30 Jenis Ayam Hias Yang Menarik Untuk Dipelihara

- 15.22

30 Jenis Ayam Hias Yang Menarik Untuk Dipelihara

 
Buat sobat penghobi ayam hias, berikut beberapa jenis ayam hias yng menarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipelihara:
1. Ayam Cemani
amusingplanet.com
Ayam cemani merupakan ayam khas dari Indonesia. Tanda khas ayam cemani merupakan warna-nya yng serba hitam. Bukan cuma bulunya, seluruh tubuh ayam cemani berwarna hitam. Harga ayam ini pula Amat tidak murah, ayam cemani asli yng istemewa kemistisannya mampu seharga 2.000.000 sampai-sampai 250.000.000 per ekor umur dewasa. Namun kalau cemani pada biasanya mampu mulai yang dengannya harga 500.000 rupiah. Umumnya ayam cemani dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk ritual gaib, bisa menyembuhkan banyak sekali penyakit serta terkenal menjadi ayam pembawa hoki. Untuk itulah ayam cemani tidak sedikit diburu oleh tidak sedikit orang serta ayam ini salah satunya ayam langka.
Andai kamu seorang muslim, jangan pernah menjadikan ayam cemani menjadi bahan ritual lantaran hal itu salah satunya syirik. Ayam cemani seharusnya dijadikan menjadi ayam peliharaan ataupun ayam hias semata lantaran keunikan bentuk serta warna-nya yng serba hitam.
Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Sejarah, Tanda, Mitos, Harga serta Peristiwa Ihwal Ayam Cemani.
2. Ayam Hutan Merah
ayamhutan-kw1.blogspot.com
Ayam hutan Merah ataupun Gallus-gallus. Ayam hutan merah adalah jenis ayan hutan yng penyebarannya cukup luas, antara lain di Indonesia, China, serta India. Jenis ayam ini mempunyai 5 sub spesies, antara lain: gallus-gallus di Sumatra serta Sulawesi serta gallus-gallus bankiva di Pulau Jawa serta Madura. Sedangkan ketiga spesies lain-lainnya terdapat di luar Indonesia, yakni di India serta Bangladesh terdapat gallus-gallus murghi, di Myanmar serta vietnam terdapat gallus-gallus spadiceus, serta di China Selatan serta Hainan terdapat gallus-gallus jaboullei. Ayam Hutan Merah (Gallus-gallus bankiva) yng tersebar di pulau Jawa serta Madura memiliki bobot dewasa jantan 0,7 Kg serta betina 0,4 Kg. Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Ayam Hutan Merah Menjadi Cikal Bakal Ayam Peliharaan.
3. Ayam Hutan Hijau ataupun Gallus Various.

Ayam jantan hutan hijau mempunyai ukuran panjang sekitar 70 cm serta berat badannya sekitar 0,7-1,5 kg. Bulu dada hitam berbaur hijau mengkilap yang dengannya ujung ke kuning-kuningan, bulu ekor panjang melengkung, berwarna hitam. Bulu leher kecil-kecil, merah kekuning-kuningan, jengger bulat rata, pial tunggal serta bunyi kokoknya ce-ki-krek. Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Mengenal Ayam Hutan Hijau.
4. Ayam Hutan Sri Langka

Ayam Hutan Srilangka yng pula dikenal yang dengannya sebutan Ayam Hutan Ceylon merupakan anggota keluarga burung yng endemik di srilangka. Hewan ini menjadi burung kebangsaan bagi negara ini. Ayam hutan Sri Lanka berkait rapat yang dengannya ayam hutan Merah (G. gallus), sejenis ayam hutan liar yng menjadi asas bagi ayam peliharaan pada hari ini.
5. Ayam Hutan Kelabu
carabudidayaternak.net
Ayam Hutan Kelabu ataupun Gallus sonneratii. Ayam ini berukuran tengah, ayam jantan yang dengannya panjang sekitar 80cm. Ayam betina berukuran lebih kecil, yang dengannya panjang sekitar 38cm. Ayam hutan jantan mempunyai bulu-bulu leher, tengkuk serta mantel berwarna kelabu berbintik hitam-putih yang dengannya kulit muka merah, bercak putih di indera pendengaran, paruh kuning kecoklatan, iris mata kuning. Ekor hitam keunguan yang dengannya bulu sedang ekor yng panjang serta melengkung ke bawah. Sisi bawah tubuh berwarna kelabu bergaris putih serta kakinya berwarna kuning kemerahan terang yang dengannya sebuah taji.
