MANFAAT BATU KAPUR UNTUK AYAM ADUAN

- 06.17

MANFAAT BATU KAPUR UNTUK AYAM ADUAN

 
Pada biasanya tips bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperkuat tulang ayam aduan merupakan yang dengannya pemberian calk-kalsium. Calk yng memiliki kandungan kalsium tinggi ini sudah tidak sedikit dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperkuat tulang ayam aduan. Sementara sumber kalsium yng umum dipakai pada peternakan ayam petelur serta ternak itik petelur merupakan kerang giling, tepung tulang, serta MBM.
Kalsium merupakan zat utama pembentuk tulang. Sebanyk 99% kalsium di dalam tubuh berada di dalam tulang. Lantaran itu, bagian tubuh yng paling butuh kalsium merupakan tulang.
Batu kapur memiliki kandungan 40% kalsium, hampir percis yang dengannya kandungan kalsium kerang giling yng pula sekitar 40% kalsium, menjadikan menjadi sumber kalsium pengganti serta gampang dan murah didapat. Pada postingan ini diuraikan berita ihwal kalsium dari calk, yng dibandingkan yang dengannya batu kapur ataupun batu gamping (limestone).
Lihat pula tulisan atau artikel ihwal:
Menjadi Dokter Ayam Aduan Part 1
Menjadi Dokter Ayam Aduan Part 2
Menjadi Dokter Ayam Aduan Part KALSIUM DI TOKO OBAT/APOTIK
  • Calk berbentuk tablet bisa diperoleh yang dengannya gampang di toko obat ataupun apotik. Calk yang telah di sebutkan sebetulnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk konsumsi anak-anak pada masa pertumbuhan serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk wanita hamil, menjadikan tentunya bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk hewan ataupun ayam laga.
  • Harga calk (bergantung merek) Rp 2.000 per 10 butir @500mg. Harga bagi atau bisa juga dikatakan untuk kemasan botol merupakan Rp 16.000 per 100 tablet. Berguna sekitar Rp 160 s/d Rp 200 per butir. Andai diberikan beberapa kali dalam seminggu kepada tidak sedikit ayam bangkok maka akan memicu kanker (kantong kering).
KALSIUM BATU KAPUR UNTUK PETERNAKAN AYAM PETELUR
Batu kapur yng dihancurkan ataupun digiling sudah diterapkan oleh peternakan ayam petelur (ayam kedu) di beberapa daerah.
Beberapa mahasiswa peternakan-IPB sudah meneliti penerapan batu kapur di tempat-tempat peternakan ayam petelur, yng hasil nya menunjukan bahwasanya pemberian batu kapur percis bagusnya yang dengannya kerang giling, yakni membuat tulang induk petelur tetap kuat meskipun tidak sedikit kalsium yng dikeluarkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembentukan cangkang telur.
Peternakan ayam petelur yng telah tahu, mengganti penggunaan kerang giling yng bernilai cukup tidak murah, diganti yang dengannya batu kapur yng gampang di bisa di setiap daerah.
Batu kapur/batu gamping ini gampang di bisa. Saat ini ini tidak sedikit pembangunan jalan di perumahan yng mempergunakan batu kapur, menjadikan mampu diminta satu batu saja yng cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk persedian selama beberapa bulan bagi peternak ayam bangkok rumahan.
Lihat pula tulisan atau artikel ihwal: Tatacara Mengatasi Gurem/kutu Pada Ayam Aduan Manfaatnya Keong Mas Bagi Ayam Aduan
Penggunaan:
  • Tatacara penggunaanya merupakan yang dengannya menghancurkan batu kapur yang dengannya kampak, dihancurkan sampai-sampai halus, yng halus bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak ayam, yng agak besar berbentuk butiran mampu bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam yng agak besar, sekalian tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk pencernaan ayam.
  • Berikan 5% batu kapur hancuran ke dalam pakan, yakni sekitar 3 sendok makan bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap 1 kg pakan kering (misalnya 3 sendok bagi atau bisa juga dikatakan untuk 1kg pur). Jangan memberikan batu kapur kebanykan, lantaran bisa memicu berek encer ataupun putih pada ayam aduan.
  • Praktek pemberian batu kapur pada anakan hasil nya memuaskan, dimana tulang dada anakan yng agak bengkok ke dalam bisa tidak banyak membaik sesudah pemberian batu kapur ini.
  • Akan tetapi sebetulnya pemberian kalsium kepada ayam aduan merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengisi serta memadatkan tulang menjadikan tulang menjadi padat serta kuat.
  • Batu kapur ini bisa menjadi pengganti bagi peternakan ayam petelur serta ternak itik petelur. Penggunaan kalsium pada ayam petelur ataupun itik petelur merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembentukan cangkang telur serta sekalian mempertahankan jumlah kalsium pada tulang indukan supaya tak terkuras bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembentukan cangkang telur.
  • Ternak itik petelur yng selama ini mempergunakan kerang dari keong, yng dihancurkan sendiri, sebetulnya cukup rawan andai kerang tak digiling halus, lantaran kerang yang telah di sebutkan tipis serta tajam menjadikan mampu berakibat pendarahan pada anus, sedangkan batu kapur tak tajam serta bahkan bisa memperbaiki pencernaan ayam serta itik/bebek andai dalam bentuk butiran.
Demikian postingan memperkuat tulang ayam aduan yang dengannya batu kapur, pula bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam petelur serta itik petelur. Mudah-mudahan berguna bagi penghobi ayam laga, peternakan ayam petelur serta itik petelur.
Mudah-mudahan berguna.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.hobiayam.web.id/2015/10/manfaat-batu-kapur-untuk-ayam-aduan.html.

Seputar MANFAAT BATU KAPUR UNTUK AYAM ADUAN

Advertisement
 

Cari Artikel Selain MANFAAT BATU KAPUR UNTUK AYAM ADUAN