Cara memilih dan menggunakan vaksin tetelo pada ayam bangkok

- 05.33

Cara memilih dan menggunakan vaksin tetelo pada ayam bangkok

 
vaksin tetelo pada ayam
Postingan ihwal obat ayam bangkok ini ihwal tatacara vaksinasi unggas bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyakit tetelo newcastle disease.
Disini dijelaskan tatacara menggunakan vaksin tetelo newcastle disease yng tepat, ditambah tidak banyak cara tatacara vaksinasi unggas baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam bangkok, ayam kampung, jenis unggas lain-lainnya skala kecil keluarga. Penyakit tetelo ataupun newcastle disease (ND) merupakan jenis penyakit yng paling ditakuti peternak ayam bangkok dan unggas lain-lainnya sesudah flu burung, lantaran penyakit tetelo ini tampaknya semakin lama semakin ganas yng belakangan ini bisa memicu kematian ayam dalam beberapa jam sesudah menampakkan gejala lemas dan pendiam. Tidak sedikit ayam yng tak tahan, mati duluan sebelum syaraf kepalanya mutar-mutar (terpuntir).
Di Bogor, penyakit tetelo newcastle disease paling tidak sedikit berlangsung pada musim penghujan bulan November sampai-sampai Januari, mampu menghabiskan seluruh ternak, ataupun cuma menyisakan beberapa ekor saja.

TIPS MEMILIH - MENGGUNAKAN VAKSIN TETELO


Lantaran belum ada oba tetelo yng jitu, maka tatacara yng paling efektif mengatasi penyakit tetelo merupakan yang dengannya vaksinasi. Berikut merupakan tipsnya:
  • Sebaiknya tak menggunakan vaksin tetelo berbentuk cairan. Pengalaman menggunakan vaksin tetelo dalam bentuk cair (dalam bentuk larutan) selama dua tahun, percis sekali tak ada pengaruhnya. Selama 2-3 tahun pertama beternak ayam bangkok, tak ada satupun ayam bangkok yng siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk tarung, selalu mati sebelum umur 8 bulan, cuma sisa satu dua ekor indukan yng tua dari 10-20 ekor ayam bangkok.
  • Pilih vaksin tetelo berbentuk bubuk (kemasan dalam botol kecil sebesar jari kelingking) yang dengannya ukuran bagi atau bisa juga dikatakan untuk 50 ekor hingga 100 ekor ayam. Hasil nya 3 tahun yang terakhir menggunakan vaksin tetelo bubuk ini cukup tidak jelek alias bagus. Tatkala musim penghujan cuma terserang tetelo beberapa ekor saja khususnya yng diliarin.
  • Vaksin tetelo bubuk dibeli di toko yng punya kulkas/lemari es, lantaran vaksin tetelo Perlu tersimpan di lemari es supaya tetap masih berfungsi. Perhatikan bubuk vaksin yng ada di dalam botol kecil yang telah di sebutkan, yng tidak jelek alias bagus berwarna putih bersih (tak kecoklatan) dan bentuknya memadat rapih di dasar botol
  • Tatkala di bawa pulang (sesudah beli), vaksin dimasukkan ke dalam bungkusan bersama batus es bagi atau bisa juga dikatakan untuk tetap mempertahankan suhu dingin. Pedagang toko umumnya menyediakan batu es yang telah di sebutkan. Butuh diperhatikan, andai vaksin tetelo tak tersimpan dalam suhu dingin dalam beberapa jam saja maka vaksin tak efektif ataupun tak akan bekerja yang dengannya baik.
  • Vaksin yng telah dibeli segera juga disimpan di kulkas.
  • Andai tak mempunyai kulkas maka vaksin Perlu segera dipakai (tentunya dilarutkan dulu yang dengannya air aquades), genakan habis dalam 2 jam, dan sisa vaksin dibuang.
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui tatacara menggunakan vaksin tetelo (tatacara vaksinasi unggas ), jangan tidak ingat baca kertas lembaran petunjuknya berlebi dahulu, ataupun mampu tanya percis toko pedagang vaksin yang telah di sebutkan. Misalnya vaksin Perlu dilarutkan dulu yakni bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran satu botol bubuk vaksin 100 ekor dilarutkan yang dengannya air aquades 50 ml, ukuran yng lebih kecil misalnya 50 ekor dilarutkan yang dengannya 25 ml air aquades. Demikian pula penerapannya, disuntikkan 0,5ml larutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap ayam ataupun unggas, dan khusus anak ayam yng masih kecil dibawah umur 1 bulan (kasihan andai disuntik) mampu diteteskan di mata ataupun disemprotkan ataupun diminumkan.
  • Pemberian vaksin mampu menerapkan 444, pengertiannya tatkala usia 4 hari, 4 minggu, 4 bulan, dan selanjutnya setiap 4 bulan. Pada prakteknya mampu diberikan setiap 2-3 bulan pada ayam bangkok, ataupun disaat tatkala musim tetelo mulai mewabah.

TIPS PENGHEMATAN VAKSIN NEWCASTLE DISEASE
  • Peternak rumahan yng cuma mempunyai tidak banyak jumlah ayam bangkok, bebek, ayam kampung, unggas lain-lainnya bisa menghemat penggunaan vaksin
  • Cara menghemat merupakan cuma melarutkan vaksin sesuai yang dengannya jumlah unggas yng akan disuntikkan. Andai kita mempunyai satu botol vaksin berukuran 100 ekor ayam, maka mampu mengambil cuma seperempat vaksin saja (bagi atau bisa juga dikatakan untuk 25 ekor, dilaruhkan yang dengannya 12-13 ml air aquades). Yng susah merupakan tatacara mengambil sebagian vaksin di dalam botol yng kecil yang telah di sebutkan, Perlu diakalin misalnya dicolek yang dengannya menggunakan ujung suntikan ataupun benda kecil lain-lainnya semisal lidi yng kering
  • Sisa bubuk vaksin di dalam botol mampu disimpan lagi di kulkas bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai kelak andai diharapkan lagi. Simpen di kulkas (bukan di freezer beku) yang dengannya botol yng tertutup rapat, bungkus lagi yang dengannya plastik, supaya vaksin aman dan tak menyebar ke seluruh bagian dalam kulkas.
  • Andai ada ayam yng baru dibeli, yng didatangkan dari luar butuh hati-hati lantaran mampu berpotensi membawa penyakit tetelo jenis lain (jenis tetelo ada beberapa jenis) meskipun kelihatannya sehat. Ayam yng baru datang divaksin berlebi dahulu, dijauhkan selang beberapa hari sebelum digabungkan satu sangkar yang dengannya ayam lain-lainnya.
  • Jangan segan-segan menggunakan dan membeli vaksin tetelo lantaran harganya murah, harga vaksin bubuk sekitar Rp 12.000 bagi atau bisa juga dikatakan untuk 100 ekor ayam, dan Rp 19.000 bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran 500 ekor. Ditambah air aquades 100 ml Rp 7.000, suntikan Rp 5.000. Andai punya kulkas, vaksin mampu dipakai tidak banyak saja sesuai jumlah ayam, sisanya disimpan, menjadikan mampu dipake lama.

Demikian cara tatacara vaksinasi unggas bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis penyakit tetelo newcastle disease , mudah-mudahan berguna. Info lengkap lain-lainnya klik vaksin.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ayambangkok.top/2013/05/cara-memilih-dan-menggunakan-vaksin-tetelo-pada-ayam-bangkok.html.

Seputar Cara memilih dan menggunakan vaksin tetelo pada ayam bangkok

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara memilih dan menggunakan vaksin tetelo pada ayam bangkok