Dibeberapa negara ayam ini Suka dijadikan ayam lomba, dimana keunikan bentuk orang-orang yng menajdi penilaiannya, semakin cantik bentuk jambul orang-orang maka semakin tidak jelek alias bagus penilaian dari juri – juri. Menjadi ayam hias maka memanglah jarang sekali ayam polland dijadikan ayam potong, akan tetapi membudidayakan orang-orang tergolong susah lantaran beberapa kasus ayam polland Suka membunuh anaknya sendiri yng baru menetas.
6. Ayam Kapas (Silkie Hen)
reddit.com
Di Indonesia ayam silkie dikenal yang dengannya nama ayam kapas. Penamaan ini lantaran ayam kapas memanglah mempunyai bulu yng halus semisal kapas serta unik. Mungkin berasal dari China, mempunyai bulu semisal kapas yng mengembang berdiri menjadikan tampak besar dari kejauhan. Warna bulunya putih, dibelakang jengger terdapat jambul yng tumbuhnya mengarah ke belakang. Bobot ayam jantan 0,8 kg serta betina 0,6 kg. Bulu orang-orang yng panjang memanglah berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi tubuh orang-orang tetap Anget tatkala iklim ekstrim di china yng terkadang datang mendadak. Percis semisal ayam poland lantaran keunikan bulu, ayam ini Suka dijadikan ayam lomba di beberapa negara. Keunikan lain-lainnya merupakan jari kaki ayam ini ada 5 berbeda denga ayam yng umumnya cuma berjari 4.
Daging serta tulang ayam kapas berwarna hitam serta dipercaya memiliki ramai sekali khasiat. Untuk mampu menikmati ayam kapas, anda mesti merogoh kocek lebih dalam lantaran harganya yng tidak murah. Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Belajar Budidaya Ayam Kapas Dari Peternak Berhasil.
7. Ayam Plymouth Rock
imglop.com
Ayam Plymouth Rock disebut pula ayam rock ataupun ayam bareed rock. Warna bulunya bercorak hitam-putih semisal terlihat di gambar. Jenis ayam yng berasal dari Amerika ini umumnya diternakkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk diambil daging serta telurnya.
Seiring perkembangan zaman, makin tidak sedikit orang yng melakukan penyilangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan jenis ayam baru. Tatkala ini varietas ayam plymouth rock terdiri dari Barred Plymouth Rock, Buff, White Rock serta Blue Plymouth Rock.
8. Ayam Orpington
roysfarm.com
Semisal namanya, ayam orpington merupakan ayam yng berasal dari daerah Orpington, Inggris. Ayam orpington adalah hasil persilangan antara ayam minorca yang dengannya plymouth rock yng lantas disilangkan lagi yang dengannya ayam langshan.
Persilangan ini di lakukan supaya tercipta jenis ayam yng tumbuh cepat yang dengannya poduksi telur tinggi. Makanya tak heran gambar di atas memperlihatkan ayam orpington yng Amat bongsor, hoho.
9. Ayam Phoenix
www.backyardchickens.com
Ayam phoenix adalah kerabat dekat dari ayam onagadori, yakni ayam yng mempunyai bulu ekor yng panjang. Panjang bulu ekornya mampu mencapai 12 hingga 27 cm, panjang ekor yang telah di sebutkan diperoleh dari pemilihan gen paling baik yng memungkinkan bulu ekor bisa terus tumbuh.
Ayam phoenix merupakan keturunan dari ayam onagadori Jepang yng dikembangkan di Jerman.
Ayam phoenix adalah hewan produktif serta aktif bergerak, ayam phoenix butuh makanan berprotein tinggi supaya ekornya bisa tumbuh panjang optimal. Tempat yng paling cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk memelihara ayam phoenix merupakan di perkebunan yng luas, orang-orang akan tumbuh yang dengannya baik bila diletakkan di tempat yng bebas.
