Litter yang baik untuk ternak ayam broiler

- 15.19

Litter yang baik untuk ternak ayam broiler

 
Standard sangkar ternak ayam broiler yang baik barangkali tak masalah lagi bagi kita peternak kemitraan, karena pada bisnis budidaya system kemitraan telah ada tenaga ahli khusus mendapingi wacana teknik-teknik yang benar dalam pemeliharaan ayam broiler. Masalah Suka didapati pada peternak mampu berdiri diatas kaki sendiri, orang-orang cenderung melakukan teknik try and error atau juga coba-coba tanpa tatacara yang tepat. Barangkali menjadi orang Indonesia yang telah sejak dahulu kala mengenal tips mengasuh unggas ini terasa bahwasanya membesarkan broiler percis saja yang dengannya ayam kampung, padahal keduanya sangatlah berbeda.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN
Pada peluang ini saya ingin khusus membahas teknik pemberian litter pada sangkar ayam broiler (pedaging). Lebih-lebih menyangkut jenis, ketebalan serta masa pemasangan. Berdasar pengalaman ditambah tidak banyak ilmu dari kampus waktu kuliah dulu, ramai sekali jenis bahan bisa dijadikan menjadi litter yang baik, beberapa diantaranya; serbuk gergaji, sekam, dan jerami. Dari ketiga bahan saya paling menganjurkan pemakaian serbuk gergaji.
Serbuk gergaji Amat cocok dijadikan menjadi litter sangkar ternak ayam broiler, lantaran daya serapnya tinggi, strukturnya yang halus serta padat. Harga serbuk gergaji memanglah lebih tidak murah tidak banyak daripada sekam serta jerami, namun tahukah kamu bahwasanya kualitas budidaya ayam broiler ini Amat bergantung pada teknik penggunaan litter?
Jerami serta sekam padi memanglah lebih murah, namun daya serapnya terhadap air Amat tidak baik bila dibandingkan yang dengannya serbuk gergaji. Pada selaput kaki ayam broiler Amat tidak sedikit terdapat saraf serta pembuluh darang untuk pertumbuhan, andai anak ayam Suka berada di litter yang basah mampu dipastikan pertumbuhan akan lambat menjadikan gampang terserang penyakit ngorok. Oleh lantaran itu lebih baik mempergunakan serbuk gergaji menjadi litter sangkar ternak broiler.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM
Disaat umur ayam broiler telah seminggu maka sebaiknya tempat pakan serta air minum tak lagi bersentuhan yang dengannya litter, sebaiknya genakan perlengkapan sangkar otomatis lebih-lebih untuk tempat minum, hal ini bisa mengurangi air tumpah. Kesimpulannya; litter sebaiknya tebal serta selalu kering menjadikan sangkar akan lebih segar lantaran tngkat amoniak yang rendah.

Sumber rujukan dan gambar : http://kandangayammodern.blogspot.com/2016/09/litter-yang-baik-untuk-ternak-ayam.html.

Seputar Litter yang baik untuk ternak ayam broiler

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Litter yang baik untuk ternak ayam broiler