Jenis vaksin unggas dan ayam bangkok

- 19.38

Jenis vaksin unggas dan ayam bangkok

 

Apa pentingnya vaksinasi unggas bagi peternak ayam negeri?


  • Selain pakan yng selalu disediakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memacu pertumbuhan ayam, maka vaksin merupakan yng bertugas melindungi kondisi kebugaran atau kesehatan ayam supaya bisa menolak virus/bakteri penyakit yng datang mendadak tanpa diketahui kapan saatnya.
  • Vaksinasi unggas membuat peternak ayam negeri yng mempunyai ratusan sampai-sampai ribuan ekor ayam menjadi lebih tenang menghadapi kondisi perubahan cuaca yng tidak menentu maupun bila wabah penyakit datang menyerang mendadak.
  • Fenomena kasus flu burung sekitar 2004-2006 yng sudah menghancurkan investasi dan masa depan peternak ayam negeri di kala itu merupakan pembelajaran penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk makin membuat yakin pentingnya vaksinasi unggas di setiap tahapan umur ayam.
  • Harga vaksin yng Amat murah bila dihitung biayanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk per ekor ayam, maka pada biasanya peternak ayam negeri menerapkan sebagian besar jenis-jenis vaksin virus dan bakteri yng ada.

Apa pentingnya vaksin bagi peternak ayam bangkok?


  • Peternak ayam bangkok maupun ayam kampung rumahan pada biasanya mempunyai cuma beberapa ekor ayam saja ataupun sampai-sampai puluhan ekor. Pengertiannya jumlah ternak ayam bangkok jauh lebih tidak banyak daripada ternak ayam negeri.
  • Penyebabnya yaitu jumlahnya yng tidak banyak maka ayam bangkok yng di kenai serangan penyakit masih mampu ditangani/dirawat intensif.
  • Akan tetapi tetap Perlu hati-hati terhadap dua penyakit yng paling rawan dan mematikan yakni flu burung (avian influenza) dan tetelo/ND.
  • Flu burung pada biasanya datang menyerang dalam interval waktu yng cukup lama, tak selalu ada setiap 12 bulan, lantaran itu vaksin avian influenza (AI) mampu dipakai temporer yakni tatkala tersiar kabar daerah tempat tempat tenak telah ada yng terserang wabah flu burung.
  • Akan tetapi lain halnya yang dengannya tetelo/ND, setiap 12 bulan selalu ada, mampu dimusim hujan yng berlangsung selama beberapa bulan dan pula masa pancaroba. Disaat cuaca baik pun tetelo/ND tetap saja mengkhawatirkan lebih-lebih andaikan ada ayam baru yng dibeli/dibawa oleh peternak sendiri maupun oleh tetangga. Lantaran itu vaksin ayam jenis tetelo/ND butuh dan Perlu rutin diaplikasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga ayam bangkok kesayangan.

Pilihan jenis vaksin unggas yng tersedia


  • Disini diperlihatkan jenis jenis vaksin unggas ataupun vaksin ayam yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam negeri petelur, pedaging, dan tentu pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam bangkok maupun ayam kampung. Kebetulan merek yng ada dan pernah dicoba merupakan merek medivac-medion.
  • Tipe vaksin ayam didasarkan pada kode vaksin, misalnya medivac ND-AI merupakan merek medivac bagi atau bisa juga dikatakan untuk dua penyakit sekalian yakni ND (Newcastle Disease, tetelo) dan AI (Avian Influenza, flu burung).
  • Sebagian besar vaksin ayam dipakai oleh peternak ayam negeri lantaran menguntungkan secara ekomis dan pula lantaran jumlah ayam yng diternak ratusan sampai-sampai puluhan ribu ekor.
  • Sementara peternak ayam bangkok yng mempunyai beberapa sampai-sampai puluhan ekor ayam saja mampu memilih vaksin ayam yng penting-penting saja yakni vaksin ND merupakan yng paling penting, dan boleh menambahkan vaksin AI. Vaksin lain-lainnya tak terlalu dibutuhkan lantaran masih mampu disembuhkan. Lagi juga mengurus/mengobati ayam yng sakit cuma beberapa ekor saja tak terlalu merepotkan.
  • Menjadi gambaran harga vaksin ayam, bagi atau bisa juga dikatakan untuk semisal saja misalnya vaksin ND ukuran 100 ekor berkisar Rp 12.000, ukuran 500 ekor Rp 19.000. Namun vaksin AI (flu burung) harganya masih tidak murah, sekitar Rp 200.000 bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran terkecil 1.000 ekor.
  • Perbedaan vaksin ayam jenis inaktif dan aktif dan tatacara mempergunakannya sebaiknya tanyakan pada toko pedagang. Bisa pula dibaca petunjuknya yng ada dalam kardus kecil tempat botol vaksin.
UNTUK PERBESAR-KLIK GAMBAR Jenis vaksin unggas dan ayam bangkok Vaksin ayam jenis inaktif
jenis vaksin ayam dan vaksin unggas Vaksin ayam jenis aktif
Demikian postingan Jenis vaksin unggas dan ayam bangkok, yng uraikan dari data vaksin yng diperoleh dari Medion.
TERKAIT
Tatacara mempergunakan vaksin tetelo
obat obatan ayam bangkok aduan

  • Katuranggan ayam di Thailand
  • Gambar ayam thailand vietnam birma jepang paling baik

  • Penyakit ayam bangkok-unggas
  • Indukan ayam bangkok thailand



Sumber rujukan dan gambar : http://www.ayambangkok.top/2013/05/jenis-vaksin-unggas-dan-ayam-bangkok.html.

Seputar Jenis vaksin unggas dan ayam bangkok

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Jenis vaksin unggas dan ayam bangkok