10. Kate
Ayam kate berperawakan kecil, berkaki pendek serta unik lantaran mempunyai banyak sekali kelebihan dibandingkan yang dengannya ayam biasa, lebih-lebih dalam hal keindahan bulu, jengger, penampilan fisik serta tingkah laku. Ada beberapa jenis ayam kate, antara lain:
1. Ayam kate lokal
2. Ayam kate batindo
3. Ayam kate Bangkok
4. Ayam kate Emas
5. Ayam kate cochin
6. Ayam kate kaki pedang
11. Ayam Leghorn
pinterest.com
Anda suka yang dengannya negara Italia? Andai belum pernah sempet kesana, kenalan dulu nih yang dengannya ayam khas Italia, hehe. Iya, ayam Leghorn merupakan satu dari sekian banyaknya jenis ayam yng berasal dari Italia. Di Italia ayam ini dikenal pula yang dengannya livorno ataupun livornese.
Ayam leghorn biasanya berwarna putih cantik. Akan tetapi ada pula varian ayam leghorn yang dengannya warna yng lain.
12. Ayam Balenggek
abstrakofruz.blogspot.com
Ayam Balenggek ataupun biasa disebut yang dengannya kokok balenggek ini merupakan satu dari sekian banyaknya ayam lokal yng berasal dari Kabupaten Solok, Sumatera Barat.
Kata balenggek dalam bahasa warga atau juga bisa dikatakan masyarakat minang memiliki arti yakni irama bertingkat. Usut punya usut, diluar dugaan kokok dari ayam jantan ini memiliki tanda khas irama yng bertingkat dari 3 hingga 12 lenggek.
Biasanya kokok ayam terdiri atas 3 bagian, yaitu bagian depan, sedang serta akhir ataupun biasa lenggek kokok. Ayam kampung misalnya, ayam yang telah di sebutkan mempunyai kokok yng terbagi atas empat suku kata. Lantas suku kata yng yang terakhir lebih panjang dari tiga suku kata sebelumnya. Jenis ayam ini dibedakan menjadi 3 jenis, didasari bentuk fisiknya, atara lain:
1. Yungkilok Gadang
2. Ratiah
3. Randah Batu
13. Ayam Randah Batu
duniaq.com
Ayam randah batu ataupun disingkat yang dengannya kata ranbat, adalah satu dari sekian banyaknya ayam asli Indonesia yng berasal dari Sumatera Barat.
Ayam ini tergolong ke dalam kelas ayam kate/ratiah. Karakteristik yng mencolok dari ayam ini terlihat pada kaki dan ruas jarinya yng pendek. Disisi lain kesan kekar dalam ayam ini makin terlihat terang lantaran lingkaran kakinya yng amat besar.
Percis semisal ayam kampung pada biasanya, warna bulu ayam randah batu yng menarik membuat jenis ayam dijual yang dengannya banyak sekali varian warna, semisal jengger wilah, sumpel dan juga lain-lainya.
14. Ayam Pelung
situshewan.com
Ayam Pelung adalah ayam lokal asli Indonesia yng berkembang di daerah Cianjur serta Sukabumi Jawa Barat. Tanda-cirinya: bertubuh besar, tegap serta tatkala berdiri tegak temboloknya tampak menonjol. Kakinya panjang serta kuat yang dengannya paha yng berdaging tebal. Ayam jantannya mempunyai wilah yng besar, tegak, bergerigi serta berwarna merah cerah sedangkan pada ayam betina tak berkembang yang dengannya baik.
Walaupun terlihat sejenis yang dengannya ayam kampung, akan tetapi andai dilihat secara seksama nampaknya ada beberapa perbedaan antara ayam pelung yang dengannya ayam kampung lain-lainnya. Di antaranya merupakan terdapat tanda khas dibagian ukuran jengger serta badannya yng besar.
Dalam suatu lomba kokok ayam pelung, kriteria yng dinilai juri memanglah bukanlah cuma semata-mata bunyi kokoknya saja. Lantaran hal yang telah di sebutkan akan menyulitkan peserta pemula yng cuma mengerti bagaimana ciri-ciri ayam pelung paling baik secara teorinya saja.
