Usaha Ternak Ayam Potong Kemitraan Yang Menjanjikan

- 22.13

Usaha Ternak Ayam Potong Kemitraan Yang Menjanjikan

 
Tatkala ini tingginya harga pakan menjadi alasan melambungnya harga ayam potong di pasaran. Banyak sekali juga bisnis ternak ayam potong berdikari skala kecil Perlu gulung tikar lantaran tak sanggup lagi menanggung beban biaya produksi.Berbeda yang dengannya bisnis kemitraan, orang-orang masih eksis serta tak terlalu terbebani yang dengannya naiknya harga pakan. Usaha kemitraan bisa tetap berjalan lancar lantaran biaya pakan serta obat-obatan ditanggung oleh perusashaan inti.
Dalam kemitraan ayam potong ada dua pihak yng bermitra yaitu:
  1. Perusahaan Inti
  2. Plasma
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN
Perusahaan inti:
Perusahaan inti mempunyai peranan penting dalam suksesnya sebuah bisnis kemitraan, umumnya inti ini adalah anak perusahaan pakan terbesar di negeri ini (pokphan serta japfa), ada beberapa diantaranya yng bukan namun skalanya kecil. Inti kemitraan berkewajiban memasok bibit, pakan serta obat-obatan selama berlangsungnya proses budidaya broiler. Harga bibit, pakan serta obat-obatan ini umumnya mengikuti harga pasar (tak ditetapkan di kontrak). Selain itu inti mitra pula berkewajiban memberikan pendapingan pada peternak (plasma) terkait tata laksana manajemen budidaya.
Plasma.
Peternak yng ikut dalam kemitraan disebut menjadi plasma, berkewajiban menyediakan sangkar serta tenaga kerja bagi atau bisa juga dikatakan untuk melaksanakan budidaya ayam potong. Ukuran sangkar umumnya sudah distandarisasi oleh perusahaan inti (minimal, 3000, 5000 ekor ataupun lebih). Plasma tak butuh mengeluarkan modal awal pembelian DOC, pakan serta obat-obatan, lantaran dipasok oleh perusahaan inti, pembayarannya di lakukan diakhir tiap periode budidaya. Harga jual ayam potong umumnya sudah ditetapkan diawal masa periode, yang dengannya system kontrak.
Kelebiha ternak ayam potong secara kemitraan (menjadi plasma)
  • Petrnak (plasma) lebih diringankan dalam hal penyediaan modal awala budidaya.
  • Peternak tak butuh mikirin wacana pemasaran, lantaran system pemasaran sudah dicover yang dengannya baik oleh perusahaan inti, yang dengannya harga sesuai kontrak.
  • Selama bisnis budidaya berjlan lancar (ayam sehat serta panen tepat waktu) peternak tak akan pernah merugi meskipun harga ayam di pasaran turun ddrastis, karena harga sudah ditetapkan dikontrak awal.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM
Kekurngannya:
  • Plasma tak mempunyai kebebasan penuh terhadap bisnis budidaya, lantaran seluruh system manajemen sangkar, pemberian pakan, serta teknis budidaya sudah diatur oleh perusahaan inti yang dengannya mengirimkan pendamping.
  • Plasma tak mampu mendapatkan untung besar meskipun harga ayam potong dipasaran melambung tinggi, lantaran harga sudah ditetapkan.
  • Harga pakan yng berlaku merupakan harga pasaran, berbeda yang dengannya harga jual ayam. Jadi disaat harga makanan ayam naik peternak Perlu menanggung harga yang telah di sebutkan di akhir periode.

Itulah sekilas wacana kemitraan ayam potong di Indonesia ini, ada kelebihan serta ada kekurangan. Seluruh bisnis budidaya ternak bisa dijalankan secara kemitraan ini. Dari pengamatan penulis di lapangan Amat jarang didapati adanya plasma yng merugi besar. mudah-mudahan berguna…

Sumber rujukan dan gambar : http://kandangayammodern.blogspot.com/2016/09/usaha-ternak-ayam-potong-kemitraan.html.

Seputar Usaha Ternak Ayam Potong Kemitraan Yang Menjanjikan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Usaha Ternak Ayam Potong Kemitraan Yang Menjanjikan