Cara alternatif mengobati penyakti tetelo ayam bangkok

- 20.37

Cara alternatif mengobati penyakti tetelo ayam bangkok

 

obat tetelo

GAMBARAN PENYAKIT TETELO / NEWCASTLE DISEASE /ND


Penyakti tetelo ataupun newcastle disease virus (ND) merupakan satu dari sekian banyaknya penyakit ayam akibat virus paling rawan seusai flu burung (tulisan atau artikel flu burung). Ayam terserang tetelo/newcastle disease (ND) tipe ganas memicu angka kematian hampir 100 % baik ayam kecil ataupun ayam dewasa. Pengertiannya hampir seluruh ayam yng di kenai tetelo/ND akan mati ataupun menderita akut semisal kepala terpuntir ataupun lumpuh. Kematian ataupun fenomena akut bisa berlangsung pada ayam bangkok dalam waktu singkat 1-2 hari sampai-sampai satu minggu, bergantung kondisi penanganan serta daya tahan tubuhnya.
Gejala penyakit tetelo secara teoritis bisa dilihat pada tulisan atau artikel penyakit tetelo newcastle disease. Akan tetapi didasari pengalaman ternak ayam bangkok tahapan penyakit tetelo sejak mulai sakit sampai-sampai akut semisal diuraikan berikut.
  • Gejala pertama, berak encer putih 1/2 bagian (semisal cat putih tercecer di lantai), sebagian lagi lembek namun tak encer berwarna agak kehijauan. Gejala sakit semisal lemas, lesu serta murung belum tampak. Andai cepat dijauhkan serta ditangani maka ayam bangkok mampu sembuh.
  • Andai virus tetelo mampu dilawan maka satu hari selanjutnya berak menjadi normal serta sembuh. Sebaliknya andai virus tetelo semakin kuat maka gejala sakit meningkat, yakni berak encer putih semakin lebih banyak didominasi hampir seluruh putih encer, diiringi gejala sakit/deman semisal lemah, lesu, tidak lebih gairah serta makan tidak banyak. Peningkatan gejala ini mampu berlangsung beberapa jam sampai-sampai 1-2 hari.
  • Gejala selanjutnya dalam hitungan jam ataupun beberapa hari (bergantung daya tahan tubuh serta penanganan), yakni jengger agak kebiruan (susah dilihat), tembolok mengeras (susah diketahui), nafsu makan turun drastis, gejala penyakit pernafasan muncul semisal megap-megap, bersin, kadang ngorok, serta gejala demam semakin parah yakni kaki serta tubuh gemetar (lemas serta meriang panas/dingin).
  • Selanjutnya gejala yng Amat kritis mampu muncul yakni leher kejang (semisal kesulitan bernafas yang dengannya leher ditarik memanjang serta memendek). Gejala leher kejang biasanya berlangsung paling yang terakhir, serta akibatnya ayam tak mampu makan (Perlu disuapin). Kadang gejala leher kejang diikuti yang dengannya kaki lemas ataupun lumpuh.
  • Andai ayam tak kuat maka seusai gejala leher kejang ayam akan mati dalam beberapa jam, andai masih kuat maka leher kejang berlangsung 1-2 hari sampai-sampai sembuh ataupun ayam sembuh yang dengannya kepala terpuntir.

PELUANG SEMBUH TETELO newcastle disease

  • Secara medis penyakit ayam akibat virus, salah satunya tetelo/newcastle disease (ND), tak mampu diobati lantaran belum ada obat yng mampu membunuh virus.
  • Akan tetapi virus tetelo/ND mampu mati oleh anti septik, desintektan serta deterjen. Misalnya disinfektan merek Rodalon, dipakai melalui penyemprotan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membunuh virus serta bakteri penyakit di sekeliling sangkar.
  • Rodalon ini pernah diaplikasikan, dimasukkan ke dalam pembuluh darah ayam melalui suntikan, namun Amat spekulatif lantaran mampu membahayakan ayam itu sendiri, cuma 1 ekor yng sembuh dari 4 ekor yng pernah dicoba.
  • Patut dicoba andaikan ada antiseptik alami dari tumbuhan yng mampu mematikan virus namun tak rawan kepada ayam, semisal daun sirih.