15. Ayam Cochin
everything-poultry.com
Ayam ini adalah ayam yng berasal dari china akan tetapi berkembang di inggris, selain inggris ayam ini pula tidak sedikit di ternak di prancis oleh pengembang asal vietnam. Ayam hias yng mempunyai keunikan lantaran terdapat tidak sedikit bulu dikakinya jadi nampak semisal ayam yng mempergunakan sepatu bulu. Tidak sedikit orang mengujarkan bahwasanya gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk merawat orang-orang berlebi percis semisal ayam lain orang-orang cuma butuh diberi pakan jagung serta orang-orang biasa mencari makan sendiri di rerumputan.
16. Ayam Brahma
henleechickens.co.uk
Ayam brahma adalah jenis ayam hias yng multiguna lantaran bisa dimanfaatkan daging serta telurnya. Ayam brahma pertama kali dikembangkan di India, tepatnya di daerah Brahmaputra.
Semula ayam brahma cuma dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk diambil dagingnya, lantaran produksi telurnya pula tidak sedikit ayam brahma lantas dijadikan pula menjadi ayam petelur. Akan tetapi ayam brahma pula mempunyai kaki yng ditumbuhi yang dengannya bulu-bulu yng cantik, menjadikan dijadikan juga menjadi ayam hias.
Ayam brahma betina mempunyai berat tubuh rata-rata 4 kg, sedangkan ayam brahma jantan berat tubuhnya mampu mencapai 6 hingga 7 kg.
Berbanding jauh yang dengannya berat tubuh ayam kampung yng cuma 2 hingga 2,5 kg. Ayam brahma Amat jinak serta mempunyai kemampuan bertahan dalam kondisi iklim yng berbeda, menjadikan bisa hidup di negara yng beriklim dingin ataupun panas. Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Ayam Brahma Yang dengannya Ukuran Jumbo Bernilai Fantasti.
17. Ayam Ameraucana
backyardchickes.com
Ayam ameraucana berasal dari Amerika. Ayam ini berada masih berada dalam kelompok ayam auracana lantaran memanglah perpaduan antara american serta auracana.
Ayam ameraucana mempunyai warna yng Amat variatif semisal hitam, biru, cokelat kemerahan, silver serta warna lain-lainnya. Yang unik dari ameraucana merupakan adanya bulu yng menonjol serta panjang di bagian indera pendengaran ataupun pipi si ayam.
18. Ayam Batik ( Sebright)
owlcentre.com
Di Indonesia Ayam sebright dikenal yang dengannya nama ayam batik. Hal ini lantaran corak warna ayam ini memanglah menyerupai motif batik. Meskipun bernama ayam batik akan tetapi ayam ini bukan berasal dari indonesia, tempat asli asli orang-orang berasal dari Eropa yng dikenal pula yang dengannya nama Sebrict Bantam di Inggris, tidak sedikit orang pula mengira ini merupakan ayam yng berasal dari italia akan tetapi itu pun salah kampung halaman ayam ini merupakan inggris. Warna bulunya berukir-ukir semisal batik yang dengannya motif sisik ikan yng terang serta rapih. Mempunyai warna dasar coklat kemerahan ataupun kekuningan serta disebut Batik Kanada, dan yng berwarna dasar putih keperakan disebut Batik Italy. Bukan cuma di indonesia, ayam ini pula sudah memikat hati tidak sedikit orang di dunia menjadikan penyebaran ayam ini sudah meluas ke seluruh dunia.
19. Ayam Polish ataupun Poland
backyardchickencoops.com.au
Ataupun Suka pula disebut Black Poland, meskipun namanya mempunyai embel-embel polland diluar dugaan ayam ini tidk berasal dari polandia, kampung halaman ayam ini adalah russia. Orang-orang ini adalah jenis ayam yng unik lantaran bentuk orang-orang yng Suka menjadi sorotan tidak sedikit orang warna-nya hitam mulus, ayam jantan punya jengger semisal tanduk ataupun berbentuk V serta berwarna merah cerah, dibelakang jengger ada jambul ataupun bulu mahkota yng panjang, lebat serta kaku yng berwarna putih. Jengger ayam betina tak nampak lantaran tertutup bulu mahkota yng berbentuk kribo. Baca selengkapanya pada tulisan atau artikel Kesempatan Bisnis Ternak Ayam Poland Menjanjikan.
