Beberapa Cara Mengobati Ayam Kena Pukul Jiling/Jalu

- 12.39

Beberapa Cara Mengobati Ayam Kena Pukul Jiling/Jalu

 
Dalam suatu pertarungan antara ayam jalu, pasti para penghobi ayam laga pernah melihat ayam yng di kenai jalu hingga parah maupun biasa saja. Dalam ilmu pertarungan, ayam aduan yng kena jalu (pukul) di bagian atas indera pendengaran (bagian saraf ) disebut jiling. Penyebab mampu di kenai jalu di bagian itu lantaran system pertahanan ayam dalam keadaan lemah serta yang dengannya mudahnya ayam jalu memukul bagian yang telah di sebutkan. Lantas, bagaimana tatacara mengatasi andai ayam bangkok kita di kenai jalu di bagian yang telah di sebutkan? Cara mengatasinya: Pertolongan pertama tatkala ayam di kenai jalu serta hampir mati hal pertama yng di lakukan merupakan ayam yang telah di sebutkan jangan diangkat, berilah carang ataupun kayu ataupun apa saja bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengganjal antara paruh atas serta paruh bawah supaya tak menutup. Cara yang telah di sebutkan bisa mencegah ayam mati, lantaran tatkala ayam antara paruh bawah serta atas menutup maka seluruh saraf motorik ayam yang telah di sebutkan terhenti. Serta fungsi ganjal tadi merupakan mencegah saraf yang telah di sebutkan berhenti.
Lihat pula: 8 Poin Penting Memilih Ayam Aduan Didasari Pukulan
Cara diatas dipakai andaikan kondisi ayam benar-benar parah. Akan tetapi, andai tak terlalu parah mampu mempergunakan tatacara lain. Menjadi ayam petarung, risiko apa pun tentu mampu saja berlangsung. Mampu di kenai jiling ataupun cuma sekadar luka lecet, sobek, cacat dll. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengantisipasi risiko-risiko semisal itu, ada baiknya pemilik mempunyai banyak sekali berita wacana penanganan, pengobatan, serta perawatan yng mampu di lakukan. Hal semacam ini bisa dimanfaatkan disaat ayam miliknya mengalami musibah tatkala bertarung. Beberapa tatacara mengatasi andai ayam di kenai pukul/jalu:
1. Luka ringan. Mengatasinya: luka dibersihkan, cukup dioles yang dengannya obat merah ataupun antiseptik.
2. Luka agak parah (kulit sobek dalam). Mengatasinya: mampu ditutup yang dengannya plester ataupun kalau butuh dibalut. Obat dalamnya beri supertetra, berikan satu kali sehari pada sore hari. Dalam beberapa hari luka segera sembuh kembali.
3. Mempergunakan daun kelor. Genakan daun kelor yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan getah daun yng berwarna putih bening pada tangkai daun.Teteskan getah pada bagian mata ayam yang dengannya dosis 1-2 tetes. Penanganan cepat di lakukan yang dengannya tak lebih dari 1 hari, ataupun beberapa saat sesudah di kenai jalu. Segeralah teteskan getah tanaman kelor, lantas mata ayam ditutup yang dengannya plester selama sehari penuh. Andai kelihatannya masih bengkak, pada hari berikut penetesan serta penutupan bisa di lakukan. Pengganti lain yang dengannya mempergunakan UBI RAMBAT. Tata tatacara pemberiannya hampir percis, cuma saja sebelum obat diberikan, lakukan pembersihan luka berlebi dahulu pada bagian mata ayam, serta lihatlah hasil nya dalam 3 hari. Baca selengkapnya pada tulisan atau artikel Manfaat Daun Kelor Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ayam Aduan
4. Selepas ayam jalu berlaga pasti tidak sedikit luka di kepala. Dibersihkan luka jalu serta lobangnya dibersihkan yang dengannya alkohol / antiseptik ataupun mandikan yang dengannya antiseptic. Bila cuma cuma sebesar lobang < 3 mm cukup dimasukan salep teramycin kelobang jalu bagi atau bisa juga dikatakan untuk kasus ini berikan peroral Ampisillin cap 250. Berikan 2 kali sehari selama 3 hari. Bila sobeknya lebar butuh dijahit serta dalam kasus tertentu ayam menderita luka jalu yng ramai sekali, terpaksa Perlu disuntik Terramycin 1CC serta peroral 250 mg ampisillin, 2 kali sehari selama 3 ataupun 4 hari. Selama masa pengobatan jauhkan dari lalat serta jangan dimandikan dulu.
5. Disaat ayam di kenai pukul serta jalu pada bagian mata, selama bola matanya tak pecah, mampu mempergunakan Rokok Kretek, rokok di rendam yang dengannya air panas, biarkan selama 5 menit, air dari rendaman rokok itu di teteskan ke mata ayam, ulangi 2-3 kali hingga sembuh.
6. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk luka tusuk yng tak sobek tak butuh dijahit namun yang dengannya tatacara : siapkan korek kayu, nyalakan sebatang korek lantas matikan apinya, lantas tusukkan bekas batang korek yng telah dibakar kedalam luka bekas tusukan jalu, biarkan sekitar 5 detik ( satu batang korek satu lubang luka ). Berikan obat luka betadine ataupun sejenisnya pada seluruh bekas luka serta luka yng ada pada seluruh bagian tubuh ayam. Yang terakhir berikan obat TARIVIT 400mg 1 tablet, lantas kasih minum ayam secucukpnya.
Sekian tulisan atau artikel wacana Beberapa Cara Mengobati Ayam Kena Pukul Jiling/Jalu, mudah-mudahan memberikan manfaat. Salam penghobi ayam laga anti judi.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.hobiayam.web.id/2016/06/beberapa-cara-mengobati-aya-kena-pukul.html.

Seputar Beberapa Cara Mengobati Ayam Kena Pukul Jiling/Jalu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Beberapa Cara Mengobati Ayam Kena Pukul Jiling/Jalu