10 Cara Mencegah Wabah Penyakit Ayam Bangkok

- 22.18

10 Cara Mencegah Wabah Penyakit Ayam Bangkok

 
Di musim pancaroba, bukan cuma kita-kita saja yng akan menjadi gampang terserang penyakit. Ayam bangkok aduan yng Kamu punyai pun pastilah mengalami hal yng percis.
Tatkala cuaca tak menentu, perkembangbiakan patogen penyebab penyakit, semisal virus, bakteri, serta jamur memanglah sangatlah cepat. Di sisi lain, yang dengannya kondisi cuaca yng demikian, kekebalan tubuh bahkan menjadi turun drastis. Hal ini dia yng memungkinkan penyakit jadi Amat cepat menyebar serta menjangkiti kita serta ayam-ayam kita.

Mencegah Wabah Penyakit Ayam Bangkok

Pada kita-kita, efek wabah penyakit di musim pancaroba mampu disebut tak terlalu jadi masalah. Akan tetapi, efek yng ditimbulkan dari penyebaran penyakit pada ayam mampu dikata sangatlah bervariasi, mulai dari yng ringan, sampai-sampai yng efeknya berat.
Tips Mencegah Wabah Penyakit Ayam Bangkok
  1. Obat Cacing bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ayam Bangkok
  2. Obat Ayam Lumpuh Tradisional
  3. Obat Ayam Ngorok
Pada kasus flu burung misalnya, akibat yng ditimbulkan dari inveksi serta penyebaran virus ini seringkali hingga membuat tidak sedikit peternak ayam mengalami frustasi lantaran ayam-ayam di sangkar orang-orang mati yang dengannya Amat cepat. Secara finansial, ekonomi, ataupun psikologis efek ini tentu Amat memprihatinkan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, diharapkan langkah-langkah pencegahan yng mampu menangkal seluruh penyakit yng datang ke peternakan kita supaya beragam efek yang telah di sebutkan tak kita alami.
Didasari pengalaman saya menjadi peternak ayam bangkok aduan selama 12 tahun, pencegahan penyakit pada ayam sebetulnya mampu di lakukan yang dengannya cara serta tatacara yng gampang. Asalkan kita telaah serta sigap memperkirakan keadaan, insyaAlloh kita mampu melewati musim penyakit ayam yang dengannya senyum simpul. Berikut akan saya bagikan tips-tips serta tatacara mencegah penyakit ayam bangkok yng biasa saya terapkan di peternakan saya.

1. Pemilihan Tempat Sangkar

Tempat sangkar merupakan satu dari sekian banyaknya kunci berhasil budidaya ayam bangkok. Sangkar yng terdapat atau terletak di tempat yng tidak baik mampu memberi pengaruh kelangsungan usaha budidaya, lebih-lebih terkait tingkat penyebaran penyakit ayam, begitupun sebaliknya. Oleh lantaran itu, tindakan pencegahan ini sebaiknya menjadi early warning bagi Kamu yng baru akan mengawali bisnis budidaya ayam bangkok.
Bagi saya, syarat utama tempat sangkar yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya ayam bangkok tak Perlu muluk-muluk. Yng utama merupakan pilihlah tempat yng benar-benar jauh dari tempat budidaya ayam potong. Ayam potong biasanya dibudidayakan dalam jumlah yng Amat besar menjadikan mungkin jumlah virus penyebab penyakit pada ayam di tempat itu pula Amat besar.

2. Tak Mencampur Ayam

Tips mencegah penyakit ayam bangkok yng mampu Kamu lakukan selanjutnya merupakan usahakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan menejemen peletakan sangkar secara tepat. Jangan pernah mencampurkan ayam dalam satu sangkar besar. Buatlah sangkar yng simpel dantidak terlalu besar bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu ekor ayam saja. Sekat-sekat antar sangkar Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah penularan penyakit.

3. Perhatikan Kebersihan Sangkar

Melindungi kebersihan sangkar serta tingkat kelembaban tanah di sekeliling sangkar pula Amat penting dalam mencegah penyakit ayam bangkok. Semisal diketahui bahwasanya sangkar yng kotor serta lingkungan yng lembab merupakan tempat parasit penyebab penyakit berkembang biak. Oleh lantaran itu, jangan biarkan tempat yng menjadi lingkungan hidup ayam bangkok Kamu menjadi sarang penyakit. Lakukan pembersihan sangkar secara rutin minimal seminggu sekali serta buatlah drainase (saluran air) supaya tanah yng basah di sekeliling sangkar mampu cepat kering.