20. Ayam Rosecomb
poultryshowcentral.com
Dinamakan rosecomb lantaran ayam ini mempunyai jengger yng berbentuk unik. Dalam bahasa Inggris comb pengertiannya jengger serta rose pengertiannya bunga mawar. Bentuk jengger ayam ini memanglah tidak banyak menyerupai bunga mawar. Berbeda dari jengger ayam pada biasanya.
Tanda khas lain dari ayam ini merupakan indera pendengaran yng berukuran besar serta berwarna putih. Ayam Rosecomb ataupun rosecomb chicken berasal dari Inggris.
21. Ayam Naked Neck
sixpenceee.com
Naked neck dalam bahasa Inggris simpel mampu diartikan menjadi leher telanjang. Iya, ayam jenis ini tak mempunyai bulu di bagian leher serta kepalanya. Ayam ini pula dikenal menjadi transylvanian naked neck lantaran memanglah berasal dari daerah Transylvania. Nama lain dari ayam unik ini merupakan turken ataupun Kaalnek.
22. Ayam Onagodari
bamsbreeder.blogspot.com
Ayam Onagodari merupakan jenis ayam yng berasal dari Jepang. Ayam hias ini memiliki bulu yng berwarna putih bersih serta ada pula yng berwarna hitam.
Bentuk ekornya Amat khas serta unik, yakni berumbai-rumbai panjang, menjadikan ayam ini terlihat Amat anggun. Untuk anda yng ingin memelihara jenis ayam yng satu ini, anda Perlu siap-siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk direpotkan lantaran ayam ini lumayan manja, khususnya dalam soal makanan.
Di jepang sendiri ayam ini mempunyai gelar terhormat lantaran kaisar jepang tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilihara ayam onagodari di kediamannya. Orang-orang salah satunya ayam manja, lantaran andai anda sekalian tak memberikan pakan yng biasa dimakan maka ayam ini akan mogok pakan, sungguh ayam yng unik.
23. Ayam Ketawa
gambarbinatang.com
Ayam ini memiliki nama yng unik. Bukan cuma orang yng bisa tertawa, ayam pula mampu. Tak heran unggas yng satu ini diberi nama ayam Ketawa. Bunyi kokoknya mirip semisal orang yng tengah tertawa.
Dulunya ayam ini dipelihara serta dibudidayakan oleh para bangsawan di kerajaan Bugis, Sulawesi Selatan. Ayam Ketawa merupakan simbol status sosial serta budaya bangsawan yng pantang menyerah, gagah berani serta berhasil.
Secara fisik, unggas yng pula disebut Ayam Jantan dari Timur ini hampir mirip yang dengannya ayam kampung biasa. Mulai dari ukuran, bentuk, gerak-gerik serta warna-warni bulunya menyerupai ayam kampung. Perbedaannya, ayam Ketawa sudah bisa berkokok sejak berusia tiga bulan.
Namun bagi atau bisa juga dikatakan untuk orang yng baru pertama kali mendengarnya, bunyi kokoknya lebih mirip burung perkutut.
Ada tiga jenis ayam ketawa:
Pertama; yakni Gretek, ayam Ketawa yng mengeluarkan bunyi orang ketawa yang dengannya jarak antara bunyi tertawa cepat tatkala berkokok.
Kedua; Gaga, ayam Ketawa yng interval bunyi ketawanya lambat serta terputus semisal nyaris berhenti akan tetapi masih berlanjut.
Ketiga; Dodo, kokoknya menyayat hati pendengarnya. Untuk anda yng suka memelihara serta mengembakbiakkan ayam, Amat sarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memelihara ayam ini. Lantaran ayam ini gampang dipelihara serta tahan terhadap banyak sekali jenis cuaca.
