberapa tatacara mengatasi:
1. Dikoroki yang dengannya minyak tanah
2. Daun sirih. Satu dari sekian banyaknya obat ayam ngorok merupakan daun sirih. Resep ini dibuat yang dengannya merebus 5 helai daun sirih (daun sirih merah lebih tidak jelek alias bagus) dalam 1 gelas air bersih.
Lantas air rebusan yang telah di sebutkan disaring serta campurkan air perasan dari 1 buah jeruk nipis ke dalamnya. Lantas diminumkan pada ayam yng ngorok disaat masih Anget. Dosis yng dipakai merupakan 2 kali sehari, setiap pagi serta sore.
3. Bawang putih. Bawang putih pula tergolong obat ayam ngorok tradisional yng mujarab dalam meredakan masalah pernafasan ayam. Bawang putih yng diparut, lantas diambil sarinya, lantas sari yang telah di sebutkan diminumkan pada ayam yng menderita sakit ngorok
4. Getehan. Obat ayam tradisional yng satu ini Amat ampuh serta mujarab sekali. Disaat sore diberikan, ngorok pada ayam akan sembuh di pagi harinya. Namun di sayangkan obat ini sulit didapati.
5. Jeruk nipis ditambah kecap manis . Tatacaranya : jeruk nipis diperas airnya sebanyk 1 sendok teh ditambah kecap manis secukupnya lantas langsung diminumkan ke ayam, serta berikan pada waktu pagi hari, diulang 2-3 hari hingga sembuh.
6. Blimbing wuluh ataupun blimbing sayur. Tatacaranya : ayam dikorok yang dengannya air Anget hingga bersih, lantas ambil lah blimbing wuluh 1 buah, tidak banyak di pencet serta langsung diberikan ke ayam. Berikan pada waktu pagi hari, diulang 2-3 hari hingga sembuh.
7. Buah mengkudu masak serta adalah obat ngorok yng paling ampuh. Tatacaranya : mengkudu diiris seukuran jari lantas dilolohkan, pemberian di lakukan sehari sekali, boleh pagi ataupun sore, serta sebelum ayam aduan diberi makan.
8. Yang dengannya mempergunakan obat kimia. Yng diantaranya merupakan tetrachrol, trymizin, vitamin B complek ataupun vitaplex, obat batuk. serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyakit ngorok yng membandel, mampu disuntik memakai tylon, dosis pemberiannya merupakan 2cc bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam dewasa. Ataupun baca tulisan atau artikel pada Mengobati Ayam Ngorok Yang dengannya Obat Tradisional.
Memendekkan/Memotong Jalu
Memendekkan/Memotong jalu. Beberapa tatacara mengatasi:
1. Raut dulu jalu hingga sependek barangkali.
- Iris ataupun seset miring mempergunakan pisau lipat. Perhatikan arah irisan, Perlu disetel agar bisa arah jalu tetap 'jahat'. Umumnya arah irisan menghadap ke belakang arah jari kelingking ayam.
- Dgn diiris, jalu jadi pendek sesuai keinginan serta jalu tetap tajam. Namun jalu pasti berdarah. Tatacara mengatasi luka pendarahan pada jalu yang diiris :
- Sebelum mengiris jalu, siapkan lilin penerangan.
- Potong lilin yang telah di sebutkan tidak lebih lebih seujung jari, lantas tumbuk hingga halus menjadi bubuk.
- Luka jalu yang berdarah dioles serbuk lilin sembari di tekan.
- Butiran serbuk lilin akan menutup pori-pori jalu yng berdarah.
2. Memendekkan jalu ayam tanpa mengeluarkan darah. Tatacaranya, sebelumnya siapkan sebatang kayu ukuran skitar 5x5 cm ataupun benda lain yang sejenis (palu dll). Jalu ayam dipukul-pukul dgn mempergunakan kayu ataupun benda yang telah di sebutkan selama tidak lebih lebih 5 menit hingga kaki ayam kesemutan. Sesudah itu baru dipotong/dipendekkan jalunya mempergunakan cutter ataupun pisau lipat, penggunaan rivanol ataupun alkohol cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah infeksi.
3. Pakai kentang ataupun singkong panas (dikukus) trus ditancapkan ke jalu, diamkan kira-kira 1-2 menit kelak kecabut sendiri jalu luarnya, jalu muda dioles rivanol ataupun antiseptik, kelak kalau telah kering mampu dikapurin biar cepat keras.
4. Potong Habis. Tatacara ini mampu di lakukan andaikan kita tak menginginkan si jago punya Jalu percis sekali yakni yang dengannya tatacara, potong pangkal Jalu dekat yang dengannya ruas kaki mempergunakan gergaji besi yang dengannya tempo cepat menjadikan akan mengurangi pendarahan, andaikan pendarahan berlangsung, beberapa peternak mengolesi bubuk kopi menjadi enzim penghambat serta beberapa lain-lainnya menempelkan besi panas ke bagian luka terbuka hingga darah berhenti.
5. Cabut Paksa. Tatacara ini lebih Suka di pakai para bebotoh ataupun peternak, akan tetapi perawatan pasca pencabutan Perlu intensif, tatacaranya ambil tang ( penjepit ) serta jepitkan tang yang telah di sebutkan ke pangkal jalu, eratkan serta putar pelan-pelan sembari di goyang-goyang hingga kulit keras jalu tercabut serta mengabaikan atau meninggalkan bakal jalu yng masih lunak di dalam, balut yang dengannya pembalut luka akan tetapi berlebi dahulu basuh yang dengannya antibiotik, masukan ayam ke sangkar rawatan dan kasih tangkringan.
