Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman

- 01.09

Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman

 
Pada peluang ini saya akan membahas Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman didasari pengamatan prilaku dari dua indukan ayam yng saya pelihara. Andai kita memelihara ayam indukan untuk tujuan memproduksi anakan ayam secara alami, maka fasilitas Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman Perlu benar-benar diperhitungkan dari sisi, situasi lingkungannya, modelnya, sarangnya, bahannya, perawatannya serta kemanannya.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN
Penempatan Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman tak boleh asal, boleh asal andai terpaksa akan tetapi keamanannya Perlu terjamin. Pengalaman saya berupaya meletakan Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman di depan garasi rumah dimana tidak sedikit lalulintas kendaraan serta orang lantas ayam-ayam lain. Walhasil, dari 9 telur yng dierami pecah 3 butir dikarenakan disaat indukan/babon ayam pergi sementara untuk makan ataupun minum ayam lain tertarik yang dengannya sarangnya yng dikira barangkali ada makanannya kebudian diceker-ceker memicu telur-telur yang telah di sebutkan berantakan serta pecah. Sisa 6 telur yng dierami cuma menetas 4 butir saja, hal itu penyebabnya yaitu oleh keyamanan yng terganggu lantaran seringnya orang melintas. Intinya seharusnya Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman letaknya ditempat yng nyaman serta aman dari gangguan apapun.

Model Kandang Ayam Indukan

Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman ramai sekali modelnya, kalau dikampung ayam indukan mampu bersarang dimana saja, lantaran andai Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman yng disediakan oleh kita tidak lebih nyaman maka dia akan mencari tempat yng nyaman meskipun dikebun sekalipun (semisal ayam liar). Akan tetapi, andai Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman yng kita siapkan disukainya maka pada tatkala musim bertelur selanjutnya dia (ayam idukan) akan kembali meskipun sarangnya tak kita ubah. Saya membuat Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman yng Amat efektif serta minimalis, ini terbukti telah 3 kali ayam yang telah di sebutkan kembali mengunakan Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman yng saya buat serta daya tetas cukup masimal mendekati 100 %.

Sarang Ayam Indukan Mengeram

Untuk memaksimalkan daya tetas iduk yng mengeram secara alami, sarang yng kita siapkan Perlu benar-benar nyaman serta aman. Nyaman dalam artian bahan sarang yng saya siapkan merupakan dari rumput ilalang yng saya ambil serta keringkan lantas agak diremah agar bisa lembut serta nyaman. Selain nyaman pula Perlu aman, ini dalam artian model sarang kita bentuk bulat serta tebal yang dengannya cekungan yng pas menjadikan telur yng dierami benar-benar berada di sedang sarang.

Bahan Kandang Ayam Indukan

Untuk bahan sangkar ayam indukan saya mempergunakan papan bekas dari kayu mahoni serta papan kayu kelapa. Lantas atapnya saya genakan genting, lantaran Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman saya buat dua tingkat maka untuk penahan masing-masing tingkatnya saya genakan kayu kasau ukuran 5 cm x 5 cm.

Perawatan Kandang Indukan

Untuk perawatan model Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman yng saya buat cukup gampang, tatkala ayam indukan dalam proses pengeraman secara bersiklus kita mampu menyemprotkan racun serangga pada bagian bawah saja supaya semut serta serangga lainya tak naik kesarang serta mengganggu. Pasca telur menetas serta andai sarang telah rusak maka langsung kita bersihkan serta semprot yang dengannya rancun serangga. Akan tetapi andai sarang masih tidak jelek alias bagus, cukup kita bersihkan sisa cangkang telur penetasan serta sarangnya yng kita semprot yang dengannya racun serangga lantaran sarang yang telah di sebutkan masih akan kita genakan untuk proses pengeraman selanjutnya.

Keamanan Kadang Indukan

Tatkala proses bertelur serta mengerami situasi sangkar Perlu benar-benar nyaman serta aman. Model sangkar yng saya buat telah saya fasilitasi yang dengannya system kemanan serta kenyamanan yng simpel saja. Apakah aman dari maling? jawabanya merupakan pada keputusan tatkala kita mengamati situsai lingkungan dimana kita akan meletakan kadang ayamnya. Keamanan disini yng saya maksud merupakan dari gangguan sesama ayam indukan yng sama-sama ingin bertelur disarang yng percis. Setiap tingkat saya telah siapkan pintu penyekat terbuat dari bambu serta memasangnya tinggal diikatkan saja. Hal ini saya lakukan andai berlangsung kasus, tingkat kedua seekor idukan dalam proses bertelur serta belum selesai, akan tetapi ada ayam lain yng pula ingin bertelur pada sarang di tinggakat dua. Penyelesainya merupakan sebaiknya ayam pengganggu yng ingin mulai bertelur diletakan di sarang tingkat satu lantas pintu penyekatnya ditutup hingga idukan itu bertelur, andai dia telah bertelur minimal 1 maka esok hari idukan yang telah di sebutkan akan kembali kesarang itu. BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM
Kenyamanan tatkala ayam mengeram pula Perlu terjamin, saya telah sediakan penutup sangkar yang dengannya mempergunakan karung plastik bekas agar bisa andai terpaksa kita melewati kandangnya dia tak terasa terganggu, ini merupakan langkah simpel akan tetapi Amat berguna. Itulah tidak banyak membagikan berita seputar Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman, barangkali kawan-kawan lain memiliki info yng berbeda. Silahkan membagikan pada kolom komentar, salam peternakan !!!

Sumber rujukan dan gambar : http://kandangayammodern.blogspot.com/2016/09/kandang-ayam-indukan-untuk-proses.html.

Seputar Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kandang Ayam Indukan untuk Proses Pengeraman