24. Ayam Serama
jualayamserama.wordpress.com
Ayam Serama adalah satu dari sekian banyaknya jenis ayam hias yng mempunyai bentuk badan yng mungil diantara ayam lain-lainnya. Ayam ini berukuran cuma separuh dari ayam biasa. Ayam hias ini biasa dilombakan yang dengannya mengadu ketangkasannya dalam bergaya.
Meskipun tubuhnya kecil, ayam ini mempunyai gaya yng tinggi. Kepala mendongak semisal orang sombong, dada membusung, posisi sayap terlihat vertikal (tegak). Postur tubuhnya tegap serta bulat. Dada lebih besar dari bagian belakang (punggung) ekor besar, panjang, tinggi serta tegaki.
Memiliki watak meyakini diri serta pemberani. Gaya lebih Suka ditonjolkan, semisal ingin berkokok serta suka berdiri. Itulah beberapa tanda khas dari ayam Kate Serama. Meskipun badannya kecil mungil, akan tetapi harganya luar biasa tidak murah. Seekor anak ayam Serama mampu mencapai jutaan, dilihat dari kualitas serta prestasinya pula.
Dulu kita mengenal ayam kate menjadi ayam terkecil di dunia, saat ini gelar itu di ambil oleh ayam serama. Ayam yng berasal dari negeri jiran ini, tidak sedikit dikenal yang dengannya sebutan kate serama, padahal ayam serama berbeda yang dengannya ayam kate, ayam serama adalah ayam yng mempunyai bobot lebih kecil dari ayam kate, berat orang-orang cuma sekitar 8 ons ataupun 1 kg saja. Sedangkan ayam serama betina cuma berat tidak lebih dari 5 ons. Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel perihal Kesempatan Bisnis Ternak Ayam Serama Menjanjikan.
25. Ayam Sumatera
jesrilzuwito80.blogspot.com
Ayam Sumatera merupakan ayam lokal asli Indonesia yng berkembang di Sumatera Barat. Oleh karena itu, ayam lokal ini kasih nama ayam Sumatera. Penampilan perawakannya tegap serta gagah, akan tetapi ukuran badannya kecil. Ayam Sumatera jantan mempunyai kepala kecil, namun tengkoraknya lebar.
Pipinya penuh (padat), keningnya tebal serta pialnya menggantung ke bawah. Paruh ayam Sumatera biasanya pendek serta kukuh berwarna hitam, yang dengannya kuping kecil serta berwarna hitam. Ayam Sumatera mempunyai jengger berbentuk wilah serta berwarna merah.
Kulit mukanya pula berwarna merah ataupun hitam, ditumbuhi bulu halus yng jarang. Ayam Sumatera jantan memiliki berat badan sekitar 2 kg, sedangkan ayam Sumatera betina memiliki berat badan sekitar 1,5 kg.
26. Ayam Nunukan
ayamnunukan.blogspot.com
Ayam nunukan adalah ras ayam lokal yng paling terkenal di daerah Nunukan, Tarakan. Tanda khas utama dari ayam ini yakni terdapat pada ekor bagian belakangnya yng tak berkembang.
Menjadikan wajar andai ayam ini tampak semisal tak mempunyai ekor. Selain itu, bulu berwarna coklat yang dengannya tidak banyak warna hitam di ujungnya adalah tanda khas lain yng terlihat secara umum dikuasai pada ayam nunukan.
Pertumbuhannya yng berkisar di angka 20 hingga 30% pertahunnya, membuat pertumbuhan ayam ini jauh lebih cepat ketimbang ayam lain. Ditambah lagi yang dengannya produksi telurnya yng dinilai rata-rata jauh lebih tinggi ketimbang ayam kampung manapun.
Oleh lantaran itu, ayam nunukan ini Amat cocok bagi para pelaku wirausahawan yng ingin berkecimpung di dunia peternakan ayam ataupun telur
27. Ayam Kalkun
www.teropongbisnis.com
Ayam kalkun merupakan ayam berukuran besar dari spesies unggas ordo gallifrmes geneus meleagris. Ayam kalkun jantan mempunyai ukuran tubuh yng lebih besar serta bulu yng berwarna-warni dari ayam kalkun betina. Ayam kalkun mempunyai rentan sayap sepanjang 1,5 hingga 1,8 meter.
