Cara Beternak Ayak Kampung Agar Menguntungkan

- 06.33

Cara Beternak Ayak Kampung Agar Menguntungkan

 
Cara & tatacara ternak ayam kampung berikut berisi seputar tatacara umum langkah langkah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali beternak ayam. Ayam kampung biasa dipelihara oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat yang dengannya tatacara dibiarkan berkeliaran serta mencari makan sendiri (diumbar). Akan tetapi tatacara ini tidak lebih ekonomis serta tidak lebih efektif andai tujuan pemeliharaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh keuntungan menjadi sebuah usaha. Usaha peternakan ayam kampung tatkala ini cukup menjanjikan, seiring yang dengannya permintaan pasar cukup tinggi.
Ayam kampung mempunyai fisik yng lebih kuat andai dibandingkan yang dengannya ayam potong, ayam pedaging ataupun ayam petelur. Daging ayam kampung pula mempunyai kandungan gizi yng lebih, tekstur daging ayam jenis ini tak selunak ayam potong. Ini dia yng memicu ayam kampung mempunyai harga jual yng tinggi. Ada beberapa hal yng Perlu diperhatikan dalam mengelola peternakan ayam kampung supaya hasil yng di dapatkan lebih maksimal, mulai dari pembuatan sangkar, pemilihan bibit, pemberian makan, serta pencegahan penyakit.

PEMBUATAN KANDANG AYAM


  1. Sangkar ayam Perlu dibuat agak tinggi supaya selalu dalam keadaan kering.
  2. Dinding sangkar bagian depan terbuka dibuat dari bilah-bilah bambu, jangan tidak ingat usahakan supaya sangkar memperoleh sinar matahari pagi yng cukup.
  3. Sangkar pula Perlu mempunyai ventilasi yng cukup serta beberapa perlengkapan lain, misalnya tempat makan serta minum ayam yng ditaruh di muka sangkar supaya gampang dijangkau tatkala memberikan makan serta minum pada ayam, tempat bertelur yng terbuat dari kayu yng berbentuk kotak yng alasnya diberi jerami kering pula Perlu ada, serta jangan tidak ingat buatkan tempat bertengger dari kayu.

PEMILIHAN BIBIT AYAM KAMPUNG


- Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemilihan bibit anak ayam sebaiknya pilih anak ayam yng sehat serta gemuk. Gerakannya lincah serta bulunya mengkilat.
- Andaikan bibit berasal dari telur, maka pilihlah telur yng berbentuk bulat serta hindari telur yng lonjong.

PEMBERIAN MAKANAN


Pakan ataupun makanan memegang peranan penting dalam menentukan pertumbuhan ayam. Pemberian makanan pada ayam hendaknya di lakukan sesuai yang dengannya prosedur, serta tata tatacara pemberian pakan yng benar. Lantaran andaikan pemberian pakan tak benar bisa menghasilkan pertumbuhan ayam tidak lebih optimal serta pemeliharaan akan makin lama serta tentunya menambah biaya produksi. Pemberian makanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak ayam umur 0-2 bulan diberi makanan berupa dedak, jagung, tepung ikan, yng sudah ditambah yang dengannya vitamin A, D serta Vitamin B komplek yng berupa minyak sebanyk 2% dari makanan yng diberikan.
Pemberian makanan ini Perlu secara teratur yakni 2x sehari tatkala pagi serta sore hari.
Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak ayam umur 3 bulan keatas bisa diberi makanan yng dicampur hijauan, mineral ditambah campuran vitamin serta anitbiotik semisal vigofac, vitafak, TM10, MIX 1 ataupun bisa pula ditambah hijauan serta gif (tepung kulit kerang, bekicot, serta siput).

PENCEGAHAN PENYAKIT MENULAR


  • Dalam pemberian makanan serta minuman Perlu di lakukan secara teratur serta pastikan jangan hingga tidak lebih. Makanan yng diberikan Perlu fresh serta hindari pemberian pakan yng telah berjamur ataupun berbau lantaran bisa menurunkan kadar vitamin serta bisa pula memicu penyakit.
  • Pastikan sangkar ayam pula Perlu dalam keadaan bersih serta kering. Pastikan pemilihan tempat peternakan ataupun sangkar di daerah yng bebas penyakit. Lantaran sekali di kenai penyakit maka akan gampang menular.
  • Andaikan terdapat ayam yng sakit, maka Perlu segera dijauhkan supaya tak menular pada ayam lain-lainnya.
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pencegahanvirus penyakit berikanlah minuman yng dicampur yang dengannya antibiotik setiap satu minggu sekali.
  • Vaksinasi pula butuh di lakukan secara teratur.

Mudah-mudahan tatacara tatacara ternak ayam kampung diatas memberikan manfaat bagi Kamu khususnya yng ingin berupaya kesempatan bisnis dibidang peternakan ayam. Ayam kampung. Supaya hasil optimal, manajemen pemeliharaan yng baik pula Perlu di lakukan.

Sumber rujukan dan gambar : http://kandangayammodern.blogspot.com/2016/09/cara-ternak-ayam-kampung-lengkap-dari.html.

Seputar Cara Beternak Ayak Kampung Agar Menguntungkan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Beternak Ayak Kampung Agar Menguntungkan