10 Cara Memilih Ayam Aduan Berdasarkan Pukulan

- 15.30

10 Cara Memilih Ayam Aduan Berdasarkan Pukulan

 
Salam guyub rukun selalu bagi para sobat penghobi ayam laga se-Indonesia serta sekitarnya. Peluang di artikel ini saya akan membahas ihwal pukulan ayam aduan. Goresan pena ini hasil dari interview kepada beberapa botoh di daerah saya, yakni daerah Berbah, Sleman. Langsung saja disimak gan. Pukulan serta taji merupakan senjata utama bagi ayam bangkok ataupun ayam aduan yng lain. Setuju seluruh kan? Pukulan serta taji menjadi satu dari sekian banyaknya kriteria utama dalam memilih ayam bangkok, yng bisa dilihat tatkala diabar/adu. Beberapa hal terkait pukulan yng butuh diamati tatkala ayam bangkok diabar menjadi berikut:
Lihat pula tulisan atau artikel terkait:
3 Modal Dasar Ayam Aduan Punya Stamina Tidak jelek alias bagus
Cara Memilih Ayam Aduan Tidak jelek alias bagus
3 Ayam Aduan Paling baik Sedunia
1. Sasaran Pukul
Pukulan ayam aduan yng paling umum merupakan kearah kepala serta leher. Pada beberapa menit pertama abar, terkadang ayam memukul di bagian dada serta bahu ataupun terlihat asal pukul (pemanasan barangkali ya?), selanjutnya sesudah pemanasan merupakan pada bagian kepala serta leher atas (itu saja kalo ayamnya layak adu). Cuma ada tidak banyak ayam aduan yng memukul di bagian dada, punggung, sayap, pinggang serta perut. Yng tidak jelek alias bagus (yang dengannya syarat pukulannya tepat serta keras) serta paling umum dipilih merupakan ayam aduan yng memukul di bagian kepala serta leher atas secara konsisten. Bagian kepala mampu mengenai muka, mata, kuping maupun syaraf di kepala belakang. Bagian leher pula mampu membuat ayam keok andai kena pukulan telak lebih-lebih andai leher lawan tidak lebih kuat tak menutup mungkin akan patah.
2. Akurasi pukulan Akurasi pukulan merupakan ketepatan pukulan ayam mengenai sasaran. Ayam yng pukulannya tak tepat serta sembarangan arah cukup tidak sedikit ditemui serta gampang mendapatkannya, menjadikan yng baik dipilih merupakan yng pukulannya tepat mengenai sasaran meskipun sulit mendapatkannya. Misalnya tepat mengenai kepala ataupun leher. Akurasi pukulan kadang tidak lebih tepat andai lawan yng dihadapi selalu bergerak serta tak mau diam. Namun pula mampu dinilai dari ayam itu sendiri, andai ayam itu "bagus" dalam bertarung, meskipun lawannya sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipukul, tetap saja akan kena pukulan. Yang dengannya catatan, ayamnya memanglah istemewa serta pasti tidak sedikit yng mencari ayam semisal ini, salah satunya saya.
3. Arah pukulan Arah pukulan ayam aduan mampu dari depan, serong (dari depan akan menyamping), samping kiri ataupun kanan, serta dari belakang. Pada beberapa menit pertama abar, ayam selalu memukul dari depan ataupun tidak banyak miring (serong). Akan tetapi menit selanjutnya, ayam pula mampu memukul dari samping serta belakang, bergantung pola ataupun kebiasaanya. Sebagian ayam ada yng mampu memukul dari depan ataupun serong saja. Sebaliknya ada juga ayam yng tak mampu memukul dari depan, serta lebih tidak sedikit dari samping serta belakang. Ayam laga yng tidak jelek alias bagus merupakan andai mampu memukul dari segala arah, baik depan, samping serta belakang, ataupun setidaknya mampu dari dua arah. Pokoknya, andai ada peluang langsung memukul serta tepat sasaran.