4. Sangkar Perlu Steril

Sangkar ayam bangkok Perlu terhindar dari lantas lalang orang ataupun hewan lain-lainnya. Orang-orang mampu saja menjadi mediator yng membawa bibit penyakit dari luar masuk ke dalam sangkar. Pagar keliling mempergunakan batu bata didasari pengalaman saya cukup efektif mencegah penularan penyakit yng datang lantaran vektor hewan, kita-kita, dan udara yng masuk ke lingkungan sangkar. Ya, walau bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuatnya kita butuh menganggarkan dana besar, namun hasil nya pasti memuaskan dalam jangka panjang.

5. Tindakan Karantina

Setiap ada ayam bangkok Kamu yng sakit ataupun ada ayam bangkok baru yng Kamu beli dari peternak lain, usahakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan tindakan karantina berlebi dahulu. Karantina dimaksudkan supaya ayam sakit tak menulari ayam yng sehat serta ayam yng berasal dari tempat lain mampu dipastikan tingkat kesehatannya.
Tindakan karantina tak butuh waktu lama. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam sakit, karantina di lakukan sampai-sampai ayam yang telah di sebutkan pulih serta kembali sehat. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam baru, setidaknya karantina di lakukan selama 1 minggu.

6. Melindungi Ayam tatkala Tidur

Penularan penyakit seringkali berlangsung tatkala malam hari. Hal ini saya telah saya buktikan berulang-ulang. Ayam yng pada sore harinya masih sehat serta bugar, seringkali di musim penyakit pada pagi harinya ayam yang telah di sebutkan telah didapati mati kaku.
Saya biasa mensiasati masalah ini yang dengannya melakukan penyelubungan sangkar ayam mempergunakan kain. Selain membuat kondisi dalam sangkar menjadi Anget serta ayam bebas dari gigitan serangga, penyelubungan ini cukup efektif mencegah penularan penyakit lewat udara. Saya biasa mempergunakan kain-kain bekas banner yng tidak sedikit menumpuk setiap ada acara resmi di tempat kerja.

7. Kebersihan Tempat Pakan

Tempat pakan Suka kali menjadi sumber masalah penyakit ayam, lebih-lebih andai ayam kita makan jenis pakan basah, semisal dedak serta pur. Tempat pakan yng lembab Amat disukai bibit penyakit lantaran selain lingkungan mikronya cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkembang biak, tempat pakan pula umumnya memiliki kandungan karbohidrat yng diharapkan bibit penyakit bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuh. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, andai ingin meminimalkan risike serangan penyakit ayam bangkok, Kamu pula butuh memelihara tingkat kebersihan tempat pakan orang-orang.

8. Desinfektasi

Walau dalam peternakan skala kecil, desinfektasi pula kadang diharapkan lebih-lebih bila wabah penyakit ayam di sekeliling lingkungan sangkar telah Amat menggejala. Saya umumnya menyemprot sangkar mempergunakan cairan desinfektan yng Amat simpel, yaitu mempergunakan air sabun. Kandungan bahan aktif di sabun cair ataupun sabun batangan yng telah diemulsikan telah cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk membunuh seluruh kuman penyebab penyakit pada ayam bangkok.

8. Pakan, Jamu, Suplemen, serta Vitamin

Sesudah seluruh tatacara pencegahan penyakit ayam bangkok yng saya jelaskan di atas telah di lakukan, sekaranglah saatnya mengeluarkan jurus pamungkas. Andai cara-cara di atas lebih difokuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pencegahan penyakit dari lingkungan luar, tatacara yang terakhir ini adalah tatacara yng kita lakukan langsung pada ayamnya, yakni yang dengannya tatacara menaikan system imunitas ataupun kekebalan tubuhnya dari serangan penyakit. Tatacaranya yakni yang dengannya memberikan asupan pakan yng cukup, jamu, suplemen, dan vitamin sesuai kebutuhan.
Saya tak akan menjelaskan secara rinci bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng satu ini lantaran telah pernah sempet saya bahas pada tulisan atau artikel sebelum-sebelumnya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk jamu pencegah penyakit ayam Kamu mampu mengetahui ramuan yng biasa saya genakan pada tulisan atau artikel di link ini, sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk vitaminnya, Kamu mampu baca di link ini.
Demikianlah sekilas pemahaman saya mengenai tatacara mencegah penyakit ayam bangkok yng saya punyai serta mampu saya bagikan. Mudah-mudahan mampu diambil manfaatnya menjadikan ayam-ayam bangkok aduan kesayangan kita terhindar dari bala penyakit di masa depan. Salam.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ayambangkok.web.id/2016/04/mencegah-wabah-penyakit-ayam-bangkok.html.

Seputar 10 Cara Mencegah Wabah Penyakit Ayam Bangkok

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 10 Cara Mencegah Wabah Penyakit Ayam Bangkok