Terdapat dua spesies ayam kalkun, yakni ayam kalkun M. gallopavo yng berasal dari Amerika Utara serta ayam kalkun M. ocellata dari Amerika Sedang.
Ayam kalkun M. gallopavo mempunyai pial ataupun bagian dibawah paruh yng bergelambir, sedangkan ayam kalkun M. ocellata tak mempunyai pial. Ayam kalkun merupakan jenis hewan aseksual, lantaran unggas ini mempunyai kemampuan yng unik dalam melakukan reproduksi.
Ayam kalkun betina bisa menghasilkan telur fertil tanpa dibuahi oleh kalkun jantan, akan tetapi anakan kalkun yng diperoleh lebih rentan terserang penyakit.
28. Ayam Bekisar
www.gubugberita.net
Ayam bekisar adalah hewan khas Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, jenis ayam yng menjadi kebanggan orang yng berasal dari jawa timur. Ayam bekisar adalah jenis ayam hasil persilangan antara ayam kampung betina yang dengannya ayam hutan hijau. Tanda-ciri khusus dari ayam bekisar yng paling menonjol merupakan bentuk bulu leher yng ujungnya bulat / lonjong bukan lancip. Andai dibandingkan yang dengannya ayam jago biasa maka akan terlihat terang. Warna bulunya lebih indah, didasari warna bulunya ada 3 jenis ayam bekisar:
1. Ayam Bekisar Putih
2. Ayam Bekisar Hitam
3. Ayam Bekisar Multi Warna
Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Membudidayakan Ayam Bekisar Yang Menguntungkan.
29. Ayam Modern Permainan Bantam
eat-for-the-earth.com
Ayam modern permainan merupakan ayam yng berasal dari daratan Britania Raya (Inggris) antara tahun 1850 sampai-sampai 1900. Ayam modern permainan adalah ayam yng dikembangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan ayam hias, bobotnya cuma sekitar satu kilogram, akan tetapi yng unik dari ayam ini merupakan kakinya yng panjang mirip semisal seorang model.
Yang dengannya kaki yng panjang serta badan yng tegak, ayam ini Suka diperlombakan dalam kontes ayam hias di Inggris. Untuk memelihara ayam modern permainan tak butuh tempat yng luas, cukup sediakan sangkar yang dengannya ruang yng cukup.
Ayam modern permainan butuh makanan rendah kalori bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi bentuk tubuhnya tetap ramping.
30. Ayam Arab
wikipedia.org
Ayam arab adalah keturunan dari ayam brakel kriel-silver dari Belgia. Disebut ayam arab lantaran dua hal: pejantannya mempunyai daya seksual yng tinggi serta keberadaannya di Indonesia melalui telurnya yng dibawa oleh orang yng menunaikan ibadah haji dari Mekah.
Ayam arab gampang dikenali dari bulunya. Pada sepanjang leher berwarna putih mengkilap, bulu punggung putih berbintik hitam, bulu sayap hitam bergaris putih serta bulu ekor secara umum dikuasai hitam bercampur putih. Tengah jenggernya berbentuk kecil berwarna merah muda serta mata hitam yang dengannya dilingkari warna kuning.
Secara genetik, ayam arab tergolong galur ayam buras yng unggul, lantaran mempunyai kemampuan produksi telur yng tinggi. Kebanykan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat mempergunakan serta memanfaatkan ayam arab bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan telur bukan daging, lantaran ayam arab mempunyai warna kulit yng kehitaman serta daging tipis dibanding ayam buras biasa menjadikan dagingnya tidak lebih disukai warga atau juga bisa dikatakan masyarakat.
Terimakasih for: wikipedia.org
satujam.com kaskus.com situshewan.com

Sumber rujukan dan gambar : http://www.hobiayam.web.id/2016/08/28-gambar-ayam-hias-dari-berbagai-negara.html.

Seputar 30 Jenis Ayam Hias Yang Menarik Untuk Dipelihara

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 30 Jenis Ayam Hias Yang Menarik Untuk Dipelihara