Selengkapnya baca tulisan atau artikel Tatacara Meruncingkan, Memotong serta Mencabut Jalu Ayam Aduan.
Mata Ayam Kena Pukul
Mata ayam kena pukul. Beberapa tatacara mengatasi:
1. Ditetesi air lombok ataupun air sirih.
2. Daun kelor dipetik bersama tangkainya, lantas lembar daun dipatahkan dari tangkainya. Dari patahan tadi akan keluar getah. Getah ini diteteskan ke mata yng terluka, cukup sebanyk 2-3 tetes. Tatacara lain, lembar daun dicuci, lantas dilumatkan, serta diperas airnya, diserap yang dengannya kapas, lantas diperas serta diteteskan pada mata yng terluka. Sesudah itu, mata ditutup plester. Bila esoknya mata masih bengkak, berikan kembali getah kelor. Umumnya mata akan pulih yang dengannya perlakuan ini.
Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Beberapa Tatacara Mengobati Ayam Kena Pukul Jiling/Jalu.
Ayam Diare
Ayam diare. Gejala pada ayam mencret ataupun diare yang dengannya warna kotoran berwarna kuning, coklat ataupun hijau berlendir serta berbau busuk mampu diagnosa Kolera. Adanya bakteri menyerang pernapasan serta pencernaan
1. Malam diminumkan air kunyit.
2. Tumbukan jahe, kunir, kencur serta lempuyang. Air perasan ini dicampurkan pada air minum.
Sedangkan ampasnya campurkan pada tidak banyak pakan. Serta sebaiknya ayam yng mencret yang telah di sebutkan di pisahkan dari ayam yng lain yang dengannya mengurungnya ditempat yng Anget , jangan tidak ingat membersihkan sangkar ayam pula. Umumnya penyakit mencret ini memanglah biasa berlangsung tatkala perubahan musim.
3. Olesin diperut ayam pake minyak kayu putih ataupun minyak tawon.
Selengkapnya baca tulisan atau artikel 6 Ramuan Obat Herbal/Alami Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ayam Aduan
Nafsu Makan Berkurang
Nafsu makan berkurang. Beberapa tatacara mengatasi:
1. Ayam aduan diberi tambahan makanan yng bervariasi mampu yang dengannya memberikan singkong mentah ataupun direbus pula mampu ataupun ubi malah talas rebus, menambahkan sayuran ataupun daun-daunan semisal daun pepaya, bayam, singkong, lengko serta pegagan ataupun yng ada di sekeliling kita saja semisal bawang putih, bawang merah serta jahe ataupun mampu pula sayuran semisal daun papaya ataupun mampu pula yang dengannya vitamin tambahan buatan pabrik. Adapun tatacara membuat serta pemberiannya, siapkanlah bawang putih 3-4 siung, jahe 3 batang diiris hingga halus ditambah parutan 10 gr jahe lantas campurkan pada pakan setiap pagi bagi atau bisa juga dikatakan untuk 10 ekor ayam dewasa. Daun pepaya yng direbus lantas air rebusannya diminumkan ke ayam pula baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah nafsu makan.Secara rutin serta terpola berikanlah pada ayam 2-3 bulan sekali bergantung dari kondisi serta keadaan ayam aduan.
2. Tambahkan air andai nafsu makan turun, yang dengannya kadar air dalam pakan seharusnya tak melebihi dari 14% yng nantinya akan membantu nafsu makan ayam aduan bertambah besar lagi.
3. Resep lain: ruas temu kunci yng besarnya se ibu jari, gula merah secukupnya, asam jawa secukupnya. Tatacara pembuatanya: seluruh bahan di atas di cuci sampai-sampai bersih, seteh brsih,seluruh bahan di campur jadi satu.Bakar bahan di atas sampai-sampai matang. Mampu kita berikan pada ayam bangkok sehari-hari berikan pada malam hari.
4. Minyak ikan, minyak ikan ini terbukti memiliki kegunaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan pola makan ayam aduan, lantaran minyak ikan ini tidak sedikit memiliki kandungan zat-zat protein ataupun vitamin yng tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam bangkok.
5. Mempergunakan terasi, terasi ini sumber protein tinggi, lantaran dalam terasi terdapat udang rebon yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam aduan. Tatacaranya yang dengannya memberikan tidak banyak saja terasi pada ayam bangkok
6. Temulawak, temulawak ini satu dari sekian banyaknya tumbuhan tradisional indonesia yng memilki tidak sedikit kegunaan, di antaranya merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk meiningkatkan nafsu makan ayam aduan.
7. Kencur, kencur ini memberikan manfaat pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan nafsu makan, lantaran kencur ini bisa membantu secara tak langsung, lantaran kencur kaya minyak atsiri yng membuat pencernaan lebih segar, menjadikan pencernaan lebih lancar.
8. Obat-obatan yng mampu pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk di pakai merupakan obat ataupun produk yng memiliki kandungan cyproheptadine (dipakai pada hewan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan nafsu makan, hewan uji kucing), pizotifen (efek serta kinerja mirip yang dengannya cyproheptadine), ataupun lysin (asam amino, dipakai pada sirup bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan nafsu makan pada anak serta balita).
Baca selengkapnya pada 14 Cara Mengatasi Nafsu Makan Berkurang Pada Ayam
Sekian dulu, mudah-mudahan memberikan manfaat. Salam penghobi ayam laga.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.hobiayam.web.id/2016/06/menjadi-dokter-ayam-aduan-part-2.html.

Seputar Menjadi Dokter Ayam Aduan: Part 2

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menjadi Dokter Ayam Aduan: Part 2