Mau Kandang Yang Baik, Gini Caranya!

- 23.37

Mau Kandang Yang Baik, Gini Caranya!

 
Menjadi peternak maupun sekedar penghobi ayam laga. Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyediakan sebuah sangkar yng baik, menjadikan ayam aduannya terasa nyaman berada di dalam sangkar. Kandang bisa dibuat sendiri andai ada waktu serta pula mampu memesan ke tukang pembuat sangkar andai punya modal yng cukup. Andai memesan tentu saja harganya lebih tidak murah dari pada membuat sendiri.
Lihat pula: Ayoo!! Buat Kandang Semisal Ini
Andai memutuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat sangkar ayam aduan sendiri, maka butuh menyiapkan beberapa bahan serta perlengkapan. Bahan baku yng biasa dipakai yaitu bambu, kawat strimin, seng, engsel serta pula mampu mempergunakan barang bekas yng sekiranya mampu dipakai. Peralatannya semisal palu, paku, gergaji, golok, dll.
1. Ukuran Kandang
Biasanya sangkar ayam aduan dibuat tidak banyak luas serta lebih tinggi disbanding ayam kampung. Tujuannya supaya ayam aduan leluasa bergerak, mengepakkan sayap serta berkokok. Ukuran yng ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk umur 1 hari hingga 3 bulan yakni P x L x T = 120 cm x 100 cm x 70 cm. Ukuran yang telah di sebutkan bisa menampung anak ayam 10 ekor hingga umur 3 bulan. Sedangkan ayam lancuran lebih dari 3 bulan sangkar ayam aduan yng ideal bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu ekornya yaitu P x L x T = 100 cm x 100 cm x 80 cm.
Serta pula umumnya ukuran sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya ayam disesuaikan yang dengannya berapa jumlah ayam yng akan dibudidaya ataupun diternakkan. Selain itu pula disesuaikan yang dengannya budget yng tersedia. Menjadi semisal andai mempunyai lahan 25 meter persegi, maka sangkar mampu dibuat yang dengannya ukuran 10 meter persegi. Kandang yang telah di sebutkan muat dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak 70 hingga 100 ekor ayam.
2. Letak Kandang
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk peletakan sangkar ayam sebaiknya agak dijauhkan dari pemukiman warga salah satunya rumah kita sendiri. Jarak antara sangkar yang dengannya rumah sebaiknya minimal 10 meter. Hal yang telah di sebutkan bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindarkan orang terhindar ataupun terinfeksi andaikan ayam terjangkit penyakit rawan.
3. Arah Kandang
Selain itu pula perhatikan arah sangkar. Arah sangkar sebaiknya menghadap ke timur ataupun barat. Hal yang telah di sebutkan bertujuan supaya ayam di kenai sinar matahari secara langsung. Sinar matahari tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kebugaran atau kesehatan ayam. Lihat pula: Tips serta Manfaat Mandi Jemur Ayam Aduan
4. Konstruksi Kandang
Seusai tiga hal yang telah di sebutkan siap, seusai itu langsung mampu dibuat sangkar ayam. Pembuatan sangkar ayam tak Perlu mempergunakan bahan-bahan yng baru secara keseluruhan, akan tetapi pula mampu mempergunakan serta memanfaatkan bahan-bahan bekas.
Model sangkar nantinya mampu dibuat bertingkat, yang dengannya sangkar bagian atas bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak ayam umur sehari hingga 3 bulan. Sedangkan bawahnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam lancuran umur di atas 3 bulan. Kandang Perlu ditinggikan sekitar 50 cm di atas tanah. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari predator lain serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi pelapukan serta kaki-kaki sangkar Perlu dicor mempergunakan semen.
5. Atap Kandang
Atap sangkar adalah satu dari sekian banyaknya bagian terpenting dari sangkar ayam, lantaran atap ayam dipakai menjadi pelindung dari panas serta hujan. Atap ayam mampu dibuat dari bahan-bahan semisal ijuk, terpal, seng, asbes, serta rumbai. Seluruh bahan yang telah di sebutkan bisa dipakai serta terbukti kuat menahan air serta terik matahari.
6. Dinding Kandang
Selain atap, dinding pula adalah komponen terpenting dalam sangkar ayam . Dinding sangkar mampu dibuat dari bahan anyaman bambu, bilah bambu, kawat, ataupun strimin. Bahan-bahan yang telah di sebutkan pula mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekat pemisah antara sangkar satu yang dengannya sangkar yng lain.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah polusi semisal bau serta penyebaran penyakit, sebaiknya sangkar ditaruh di tempat yng mempunyai jarak minimal 250 meter dari pemukiman penduduk. Kandang ayam sebaiknya mempunyai posisi yng lebih tinggi dibanding tanah datar supaya tatkala musim hujan sangkar tak tergenang air.
Berikut merupakan ilustrasi model sangkar ayam bangkok yng mampu Kamu tiru :

Demikian postingan ihwal sangkar ayam, mudah-mudahan memberikan manfaat. Salam penghobi ayam laga anti judi.
Rujukan: - Gambar-Kandang.Blogspot.Com
- jokowarino.id
-

Sumber rujukan dan gambar : http://www.hobiayam.web.id/2016/06/pembuatan-kandang-ayam-aduan-sederhana.html.

Seputar Mau Kandang Yang Baik, Gini Caranya!

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mau Kandang Yang Baik, Gini Caranya!