CARA TERNAK AYAM POTONG

- 10.30

CARA TERNAK AYAM POTONG

 
CARA TERNAK AYAM POTONG Beternak ayam pedaging, biasa disebut pula yang dengannya ayam broiler ataupun pula ayam potong; apakah menguntungkan ?Tentu saja menguntungkan. Kalo tak menguntungkan ya mana ada yng mau menjalankan budidaya ayam pedaging. Nyatanya di desaku saja, dalam radius dua kilometer dari rumah tempat tinggalku terhitung ada 9 ( sembilan ) rumah sangkar ayam pedaging. Mulai dari yng jumlahnya 2000 hingga yng lebih dari 10.000 populasi.
Malah saat ini ada lagi dalam tahap pembangunan sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk muatan 2000 populasi ayam pedaging.
Perkembangan yng luar biasa pesatnya di desa saya.Akan tetapi memanglah semisal pernah ada yng bilang, rata2 peternak ayam pedaging sebelumnya memanglah telah berlatar belakang ekonomi kuat ataupun golongan orang bisa atau mampu. Itu cuma sepenggal penglihatan yng berlangsung di desa kami.
Kalau sebelumnya tak tergolong orang bisa atau mampu, ya mana mampu, sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk piara 2000 ekor ayam pedaging saja ada yng habis 50jt malah 60jt biaya pembangunan rumah sangkar ternak ayam pedaging siap pakai ?Dari tidak banyak tahu mengenai permodalan beternak ayam pedaging yng bagi saya terang modal yng “wah” serta di luar jangkauan. Akhirnya saya ingin tau lebih lanjut hingga seberapa keuntungannya serta BEP budidaya ayam pedaging / broiler yng butuh modal demikian besarnya.Hingga pada saatnya saya mendapatkan peluang ngobrol2 yang dengannya pemilik budidaya ayam pedaging yang dengannya populasi 6000 ekor. Sebelumnya Terimakasih bagi atau bisa juga dikatakan untuk beliau.Peluang bincang2 itu saya bisa disaat saya ingin tau serta ingin melihat bentuk serta tatacara kerja pemanas gasolet. Rencananya waktu itu saya ingin pembesaran DOQ bibit puyuh petelur yang dengannya pemanas gasolet.
Seusai selesai melihat lengkap alat gasolet, lantas saya serta bapak pemilik ternak ayam duduk2 ngobrol.Kalimat awal yang beliau ucapkan merupakan memberikan ke saya seluruh bangunan rumah sangkar ayam pedagingnya siap pakai, telah salah satunya sewa tanah serta seluruh peralatannya. Ditawarkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk diganti biaya totalnya 155 juta.Tentu saja saya cuma tersenyum. Itu jumlah uang yang luar biasa besar. Mana bisa atau mampu.Dari hasil ngobrol yang dengannya beliau, saya mendapatkan beberapa poin mengenai beternak ataupun budidaya ayam pedaging berdasar populasi 6000 ekor, demikian garis besarnya ( kalau ada yang salah, mohon dikoreksi ) :1. Modal utama peternak plasma kemitraan ayam pedaging cuma menyediakan sarana yng berupa tempat rumah sangkar budidaya
Bangunan siap pakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk 6000 populasi butuh dana total 155 juta telah salah satunya sarana, perlengkapan, dll yng dibutuhkan2. Bangunan yang telah di sebutkan berdasar petunjuk dari PT kemitraan yng bersangkutan3. Seusai sangkar siap, pemesanan hingga DOC bibit ayam pedaging datang kira2 butuh waktu satu minggu4. DOC bibit ayam pedaging itu tak membayar5. Pakan pula tak membayar6. Pakan serta DOC bibit ayam pedaging akan diperhitungkan kelak pada tatkala panen7. Harga beli pada tatkala panen telah ada tercantum dalam kontrak perjanjian antara plasma peternak yang dengannya PT kemitraan8. Dalam waktu satu tahun mencapai 8x panen.9. Rata2 per-panen memperoleh hasil 12 juta10. Hasil 12 juta dikurangi biaya karyawan ( 1 orang ), pembelian sekam, tabung gas, obat2an bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembersihan, dll sekitar maksimal 4 juta akan ketemu hasil bersih beternak ayam pedaging populasi 6000 ekor merupakan 8 juta per-panen.11. Berkaitan yang dengannya poin 8, berguna hasil bersih dalam setahun 8x panen merupakan 8 x 8jt = 64 jutaKemudian saya simpulkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kembali modal yng 155 juta tadi butuh waktu lebih dari 2 (dua) tahun.Demikian yng tidak banyak saya ketahui mengenai budidaya beternak ayam pedaging. Entah benar ataupun tidaknya, saya cuma memperoleh cerita dari bapak peternak ayam.
Akan tetapi yng terang, pendapat dari pendapat saya, beternak ayam potong merupakan bisnis yang dengannya obyek menjadi bahan makanan yng mendekati kebutuhan pokok. Hampir di seluruh wilayah yang dengannya tidak sedikit selera, daging ayam menjadi lauk yng telah mengakar di warga atau juga bisa dikatakan masyarakat.


Sumber rujukan dan gambar : http://ayampotong88.blogspot.com/2012/01/cara-ternak-ayam-potong.html.

Seputar CARA TERNAK AYAM POTONG

Advertisement
 

Cari Artikel Selain CARA TERNAK AYAM POTONG