Penyakit Virus Pada Ayam

- 13.13

Penyakit Virus Pada Ayam

 
wikipedia.org
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk hewan unggas, aneka macam jenis penyakit virus gampang sekali menular, serta tidak sedikit diantaranya Amat ditakuti peternak lantaran keganasannya. Hingga tatkala ini belum didapati obat yng efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyembuhan penyakit yng penyebabnya yaitu oleh virus.
Ayam memanglah gampang diternak, namun pula Amat rawan terhadap penyakit. Di antara aneka macam jenis penyakit menular yng tidak sedikit mengancam, penyakit menular yng penyebabnya yaitu oleh virus adalah jenis penyakit yng paling ditakuti. Virus lebih lembut dari bakteri, lantaran jasad renik inibisa tembus dari saringan bakteri. Ia tak mampu dilihat yang dengannya mikroskop biasa. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihatnya secara terperinci dibutuhkan foto yang dengannya mempergunakan mikroskop elektron.
Penyakit virus gampang sekali menular. Baik secara kontak langsung ataupun lewat perantara benda-benda lain. Misalnya udara, air minum, makanan, serta alat-alat peternakan yng tercemar. Di antara aneka macam jenis penyakit akibat virus yng Suka merugikan peternakan ayam antara lain merupakan tetelo atau juga ND (New Cattle Desease), cacar unggas atau juga Fowl Pox, leukosis, lumpuh marek atau juga marek's disease, gumboro atau juga infectious bursal disease, salesma ayam atau juga infectious laryngotracheitis, serta kini flu burung, dll. Berikut akan dijelaskan beberapa penyakit yng diakibatkan oleh virus.
1. Tetelo merupakan penyakit yng penyebabnya yaitu oleh virus dari golongan Paramixovirus. Keganasannya bergantung dari strain ataupun tipenya. Penyakit ini menyerang alat pernafasan, susunan serta jaringan syaraf, dan alat-alat reproduksi telur. Yng ganas cepat sekali menular, serta seringkali memicu kematian secara tiba-tiba.
2. Cacar unggas merupakan penyakit bercak-bercak kulit yng penyebabnya yaitu oleh virus Borreliota avium. Menyerang rongga mulut, hulu tenggorokan, daerah sekitar mata, jengger serta pial. Selain secara kontak langsung, penyakit ini mampu meluar lewat perantaraan nyamuk serta lalat.
3. Leukosis merupakan penyakit tumor menular yng bersifat menahun. Penyebabnya merupakan virus leukosis. Gejala dimulai yang dengannya timbulnya pertumbuhan abnormal pada sel-sel darah putih. Tumor yng menyerang jaringan syaraf akan memicu kelumpuhan pada leher, sayap serta kaki. Yng menyerang mata akan membuat bentuk mata tak normal, rabun ataupun buta percis sekali. Yng menyerang organ bagian dalam (hati, ginjal, limpa serta ovarium) akan membuat ayam berjalan tegak semisal itik, serta penyakitnya disebut big liver disease. Akibatnya hati akan membengkak 3 hingga 4 kali normal, kotorannya encer, tubuh kurus, jengger serta pial pucat berkerut.
4. Lumpuh marek merupakan penyakit lumpuh yng penyebabnya yaitu oleh virus herpes. Menyerang anak ayam berumur 1-5 bulan. Gejalanya ditandai kejang lumpuh yang dengannya kaki satu ke depan serta kaki lain-lainnya kebelakang. Selain itu pula memicu pembesaran yng mencolok pada syaraf serta timbulnya tumor pada organ dalam, kulit serta otot.
5. Gumboro merupakan penyakit yng menyerang bursa fabricii (kelenjar bulat terdapat atau terletak di atas kloaka), penyebabnya merupakan virus gumbaro. Anak ayam umur 1-12 hari yng di kenai penyakit ini tak begitu nampak tanda-tandanya. Namun anak ayam umur 3-6 minggu akan menunjukan gejala yng khas. Anak ayam tampak lesu, mengantuk, bulu mengkerut, bulu sekitar dubur kotor, mencret keputih-putihan, serta duduk yang dengannya sikap membungkuk. Suka mematuki duburnya sendiri, menjadikan memicu luka serta pendarahan. Ayam yng mati bangkainya cepat sekali membusuk.
6. Salesma ayam merupakan penyakit yng penyebabnya yaitu virus avium. Menyerang saluran pernafasan. Gejalanya sesat nafas, batuk-batuk, mata serta hidung meradang berair, serta susah bernafas lantaran adanya lendir berdarah dalam rongga mulut. Bila benafas kepala ditegakkan, serta waktu mengeluarkan nafas kepala ditundukkan yang dengannya mata terpejam. Penyakit ini bersifat akut.
Obat yng efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyembuhkan penyakit virus hingga tatkala ini belum ada. Namun pengobatan yang dengannya antibiotika ataupun kombinasi yang dengannya obat-obatan lain tetap dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah terjadinya komplikasi yang dengannya penyakit yng lain. Serta lantaran tidak adanya obat yng bisa atau mampu menyembuhkan penyakit virus, alangkah bijaksananya sebelum penyakit rawan ini berlangsung, peternak melakukan tindak pencegahan. Tatacaranya antara lain merupakan melakukan tata laksana pemeliharaan yng baik, melaksanakan vaksinasi pada tatkala yng tepat, serta hindarkan terjadinya stress pada ternak.
Terimakasih for: TRUBUS no. 201 / Tahun XVII papaji.forumid.net

Sumber rujukan dan gambar : http://www.hobiayam.web.id/2017/04/penyakit-virus-pada-ayam.html.

Seputar Penyakit Virus Pada Ayam

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penyakit Virus Pada Ayam