Arum Sabil, Peternak Ayam Modern

- 13.24

Arum Sabil, Peternak Ayam Modern

 
Bedah bisnis yng ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (10//3/2014), mengunjungi sebuah peternakan ayam di Jember, Jawa Timur. Ini bukan peternakan biasa.
Di lahan seluas 30 hektar lebih, Arum Sabil, warga Desa Tanggul Kulon, Jember, Jawa Timur, menekuni bisnis peternakan serta holtikultura. Di antaranya peternakan ayam petelur. Begitu masuk ke area ini akan terdengar alunan musik Sunda. Dikabarkan alunan musik diluar dugaan bisa memberi pengaruh jumlah produksi ayam. Sangkar ayam nan luas dinamakan Arum Sabil Farm, yng dirancang semi modern. Arum Sabil mengawali usahanya sejak tahun 2008. Yang dengannya modal uang Rp 25 juta, ia membeli ayam sebanyk 250 ekor. Tentunya belum seluas serta sebaik saat ini ini.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN
Tatkala hendak masuk ke dalam sangkar, kita Perlu Perlu mencelupkan alas kaki ke air disinfektan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi supaya ayam-ayam di sini tak terkontaminasi yang dengannya beragam virus. Sebetulnya proses beternak ayam di Arum Sabil Farm ini tidak jauh berbeda yang dengannya peternakan ayam biasa. Cuma dikemas sedemikian rupa, tidak lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah hasil lebih dari peternakan yng mampu dikatakan semi moderen.
Nah, begitu berada di dalam sangkar, udara terasa sejuk serta tidak ada bau percis sekali. Selain itu, Arum Sabil pula mempergunakan CCTV serta serta sirine di dalam sangkar. Lantaran beberapa faktor pendukung itulah, biaya operasional peternakann Arum Sabil ini cukup tinggi. Arum Sabil Amat memperhatikan kondisi serta kebugaran atau kesehatan ternaknya. Ini mampu dilihat dari kebersihan, penataan, sampai-sampai adanya pengaturan udara di dalam sangkar. Lantaran itu lah ayam-ayam ini tidak butuh diberikan antibiotik.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM
Sehari-hari, hasil produksi telur dari ternak ayam ini mencapai 80 ribu butir ataupun setara 4 ton. Pemasarannya pun sampai-sampai negeri tetangga semisal Malaysia serta Singapura. Ini tentu saja telur-telur dari Arum Sabil Farm mempunyai kualitas serta bebas residu. Kini Arum Sabil mempunyai sekitar 100 ribu ekor yang dengannya nilai infestasi tidak lebih lebih Rp 10 miliar. Fantastis!
Akan tetapi keberhasilan ini tidak membuat Arum Sabil berpuas diri. Ia masih terus mengali ilmu supaya bisnis peternakan ayamnya ini makin berkembang. (Raden Trimutia Hatta)

Sumber rujukan dan gambar : http://kandangayammodern.blogspot.com/2016/09/arum-sabil-peternak-ayam-modern.html.

Seputar Arum Sabil, Peternak Ayam Modern

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Arum Sabil, Peternak Ayam Modern