4. Frekuensi pukulan Frekuensi ataupun jumlah pukulan ayam aduan yng paling umum merupakan satu kali pukul setiap gebrakan. Akan tetapi ada sebagian ayam aduan yng mampu memukul secara beruntun, semisal 2 - 3 kali secara beruntun, lebih-lebih tatkala stamina masih tidak jelek alias bagus. Frekuensi pukulan ayam petarung pula bergantung dari kebiasannya mematok. Ada yng mematok cukup lama, ataupun mematok sampai-sampai kencang baru lantas lantas mampu memukul, menjadikan terkesan lambat dalam melancarkan pukulan. Akan tetapi ada pula yng mampu memukul segera beberapa saat sesudah mematok (tempel pukul). Ayam yng segera memukul sesudah mematok akan lebih punya kesempatan lebih tidak sedikit melakukan pukulan, menjadikan lebih baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipilih. Yap, pilihlah ayam laga yng semisal itu. Beda lagi yang dengannya ayam birma, tanpa mematuk pun akan memukul, tinggal lihat ketepatan pukulannya. Andai tepat serta berefek berguna ayam tidak jelek alias bagus.
5. Jarak pukul Posisi ataupun jarak ayam petarung yang dengannya lawannya mampu jauh maupun dekat/rapat. Ada sebagian ayam petarung yng selalu melindungi jarak supaya jauh dari lawannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu memukul yang dengannya baik (semisal birma tadi), serta sebaliknya ada yng sengaja merapat supaya bisa memukul lawannya. Ayam pun punya tekniknya sendiri-sendiri, kita menjadi pemiliknya Perlu mengetahui kelemahan serta kekurangan ayam yang telah di sebutkan.
6. Pukulan mematikan Cuma ada sebagian kecil ayam aduan yng memiliki pukulan satu, ataupun pukulan telak mematikan, maupun pukulan syaraf, ataupun pukulan panas. Cukup tidak sedikit ayam yng mempunyai pukulan yng tidak jelek alias bagus serta keras, namun pukulannya dingin, menjadikan masih mampu ditahan oleh ayam yng bermental tidak jelek alias bagus.
Para pelatih serta pemain ayam aduan senior biasanya orang-orang bisa atau mampu memilih ayam yng mempunyai pukulan panas, yng andai pukulan itu keluar mampu membuat lawan seketika ciut, lari, sempoyongan, dll. Pukulan semisal ini mampu melumpuhkan lawan yang dengannya cepat, menjadikan tak butuh Perlu bertarung lama 3 - 5 ronde. Potensi ini bisa diamati dari arah pukulan ke titik mematikan ataupun bagian syaraf, ataupun ayam yang telah di sebutkan sesekali mempunyai pukulan keras yng bunyinya mampu didengar berbeda dari bunyi pukulan kebanykan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pukulan panas ataupun mematikan ini hampir sebagian besar pelatih ayam aduan serta pemain senior berpedoman pada katuranggan di sisik ataupun kaki. Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Beberapa Jenis Katuranggan Bagian Kaki
7. Pukulan Taji Taji merupakan senjata mematikan bagi ayam aduan selain pukulan satu/telak mematikan. Pukulan taji ayam aduan yng masih muda ataupun taji belum panjang susah ada dugaan apakah nantinya akan jitu ataupun tak. Akan tetapi pada biasanya ayam yng tajinya mampu mengenai sasaran merupakan ayam yng pukulan kakinya mengarah pada kepala bagian atas.
8. Lain-lainnya Pukulan ayam aduan masih tidak sedikit ragamnya andai dibahas lebih dalam. Semisal pukulan dalam ataupun tak, pukulan tarik, pukulan tulang, pukulan kering, pukulan nimpuk semisal pukulan ayam birma. Gerakan kaki tatkala memukul pula bermacam-macam, semisal kaki menendang lurus sembari kedua pergelangan kaki dirapatkan (potensi taji), ataupun pengelangan kaki menjadi menyilang (menggunting), menendang lurus lantas tekan ke bawah, kaki kiri serta kanan menendang bersusulan, serta lain-lainnya.
Serta saya rasa masih tidak sedikit lagi beragam teknik pukul yng belum terbahas di goresan pena diatas, itu tadi cuma sekedar hasil diskusi dari beberapa orang saja. Andai kamu punya pendapat lain monggo di tulis pada komentar yng tersedia. Kita diskusikan bersama.
Demikian ihwal memilih ayam bangkok didasari pengamatan terhadap jenis-jenis pukulan ayam aduan pendapat dari beberapa botoh didaerah saya. Sekian, mudah-mudahan berguna. Salam penghobi ayam laga.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.hobiayam.web.id/2014/08/memilih-ayam-laga-berdasarkan-pukulan.html.

Seputar 10 Cara Memilih Ayam Aduan Berdasarkan Pukulan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 10 Cara Memilih Ayam Aduan Berdasarkan Pukulan