PERLAKUAN TERHADAP TETELO newcastle disease


  • Tujuan perlakuan terhadap ayam bangkok yng terserang penyakit tetelo/ND merupakan memperlambat terjadinya gejala-gejala tetelo yng parah/akut, menjadikan gejala akut semisal leher terpuntir ataupun kelumpuhan tak berlangsung, sembari menunggu virus tetelo lama kelamaan lemah serta mati.
  • Pertama yng Perlu di lakukan merupakan memisahkan ayam bangkok sesegera barangkali sejak pertama kali menampakkan gejala awal yakni berak sebagian besar putih encer.
  • Pemisahan bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengistirahatkan ayam supaya tubuhnya kuat melawan penyakit, serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditangani khusus yang dengannya pemberian obat-obatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi efek dari penyakit tetelo, semisal mengurangi deman serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah vitamin ataupun jamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperkuat daya tahan tubuhnya.
  • Daya tahan tubuh ayam bangkok diperkuat yang dengannya pemberian vitamin C dosis rendah, misalnya merek IPI @50mg, berikan 1-2 x sehari. Bisa pula menambahkan multivitamin lain-lainnya, namun tak boleh berlebihan lantaran tubuh ayam yng terserang penyakit tetelo dikhawatirkan tak kuat mendapatkan obat yng kebanykan.
  • Efek deman serta rasa sakit pada ayam bangkok diatasi yang dengannya pemberian paracetamol. Parasetamol yng mampu diberikan semisal obat flu bodrek, panadol, neozep, inza, yng kandungan utamanya paracemol 500 mg, diberikan 1/8 sampai-sampai 1/4 bagian, 2 x sehari.
  • Pakan serta air mampu diberikan semisal biasa, misalnya pur ataupun campuran yang dengannya nasi ataupun dedak, sebaiknya tak terlalu tidak sedikit supaya tembolok ayam tak terlalu penuh. Andai kebanykan mampu menggangu leher serta pernafasan ayam, karena penyakit tetelo pula menyerang saluran pernafasan.

OBAT PENYAKIT TETELO ALTERNATIF


  • Lantaran tak ada obat medis bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati tetelo, maka Perlu dipakai obat herbal ataupun ramun jamu tradisional dari tanaman obat.
  • Didasari pengalaman, bawang merah ataupun bawang putih secara tunggal tak mampu menyembuhkan tetelo. Akan tetapi campuran ramuan kunyit 1 cm, kencur seperdua cm, serta bawang putih setiap 3 x dalam seminggu bisa mencegah tetelo (bukan mengobati, namun bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah sebelum di kenai tetelo).
  • Perasan daun pepaya secara tunggal didasari pengalaman tak bisa menyembuhkan tetelo. Akan tetapi didasari info dari BPP Nanggulan Yogyakarta, bahwasanya campuran ramuan kunyit, bawang putih serta daun pepaya yng diberikan secara rutin bisa mencegah penyakit flu burung. Andai mampu mencegah flu burung maka pula mampu mencegah tetelo, lantaran kedua penyakit yang telah di sebutkan sama-sama penyakit infeksi bikin heboh yng pula diakibatkan oleh virus.
  • Didasari pengalaman, antiseptik/desinfektan alami yakni daun sirih (bukan batang sereh bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasak), diluar dugaan mampu menyembuhkan 3 ekor ayam bangkok dewasa yng baru di kenai tetelo, namun belum pernah dipraktekkan kepada ayam bangkok yng telah di kenai tetelo yng parah.
  • Obat tetelo yng paling ampuh yng pernah dicoba merupakan campuran beberapa tanaman obat dari rimpang kunyit putih, daun sirih merah (Amat pahit), sambiloto (Amat pahit), temu kunci. Satu dari sekian banyaknya dari tanaman obat ini sebaiknya Perlu ada disaat membuat ramuan obat bagi atau bisa juga dikatakan untuk tetelo.
  • 3 Jenis yng pernah dicoba merupakan campuran kunyit putih, sambiloto serta temu kunci Amat ampuh, mampu menyembuhkan 15 ayam bangkok dewasa, beberapa ekor anak ayam 2 bulan, namun tetap ada yng mati sekitar 3 ekor ayam dewasa, serta ayam di bawah 2 bulan masih tak mampu disembuhkan (dari 4 peternak sahabat serta tetangga). Ramuan lain-lainnya pula tidak jelek alias bagus merupakan campuran kunyit putih, temu kunci, sirih hijau, daun pepaya, serta kunyit biasa.
  • Kunyit putih, sambiloto serta sirih merah adalah antikanker, antiinflamasi, anti radang yng tidak sedikit dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk obat kanker. Penelitian IPB, Balitro, serta publikasi di Indosiar.com serta Kompas.com tidak sedikit menunjukan keampuhan tanaman obat yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kanker serta pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk flu burung (pula tetelo).
  • Sebaiknya buat ramuan sesuai yang dengannya bahan yng ada, setidaknya tiga jenis tanaman obat supaya ampuh.
Demikian postingan tips alternatif mengobati penyakti tetelo newcastle disease pada ayam bangkok, sekedar ikut berpartisipasi mengingat tetelo terlalu Suka dialami oleh kita peternak serta penggemar ayam bangkok.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.ayambangkok.top/2013/05/cara-alternatif-mengobati-penyakit-tetelo-ayam-bangkok.html.

Seputar Cara alternatif mengobati penyakti tetelo ayam bangkok

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara alternatif mengobati penyakti tetelo ayam bangkok