Penyakit unggas dan ayam bangkok akibat virus

- 03.44

Penyakit unggas dan ayam bangkok akibat virus

 
penyakit unggas dan ayam bangkok akibat virus
  • Postingan ini adalah kelanjutan dari macam-macam penyakit ayam / unggas yng ada pada postingan sebelumnya yakni penyakit unggas dan penyakit ayam bangkok.
  • Jenis penyakit akibat virus pada ayam, unggas (ayam bangkok dan ayam kampung) terdiri dari flu burung ataupun avian influenza (AI), Telelo ataupun Newcastle Disease Virus (ND), Infectius Laryngotracheitis (ILT), Infectious Bronchitis (IB), dan Gumoro ataupun Infectious Bursal Disease (IBD).
  • Diantara penyakit virus yang telah di sebutkan, dua diantaranya yakni flu burung dan tetelo adalah penyakit virus yng paling rawan. angka kematian hampir 100%. Pengertiannya dari 100 ayam yng di kenai serangan penyakit, maka hampir 100 ekor juga yng mati.
  • Khusus ayam bangkok ataupun ayam kampung rumahan, masih ada satu ataupun dua ekor yng selamat dari 10 s/d 20 ekor ayam yng terserang tetelo ganas akan tetapi lehernya terpuntir (mutar-mutar) ataupun lumpuh.
  • Indukan ayam bangkok yng lehernya terpuntir diluar dugaan masih ada yng mampu bertelur dan beranak sesudah beberapa bulan sembuh, dan lama kelamaan leher yng terpuntir tidak banyak berkurang.
  • Ayam yng telah terserang penyakit tetelo/ND sebetulnya tak ada obat yng mampu menyembuhakannya, semisal halnya yang dengannya seluruh penyakit akibat virus yng belum ditermukan obatnya, kecuali dicegah yang dengannya vaksin (tulisan atau artikel vaksin ayam)
  • Akan tetapi ada beberapa semisal kasus yng mampu dijadikan cara bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyembuhkan penyakit ayam bangkok ataupun penyakit ayam kampung akibat virus tetelo/ND, yng bisa lihat pada tulisan atau artikel pengganti obat penyakit tetelo.
  • Sedangkan penyakit akibat virus lain-lainnya selain flu burung dan tetelo lebih rendah tingkat bahayanya. Penyakit virus ILT, IB, IBD memicu kematian dibawah 50% (50 ekor akut ataupun mati dari 100 ekor yng di kenai serangan). Disamping itu penyakit virus ini lebih tidak sedikit kepada ayam yng masih kecil.
  • Ayam bangkok tampaknya jarang terserang penyakit virus ILT, IB dan IBD. Akan tetapi ada sebagian kecil anak ayam bangkok yng badannya tak mampu besar, jauh ketinggal dari sahabat satu indukannya, berkemungkinan merupakan akibat dari virus-virus ini yng susah diketahui gejala-gejalanya.
  • Andai diperhatikan tabel gejala-gejala penyakit unggas, tampaknya hampir mirip-mirip seluruh, lesu, lemas, tak nafsu makan, dan sebagian besar terdapat ganguan pernafasan.
  • Akan tetapi yng paling penting diketahui bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyakit ayam bangkok (salah satunya penyakit ayam kampung) merupakan gejala-gejala penyakit tetelo/ND, lantaran ini yng paling rawan dan mampu mematikan dalam beberapa hari, tanda utamanya beraknya encer putih dan tak menempel ke pantat ayam.
  • Dibawah ini bisa dilihat daftar penyakit akibat virus. Klik setiap jenis penyakit bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui tingkat bahaya dan gejelanya.
    NoPenyakit Ayam dan Unggas akibat virusKematian
    1 Avian Influenza 100%
    2 Newcastle disease100% tetelo ganas
    3 Penyakit Infectius laryngotracheitis 50%
    4 Penyakit ayam Marek disease 50%
    5 Penyakit Infectious Bronchitis40% anak ayam
    6 Penyakit Gumboro pada ayamAIDS-nya ayam
Demikian postingan Penyakit unggas dan ayam bangkok akibat virus, yng rawan semisal flu burung avian influenza dan newcastle disease mudah-mudahan memberikan manfaat.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.ayambangkok.top/2013/05/penyakit-unggas-dan-ayam-bangkok-akibat-virus.html.

Seputar Penyakit unggas dan ayam bangkok akibat virus

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penyakit unggas dan ayam bangkok akibat virus