Pakan Ayam Kampung Selain Pelet

- 17.47

Pakan Ayam Kampung Selain Pelet

 
Pakan ayam kampung pengganti bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya ayam non ras secara tradisional ada baiknya dipertimbangkan dari segi biaya, biaya pakan merupakan biaya produksi terbesar dalam budidaya ternak, bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu diharapkan seluruh peternak bisa atau mampu mencari pakan pengganti bagi atau bisa juga dikatakan untuk produksi ternak orang-orang; baik ayam ras, sapi potong, sapi perah serta lain-lainnya yng dipelihara secara tradisional.
Pada peluang ini kita akan menuliskan sebuah pakan pengganti yng bisa atau mampu menaikan produksi telur pada peternakan budidaya ayam kampung, Ransum ini kita tuliskan didasari pengalaman serta belum ada uji ilmiah yng di lakukan oleh kalangan akademisi peternakan, akan tetapi dari hasil pengamatan saya memberikan kesimpulan bahwasanya pakan yng dipakai oleh peternak bisa atau mampu menekan biaya budidaya sekalian menaikan hasil produksi khususnya telur ayam kampung.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM MODERN

Tatacara membuat Pakan ayam kampung pengganti

Pakan pengganti yng dipakai oleh peternak yng saya amati ini terdiri dari bahan berikut:
1. Talas (umbi serta daun) pendapat dari peternak yng membudidayakan ayam kampung yang telah di sebutkan, bisa dipakai umbinya saja, ataupun tangkai serta daunya saja ataupun dikombinasikan keduanya. Yng Suka beliau genakan merupakan tangkai serta daun talas.
2. Beras dolog (catu), supaya biaya lebih murah bila di daerah kamu tak terdapat beras dolog ini beli saja beras yng paling murah ataupun beras aking pula boleh.
3. Dedak, disini bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya ayam kampung ini tak masalah dedak kualitas tengah yng dipakai. Dedak kualitas tengah merupakan dedak yng tak terlalu halus.
4. Tepung tulang ataupun tepung cangkang kerang (keong) ini tak wajib, diberi andai ada saja.
Hasil yng didapatkan yang dengannya mempergunakan pakan ayam kampung pengganti ini diluar dugaan Amat tidak jelek alias bagus, pertumbuhan Amat baik serta jumlah telur yng diperoleh pula selayak peternak yng memberikan pakan produksi pabrik. Oleh lantaran itu saya berani mengujarkan bahwasanya ini merupakan satu dari sekian banyaknya tekhnis paling baik dalam menekan biaya produksi. Didasari perhitugan kasar, penggunaan talas menjadi bahan dasar ransum bisa menekan biaya sampai-sampai 50 % dari penggunaan pelet.
BACA SELENGKAPNYA DI KANDANG AYAM
Kekurangan mempergunakan pakan pengganti semisal ini merupakan susah mengadaptasikan ayam dalam mengkonsumsi talas. Awal-awal mengguankan pakan ini umumnya ayam kampung belum mau memakannya, akan tetapi cuma berlangsung beberapa hari saja. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penyesuaian, paksa ayam kampung yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memakan pakan ini yang dengannya tak memberikan pakan selain pakan yng kita buat ini. Tak butuh takut ayam akan mati kelaparan, disaat orang-orang lapar maka talas beserta daunnya akan dimakan secara lahap.

Sumber rujukan dan gambar : http://kandangayammodern.blogspot.com/2016/09/pakan-ayam-kampung-alternatif-pengganti.html.

Seputar Pakan Ayam Kampung Selain Pelet

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pakan Ayam Kampung Selain Pelet